Share It
Berita Unik & Terkini

Tahun 2023, Ketahui Karakter dan Keberuntungan Kelinci Air
January 23, 2023

Tahun 2023, Ketahui Karakter dan Keberuntungan Kelinci Air

Tahun Baru China yang biasa dikenal dengan Imlek atau Chinese New Year diperingati Minggu (22/1/2023). Tahun 2023 menurut perhitungan kalender China masuk dalam tahun kelinci air. Tahun kelinci dimulai dari 22 Januari 2023 hingga 9 Februari 2024. Lalu, apa saja kebaikan-kebaikan di tahun kelinci 2023?

Dilansir dari Chinese New Year, kelinci adalah tanda binatang keempat dalam siklus zodiak China. Menurut legenda, Kelinci bangga dengan kecepatannya. Dia bertetangga dengan Kerbau dan selalu mengolok-olok betapa lambatnya Kerbau. Suatu hari, Kaisar Giok mengatakan urutan zodiak akan ditentukan oleh urutan kedatangan hewan di pestanya. Kelinci berangkat saat fajar. Tetapi ketika dia sampai di sana, tidak ada hewan lain yang terlihat. Ia pun percaya diri bahwa dia jelas akan menjadi yang pertama, dia pergi ke menepi dan tidur siang.

Namun, ketika dia bangun, tiga hewan lain sudah datang. Salah satunya adalah kerbau yang selalu dipandang rendah. Seperti diketahui, pembagian kategori shio berdasarkan urutan dua belas hewan terpilih pada legenda China. Dua belas shio hewan itu secara berurutan adalah tikus, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi. Mereka yang termasuk dalam shio kelinci adalah mereka yang lahir pada tahun 2023, 2011, 1999, 1987, 1975, 1963, 1951, dan seterusnya.


Sumber foto: istockphoto.com

Disebutkan dalam China Highlight, lambang kelinci adalah simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Tahun 2023 diprediksi menjadi tahun harapan. Orang yang lahir pada tahun kelinci disebut mewarisi sifat seperti hewan kelinci dan diyakini waspada, jenaka, berpikiran cepat, dan cerdik. Selain itu, pada kepercayaan China, ada berbagai macam elemen pada kelinci. Perbedaan elemen ini berdasarkan tahun lahir pada setiap tahun kelinci.

Berikut rinciannya:

Tahun kelinci 2023 Tanggal: 22 Januari 2023 – 9 Februari 2024 Elemen: Kelinci air
Tahun kelinci 2011 Tanggal: 3 Februari 2011 – 22 Januari 2012 Elemen: Kelinci emas
Tahun kelinci 1999 Tanggal: 16 Februari 1999 – 4 Februari 2000 Elemen: Kelinci bumi
Tahun kelinci 1987 Tanggal: 29 Januari 1987 – 16 Februari 1988 Elemen: Kelinci api
Tahun kelinci 1975 Tanggal: 11 Februari 1975 – 30 Januari 1976 Elemen: Kelinci kayu
Tahun kelinci 1963 Tanggal: 25 Januari 1963 – 12 Februari 1964 Elemen: Kelinci air
Dan seterusnya.

Elemen shio kelinci Dalam teori lima elemen China, setiap tanda zodiak dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen: Emas (Logam) , Kayu , Air , Api , atau Tanah . Misalnya, Kelinci Air datang sekali dalam siklus 60 tahun. Diteorikan bahwa karakteristik seseorang ditentukan oleh tanda dan elemen hewan zodiak tahun kelahirannya. Artinya ada lima jenis Kelinci, masing-masing dengan karakteristik atau kepribadian yang berbeda, yakni:

Kelinci kayu: Pandai, cerdas, egois, lincah dalam penampilan, tetapi cerdas dalam hati

Kelinci api: Berwawasan luas, cerdas, dan fleksibel, dengan pandangan yang unik

Kelinci bumi: Jujur, lugas, ambisius, pekerja keras, tetapi sedikit pendiam

Kelinci emas: Baik hati, konservatif, hidup dan antusias

Kelinci air: Lembut, ramah, mampu menyesuaikan diri dengan kondisi yang berbeda, tetapi dengan pola pikir dan prinsip yang lemah.


Sumber foto: istockphoto.com

Orang Tionghoa percaya bahwa apa yang Anda lakukan di awal tahun baru akan mempengaruhi keberuntungan Anda di tahun mendatang.

1. Begadang di malam Tahun Baru Imlek (21 Januari 2023). Begadang atau berjaga sampai tengah malam dengan upaya berdoa, meminta kesejahteraan dan keselamatan, serta keberkahan rezeki pun bisa dilakukan bagi orang Tionghoa.

2. Mengucapkan kata-kata baik. Anda bisa mengucapkan doa atau ucapan baik kepada keluarga/teman seperti Selamat Tahun Baru setelah jam menunjukkan pukul 12 tentu akan membawa keberuntungan.

3. Membagikan hantaran merah kepada anak-anak dan orangtua Selanjutnya, dengan memberikan hantaran atau angpao merah kepada anak-anak dan orangtua niscaya akan membantu mengusir kesialan (iblis Nian) dan membawa keberuntungan.

4. Mendekorasi rumah dengan pohon kumwuat Selain itu, mendekorasi rumah Anda dengan pohon kumquat (melambangkan kekayaan & keberuntungan). Bisa juga rumah didekorasi memakai warna keberuntungan Anda, dan makan makanan keberuntungan seperti kue beras (kebersamaan keluarga), kacang goreng berlapis tepung (vitalitas), kue kenari (kebahagiaan), adalah cara populer untuk mendapatkan keberuntungan.