Share It
Berita Unik & Terkini

Manfaat dari Air Cucian Beras, Jangan Dibuang Dulu!
September 24, 2023

Manfaat dari Air Cucian Beras, Jangan Dibuang Dulu!

Beras harus dicuci terlebih dahulu menggunakan air bersih sebelum dimasak dan dikonsumsi. Setelah digunakan, air cucian beras biasanya langsung dibuang karena kebanyakan orang menganggap tidak ada manfaatnya. Namun, ternyata air cucian beras memiliki sejumlah manfaat untuk berbagai keperluan.

Lantas, apa saja manfaat air cucian beras?

5 Manfaat air cucian beras

Dihimpun oleh Kompas.com, berikut manfaat air cucian beras:

1. Mengatasi kulit iritasi

Dikutip dari Kompas.com (31/12/21), air cucian beras bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang iritasi. Selain itu, bagi penderita eksim atopik, penggunaan air cucian beras juga bisa membantu mempercepat penyembuhan skin barrier yang rusak. Tak hanya itu, air cucian beras juga dapat melembabkan kulit yang membantu terhindar dari iritasi berlebihan.


Sumber foto: pexels.com

2. Menangkal radikal bebas

Air cucian beras kaya akan antioksidan dalam bentuk inositol. Seperti diketahui, antioksidan dapat membantu menangkal efek buruk dari radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit. Selain itu, kandungan antioksidan dalam air tersebut sama efektifnya dengan antioksidan dalam asam askorbat di vitamin C.

3. Mencegah tanda penuaan

Selain kaya antioksidan untuk menangkal radikal bebas, air bekas mencuci beras juga bisa membantu mencegah tanda penuaan berupa kerutan, bintik hitam, dan garis-garis halus. Hal itu karena kandungannya bisa mengurangi aktivitas enzim etalase yang berperan dalam proses penuaan kulit. Selain itu, air cucian beras juga bisa menyamarkan kerutan sebanyak 12,4 persen serta meningkatkan elastisitas kulit sebanyak 17 persen.


Sumber foto: pexels.com

4. Berguna untuk membersihkan rumah

Dilansir dari Kompas.com (2/11/22), air bekas mencuci beras bisa digunakan untuk membersihkan rumah seperti meja, pintu kamar mandi, alat makan keramik, panci, dan peralatan tembaga. Hal itu dikarenakan sedimen tepung yang ada di dalam air cucian beras bersifat abrasif. Sifat abrasif tersebut efektif untuk menggosok kotoran atau partikel lain yang menempel. Namun, air tersebut tidak bisa berguna untuk membersihkan lemak, apalagi yang sudah terkumpul berbulan-bulan.

5. Baik untuk tanaman

Dikutip dari Kompas.com (11/7/2023), air yang baru saja digunakan untuk mencuci beras bisa digunakan sebagai pupuk untuk tanaman. Sebab, air cucian beras memiliki keseimbangan nutrisi tingkat rendah yang baik, seperti potasium dan nitrogen. Selain itu, beras yang dicuci meninggalkan pati yang dapat diserap dan disimpan oleh tanaman untuk menambah energi serta mendorong perumbuhan bakteri lactobacilli dan mikoriza. Kedua bakteri tersebut membantu sistem akar tanaman mencapai mineral dan nutrisi yang mungkin lebih sulit didapatkan.