Share It
Berita Unik & Terkini

Cara Mudah Mengeluarkan Air yang Terperangkap dalam Telinga
January 24, 2023

Cara Mudah Mengeluarkan Air yang Terperangkap dalam Telinga

Telinga yang kemasukan air bisa menimbulkan kondisi tidak nyaman, seperti pendengaran yang berdengung. Selain itu, apabila air yang terperangkap di dalam telinga tidak segera dikeluarkan dapat menyebabkan infeksi telinga luar. Berikut ini sejumlah cara untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga.

13 cara ampuh mengeluarkan air dari dalam telinga

1. Goyangkan daun telinga

Dilansir dari Kompas.com, (7/6/2021), untuk mengatasi telinga kemasukan air, cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggoyangkan daun telinga dengan lembut. Lakukan hal itu sambil memiringkan kepala ke sisi telinga yang kemasukan air, mendekati bahu. Anda juga dapat mencoba menggoyangkan kepala dari satu sisi ke sisi lainnya dengan tetap menggoyangkan daun telinga yang kemasukan air.

2. Berbaring menyamping

Dengan berbaring menyamping, gravitasi akan membantu air mengalir keluar dari telinga Anda. Setelah beberapa menit berbaring, air mungkin akan secara perlahan mengalir keluar dari telinga Anda.

3. Teknik ruang hampa

Metode ini akan menciptakan ruang hampa yang dapat menarik air keluar. Caranya, miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang kemasukan air dan tangkupkan telapak tangan Anda ke permukaan telinga tersebut. Selanjutnya, dorong perlahan tangan Anda ke depan dan ke belakang ke arah telinga dengan gerakan cepat. Saat Anda mendorong telapak tangan ke arah telinga, ratakan telapak tangan dan tangkupkan saat menariknya menjauh dari telinga. Kemudian, coba miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang tersumbat untuk membiarkan air mengalir keluar.


Sumber foto: pexels.com

4. Gunakan pengering rambut

Panas dari pengering rambut atau hair dryer dapat membantu menguapkan air di dalam saluran telinga Anda. Nyalakan pengering rambut Anda ke pengaturan terendah. Pegang pengering rambut dengan jarak sekitar satu kaki dari telinga Anda dan gerakkan dengan gerakan maju mundur. Sambil menarik daun telinga Anda, biarkan udara hangat berhembus ke dalam telinga Anda.

5. Gunakan obat tetes telinga berbahan alkohol dan cuka

Alkohol dapat membantu menguapkan air di telinga Anda. Bahan ini juga berfungsi untuk menghilangkan pertumbuhan bakteri yang dapat membantu mencegah infeksi. Jika air yang terperangkap terjadi karena penumpukan kotoran telinga, cuka dapat membantu menghilangkannya.

Berikut ini cara mengeluarkan air dari telinga dengan memanfaatkan alkohol dan cuka yang bisa dipertimbangkan: Campurkan alkohol dan cuka dengan perbandingan yang sama untuk membuat obat tetes telinga. Dengan menggunakan alat penetes steril, teteskan tiga atau empat tetes campuran ini ke telinga Anda. Pijat atau goyangkan bagian luar telinga dengan lembut. Tunggu 30 detik, dan miringkan kepala Anda ke samping untuk membiarkan larutan mengalir keluar.

Untuk diperhatikan, sebaiknya jangan pernah menggunakan metode ini jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut:

Infeksi telinga luar
Gendang telinga berlubang
Baru menjalani operasi gendang telinga (miringotomi)


Sumber foto: pexels.com

6. Gunakan obat tetes telinga hidrogen peroksida

Larutan hidrogen peroksida dapat membantu membersihkan serpihan dan kotoran telinga, yang mungkin menjebak air di telinga Anda. Namun, jangan gunakan metode ini jika Anda memiliki salah satu dari kondisi infeksi telinga luar, gendang telinga berlubang, dan operasi gendang telinga.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga dapat membantu mencegah infeksi di telinga Anda, serta mengusir air keluar dari telinga. Secara garis besar, cara mengatasi telinga kemasukan air dengan memanfaatkan minyak zaitun adalah sebagai berikut: Hangatkan sedikit minyak zaitun dalam mangkuk kecil. Menggunakan alat tetes atau pipet, tempatkan beberapa tetes minyak ke dalam telinga yang terkena air. Berbaringlah degan posisi kepala miring ke sisi telinga yang tidak kemasukan air selama sekitar 10 menit. Baru setelah itu, duduk dan miringkan telinga ke bagian yang terkena air. Air dan minyak harus mengalir keluar

8. Pancing dengan memasukkan lebih banyak air

Teknik ini mungkin terdengar tidak logis, tetapi sebenarnya dapat membantu mengeluarkan air dari telinga Anda. Caranya, yakni: Berbaring miring, isi telinga yang kemasukan air dengan air menggunakan pipet bersih. Tunggu 5 detik, lalu balikkan, dengan telinga yang kemasukan air menjadi menghadap ke bawah. Semua air harus mengalir keluar

9. Minum obat bebas

Sejumlah obat tetes telinga yang dijual bebas juga tersedia. Sebagian besar berbasis alkohol dan dapat membantu mengurangi kelembapan di saluran telinga luar Anda, serta membunuh bakteri atau menghilangkan kotoran telinga.

10. Menguap atau mengunyah

Ketika air tejebak di saluran eustachius Anda, menggerakkan mulut Anda terkadang dapat membantu membuka saluran. Gerakan menguap atau mengunyah mungkin saja dapat meredakan ketegangan pada saluran eustachius sehingga bisa menguras air keluar.

11. Coba manuver Valsava

Manuver valsalva juga dapat membantu membuka saluran eustachius yang tertutup. Cara melakukan maneuver valsalva, yakni: Bernafas dalam-dalam. Kemudian tutup mulut Anda dan tutup lubang hidung Anda dengan lembut dengan jari-jari Anda. Perlahan hembuskan udara dari hidung Anda. Jika Anda mendengar suara letupan, itu berarti saluran eustachius telah terbuka. Ingatlah bahwa selalu berhati-hati untuk tidak meniup udara terlalu keras saat melakukan cara mengatasi telinga kemasukan air ini. Pasalnya, hal tersebut dapat merusak gendang telinga Anda.

12. Beri uap hangat

Uap hangat dapat membantu melepaskan air dari telinga tengah Anda melalui saluran eustachius. Cobalah mandi air panas atau manfaatkan semangkuk air panas. Saat ingin memanfaatkan semangkuk air panas sebagai cara mengatasi telinga kemasukan, Anda bisa mempertimbangkan langkah berikut: Isi mangkuk dengan air panas yang mengepul. Tutupi kepala Anda dengan handuk untuk menahan uap, dan pegang wajah Anda di atas mangkuk. Hirup uapnya selama 5 atau 10 menit, lalu miringkan kepala ke samping agar uap mengarah ke telinga. Baca juga: Apa Bahaya Suara Keras terhadap Telinga Kita?

13. Mengaplikasikan kompres hangat

Dilansir dari Kompas.com, (13/11/2022), mengaplikasikan kompres hangat bisa melemaskan jaringan dan menghindarkan penyumbatan di telinga. Caranya, tempelkan kompres hangat pada telinga yang kemasukan air dan tidur dengan posisi miring. Biarkan dalam beberapa menit agar telinga terasa hangat dan air bisa dengan mudah keluar. Menggerakkan daun telinga setelahnya juga direkomendasikan untuk memastikan bahwa tidak ada air yang terperangkap di dalam telinga.