Share It
Berita Unik & Terkini

Mengenal Jenis dan Manfaat Skincare, Sesuaikan Kebutuhan dan Penggunaannya
January 24, 2023

Mengenal Jenis dan Manfaat Skincare, Sesuaikan Kebutuhan dan Penggunaannya

Skin care adalah produk perawatan kulit yang memiliki tujuan mulai dari menenangkan, memulihkan, memperbaiki, hingga melindungi kulit. Dokter kulit di King of Prussia, Pennsylvania, Erum Ilyas mengatakan, seseorang yang rutin menggunakan skincare akan membuat kulitnya tetap sehat dan terawat dengan baik. Kondisi tersebut juga dapat berdampak pada kesehatan fisik maupun mental.

Dikutip dari Everyday Health, terdapat sejumlah manfaat menggunakan skincare, berikut di antaranya:

1. Memperlambat penuaan

Menggunakan skincare secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Hal ini juga dapat menanggulangi radikal bebas yang menyebabkan tanda-tanda penuaan.

2. Memperbaiki masalah kulit

Selain itu, skincare juga berguna untuk memperbaiki masalah kulit. Misalnya eksim, rosasea, jerawat, flek hitam, peradangan, infeksi, penuaan dini, dan lain-lain.


Sumber foto: pexels.com

3. Membuat kulit lebih sehat

Skincare yang tepat juga akan membuat kulit lebih sehat. Penggunaannya yang rutin juga membuat lapisan kulit menjadi lebih kuat. Hal ini juga dapat memperkecil potensi terjadinya penyakit kulit ekstrem.

4. Menjaga kesehatan mental

Psikoterapis klinis dan psikodermatolog di Santa Barbara, California, Matt Traube mengungkapkan, dengan rutin memakai skincare hal itu bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, baik fisik maupun pikiran.

5. Meningkatkan mood

Pengalaman facial atau perawatan di rumah bisa jadi menenangkan, terlebih hasilnya akan membuat wajah lebih bersih. Dengan memakai skincare seperti masker di rumah merupakan cara sederhana untuk mengembalikan mood Anda, akan lebih baik jika dilakukan bersama teman atau pasangan.


Sumber foto: pexels.com

Dilansir dari Kompas.com, (11/1/2023), berikut macam-macam skincaredan penggunaannya.

1. Cleanser atau pembersih

Pembersih atau cleanser berfungsi membantu membersihkan wajah kita dari sebum, kotoran, debu, bakteri, riasan, dan hal-hal lain yang memengaruhi kesehatan kulit Anda. Pemakaiannya, pembersih harus digunakan setidaknya dua kali sehari.

2. Toner

Toner adalah langkah kedua dalam setiap rutinitas perawatan kulit. Seperti namanya, toner berfungsi membantu mengencangkan kulit kita. Anda bisa memakai toner setiap hari atau 3 hari sekali tergantung pada bahan yang terkandung pada toner.

3. Serum

Serum sangat bermanfaat bagi orang dengan kulit kering karena bisa membuat kulit lembut, kenyal, dan lembab. Penggunaan serum biasanya dilakukan pagi atau malam hari sebelum tidur. Anda bisa membaca aturan pakai pada kemasan yang tertera.

4. Krim mata

Krim mata berfungsi sebagai pelembab dan membantu menghidrasi bagian bawah mata. Anda bisa memakai krim mata pada malam hari saat akan tidur.

5. Obat jerawat atau bekas jerawat

Obat jerawat atau perawatan penghilang bekas jerawat dapat diterapkan pada rutinitas skincare Anda. Anda dapat menerapkan ini dua kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter kulit Anda. 6. Moisturizer atau pelembab Moisturizer membantu melembabkan dan menghidrasi kulit kita. Anda bisa menggunakan produk pelembab setiap hari atau ketika kulit Anda terasa kering.

7. Sunscreen atau tabir surya

Tabir surya membantu melindungi kita dari sinar matahari. Ini wajib diaplikasikan di rutinitas pagi hari.