Share It
Berita Unik & Terkini

Kerikil Tersangkut di Ban Mobil Jangan Disepelekan, Bisa Berakibat Fatal!
January 16, 2023

Kerikil Tersangkut di Ban Mobil Jangan Disepelekan, Bisa Berakibat Fatal!

Seperti komponen lainnya, ban mobil juga memerlukan perawatan. Tujuannya agar secara kondisi tetap prima dan memiliki usia pakai yang optimal. Perawatannya beragam, dari rutin melakukan rotasi, memastikan tekanan udara, dan yang paling sederhana tapi kerap dianggap sepele adalah membersihkan kerikil yang bersarang pada alur ban.

Tak sedikit pemilik mobil yang cuek ketika melihat adanya batu kecil alis kerikil yang menempel pada alur permukaan ban. Padahal, bila dibiarkan efeknya akan sangat merugikan. "Ini menjadi hal yang kerap diabaikan. Sepele tapi punya potensi masalah.


Sumber foto: istockphoto.com

Kerikil yang menempel di alur dan dibiarkan dalam jangka waktu lama bisa membuat karet atau konstruksi ban rusak," kata On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Zulpata, batu kerikil yang masuk ke alur ban bisa melukai atau merusak dinding permukaan karena mendapat daya tekanan ketika roda mobil berputar. Bisa dibayangkan ketika ada banyak kerikil yang melekat pada alur ban dan mobil bergerak membawa beban. Secara perlahan, akan terus tertekan ke dalam permukaan karet. "Ketika karet permukaan ban rusak, otomatis akan membuat ban dalam kondisi yang tidak optimal.

Artinya rentan dengan kebocoran, bahkan bisa menjadi salah satu penyebab pecah ban juga," ujar Zulpata. Lebih lanjut Zulpata menjelaskan, pada dasarnya ban kendaraan sangat sulit untuk mengalami kerusakan seperti pecah. Hal tersebut karena dalam proses pembuatan sudah dilakukan pengujian.


Sumber foto: pexels.com

Butuh waktu berhari-hari saat ban diuji sampai bisa mengalami kondisi rusak atau pecah. Karena itu, dalam hal adanya kerikil yang menempel pada ban juga proses kerusakan tidak langsung terjadi, tapi bertahap.

"Prosesnya akumulasi, karena sudah lama dan terus terdorong karena mobil bergerak dan membawa beban maka bisa terjadi kerusakan. Semakin kencang kendaraan semakin tekanannya juga besar," ucapnya. Artinya, kerikil pada ban mobil juga bisa membuat terjadinya risiko kecelakaan saat berkendara imbas pecah ban.