Share It
Berita Unik & Terkini

Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat Lewat Kulit, Waspadalah!
January 18, 2023

Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat Lewat Kulit, Waspadalah!

Kolesterol adalah senyawa lemak atau lipid yang diproduksi oleh berbagai sel di dalam tubuh. Menurut Kementerian Kesehatan, senyawa tersebut berguna untuk membangun membran sel dan menjalankan fungsi otak dan saraf. Namun, kolesterol perlu dijaga kadarnya supaya tidak terjadi penumpukan pada arteri yang berisiko mempersempit aliran darah dari dan ke otak.

Kadar kolesterol yang tinggi biasanya juga ditandai dengan rasa mudah mengantuk, peningkatan berat badan, stres, dan nyeri pada dada. Selain itu, tanda bahwa kadar kolesterol melebihi 200 mg/dL dapat menunjukkan gejala pada tangan dan kulit. Simak, penjelasannya berikut:

Gejala kolesterol pada kulit

Dikutip dari Healthline, kolesterol dan kesehatan kulit ternyata saling berkaitan karena senyawa ini mengalir di dalam darah. Salah satunya adalah menyebabkan emboli kolesterol atau pecahnya kristal plak kolesterol yang membuat arteri atau pembuluh darah tersumbat. Selain itu, ada beberapa gejala kolesterol tinggi yang terlihat pada kulit. Berikut daftarnya.


Sumber foto: yesdok.com

1. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit yang meradang, sehingga timbul bercak menonjol, gatal, dan memerah karena pergantian sel kulit yang begitu cepat. Psoriasis yang termasuk gangguan autoimun kronis yang menimbulkan respons peradangan pada tubuh. Tak hanya itu, psoriasis sebaiknya tidak dibiarkan karena turut memengaruhi pembuluh darah hingga menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung. Baca juga: Makan Telur Bisa Bikin Kolesterol Naik? Simak Faktanya

2. Xanthoma

Timbunan lemak yang memengaruhi tendon, kulit, termasuk jaringan di bawah kulit biasanya disebut sebagai xanthoma. Kondisi tersebut dibagi menjadi beberapa jenis, yakni: Verrucous xanthoma: xanthoma yang bentuknya mirip kutil, tetapi berada di alat kelamin atau lapisan di dalam mulut Eruptive xanthoma: zanthoma yang menimbulkan benjolan atau ruam yang isinya timbunan lemak kolesterol Tuberous xanthoma: benjolan yang sering ditemukan pada pantat, jari, siku, maupun lutut. Planar xanthoma: munculnya bercak menonjol pada kulit. 

3. Emboli kolesterol

Emboli kolesterol terjadi apabila kristal dari kolesterol dan zat lain terlepas dari plak di salah satu arteri. Hal tersebut bisa bergerak melalui sistem peredaran darah sebelum masuk ke arteri atau pembuluh darah yang lebih kecil. Emboli kolesterol juga berisiko menyebabkan gangguan lain, seperti borok kaki hingga perubahan warna kulit.


Sumber foto: rsiastellamaris.com

4. Livedo reticularis

Livedo reticularis menyebabkan bintik merah kebiruan muncul pada kulit, tetapi memiliki pola seperti jaring. Kondisi tersebut biasanya timbul pada kaki bagian bawah jari kaki, paha, termasuk pantat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan livedo reticularis, salah satunya adalah emboli kolesterol. Orang yang mengalami livedo reticularis disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter apabila kulitnya menjadi biru kehitaman atau hitam dan kondisi ini tidak kunjung hilang.

Cara menurunkan kolesterol

Kolesterol tinggi memang berdampak pada kondisi kulit. Untungnya, kondisi tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara. Di antaranya menghentikan kebiasaan merokok, diet, beraktivitas fisik, mengelola stres, atau mengonsumsi obat tertentu. Orang yang rentan terkena kolesterol tinggi sebaiknya juga melakukan uji kolesterol secara teratur, mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung, termasuk menjaga berat badan.