Share It
Berita Unik & Terkini

Cara Mudah Naikkan Berat Badan dengan Cepat Namun Sehat
January 24, 2023

Cara Mudah Naikkan Berat Badan dengan Cepat Namun Sehat

Bagi sebagian orang menaikkan berat badan sama sulitnya dengan menurunkan berat badan. Direktur Konten & Pendidikan Medis Mike Bohl mengatakan bahwa tubuh termasuk kurus ketika Indeks Massa Tubuh (IMT) berada kurang dari 18. Untuk menaikkan berat badan, konsep sederhana seperti makan banyak kerap menjadi andalan. Padahal, makan banyak hanya akan menambah jumlah lemak dalam tubuh yang pada akhirnya membahayakan kondisi kesehatan tubuh.

"Bagi kebanyakan orang, cukup mudah untuk menambah berat badan dengan makan banyak makanan tambahan yang tinggi kalori. Namun, jika Anda melakukan ini, sebagian besar akan meningkatkan massa lemak yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan," kata Mike, dikutip dari Eat This Not That. Lalu, bagaimana cara menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat?

Cara sehat menaikkan berat badan

Kesulitan menaikkan berat badan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mike mengatakan, hal tersebut bisa dikarenakan penyakit yang diidap, seperti hipertiroidisme dan beberapa penyakit pencernaan lainnya. Sebelum memutuskan untuk menaikkan berat badan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pakar medis untuk mengetahui penyebab berat badan tak kunjung naik.


Sumber foto: pexels.com


Setelah itu, Anda bisa mencoba cara berikut ini untuk menaikkan berat badan:

1. Konsumsi makanan padat gizi

Cara menaikkan berat badan secara cepat dan sehat adalah dengan membangun massa otot. Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, mulai dari karbohidrat dan protein berkualitas tinggi. Pilih makanan yang mengandung lemak sehat atau lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat, minyak sayur, hingga kacang-kacangan, dan ikan. Di samping mengonsumsi makanan padat gizi, pastikan Anda memasukkan kalori lebih banyak daripada yang terbakar tubuh.

2. Konsumsi minuman berprotein

Minuman berprotein bisa ditambahkan dalam program menaikkan berat badan Anda. Dikutip dari Cleveland Clinic, konsumsi minuman berprotein seperti shake atau smoothie pada orang dewasa bisa digunakan menaikkan kalori.

3. Makan teratur sepanjang hari

Masih dilansir dari laman yang sama, ahli diet Devon Peart merekomendasi makan teratur sepanjang hari untuk menaikkan berat badan. Makan teratur bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan ringan sepanjang hari, misalnya tiap dua atau tiga jam. Anda juga bisa menambahkan camilan sehat yang dikonsumsi tiap jeda jam makan.


Sumber foto: pexels.com

4. Imbangi dengan latihan ketahanan

Menaikkan berat badan perlu diimbangi dengan olahraga, terutama latihan ketahanan. Hal ini dimaksudkan untuk membangun massa otot tanpa lemak dalam tubuh. Anda bisa melatih ketahanan tubuh dengan pergi ke gym beberapa kali dalam seminggu. Cobalah untuk mengangkat beban atau melakukan latihan yang bertumpu pada beban tubuh. Kendati demikian, Anda perlu menghitung berapa banyak kalori yang terbakar saat berolahraga agar program menaikkan berat badan tetap tercapai.

Berapa kalori yang perlu ditambahkan?

Bagi orang dewasa yang ingin menaikkan berat badan bisa menghitung jumlah kalori yang harus dikonsumsi per hari. Dilansir dari Forbes, untuk menaikkan berat badan, orang dewasa perlu menambahkan 300 hingga 500 kalori per hari. Meningkatkan kalori secara perlahan memungkinkan tubuh untuk menyesuaikan diri dan menyediakan energi yang dibutuhkan untuk penambahan berat badan yang aman. Dengan menambahkan asupan kalori tersebut, Anda bisa menaikkan berat badan sebanyak 1 pon dalam seminggu.