Berita Unik & Terkini

Temuan Terbaru NASA, Planet Seperti Bumi di Zona Layak Huni
January 16, 2023

Temuan Terbaru NASA, Planet Seperti Bumi di Zona Layak Huni

NASA menemukan planet seukuran Bumi yang mengorbit di sekitar bintang yang jauh. Postdoctoral fellow di Jet Propulsion Laboratory NASA, California Selatan, Emily Gilbert menyatakan planet yang dijuluki TOI 700 e ini merupakan planet di zona layak huni.

"Ini adalah salah satu dari sedikit sistem dengan banyak planet kecil di zona layak huni yang kita ketahui," kata Gilbert, dilansir dari New York Post. Temuan planet NASA ini dipresentasikan oleh tim peneliti pada pertemuan ke-241 Amerixan Astronomical Society di Seatle pada Selasa (10/1/2023). Lantas, seperti apa keadaan planet TOI 700 e ini?

Mengenal planet TOI 700 e

Planet TOI 700 e menjadi planet kedua yang ditemukan oleh NASA di zona layak huni. Sebelumnya, NASA telah menemukan planet di zona yang sama, yakni TOI 700 d yang mengorbit setiap 37 hari. Dilansir dari Forbes, planet TOI 700 e membutuhkan waktu 28 hari untuk mengorbit bintangnya. Planet baru ini sekitar 95 persen seukuran dengan Bumi dan kemungkinan berbatu.

Sumber foto: youtube.com/@topfives

Planet TOI 700 e ditemukan mengorbit di zona layak huni. Zona layak huni di sekitar bintang mengacu pada orbit yang cukup dekat sehingga cukup hangat untuk memungkinkan air cair di permukaan. Temuan ini menjadi sangat penting karena ilmuwan percaya kehidupan hanya terjadi ketika ditemukannya air. Sebelumnya, NASA juga menemukan dua planet lain yang mengorbit dalam sistem bintang yang sama, yakni TOI 700 b dan c.

Namun, keduanya mengorbit terlalu dekat dengan bintang sehingga terlalu panas untuk memungkinkan adanya air. TOI 700 b berukuran sekitar 90 persen ukuran Bumi dan mengorbit bintang setiap 10 hari. Sementara TOI 700 c berukuran 2,5 kali lebih besar dari Bumi dan mengorbit setiap 16 hari. Total, ada empat planet di sistem TOI 700 yang telah ditemukan oleh NASA, masing-masing adalah planet 700 b, c, d, dan terbaru, e.

Sumber foto: newsnationnow.com

Sistem TOI 700 merupakan bintang kerdil merah di konstelasi Dorado. Sistem ini berjarak 100 tahun cahaya dari tata surya. TOI 700 menjadi salah satu dari sangat sedikit sistem bintang dengan beberapa planet kecil zona layak huni yang diketahui para astronom. Bintang kerdil merah ini lebih dingin daripada bintang seperti Matahari.

Ditemukan sistem satelit TESS Menurut catatan CBS News, tim menemukan planet-planet tersebut lewat satelit Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS). TESS adalah observasi yang dirancang untuk menemukan lebih banyak planet dan bintang. Misi dua tahun TESS memungkinkan para ilmuwan untuk menyurvei tata surya dan memantau kecerahan bintang untuk penurunan berkala yang disebabkan oleh planet yang bergerak melewatinya. Misi ini berakhir pada 2020, tetapi TESS berkembang dan planet baru ditemukan sepanjang satu tahun tambahan misi.