Share It
Berita Unik & Terkini

Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung
January 15, 2023

Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung

Beberapa buah bisa memicu asam lambung naik dan menyebabkan rasa sakit di bagian perut yang merambat hingga dada. Itulah mengapa beberapa buah tidak boleh dimakan penderita asam lambung dalam jangka panjang. Asam lambung naik atau penyakit asam lambung terjadi saat asam lambung berulang kali naik ke kerongkongan atau esofagus.

Dilansir dari laman Mayo Clinic, penyakit dengan nama lain gastroesophageal reflux disease (GERD) ini terjadi karena katup di ujung lambung tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, asam lambung sering naik dan mengiritasi dinding kerongkongan, sehingga menimbulkan beberapa gejala yang menyakitkan.

Lantas, apa saja buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung?


Sumber foto: pexels.com

Buah yang perlu dihindari penderita asam lambung

Berikut beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung, antara lain:

1. Buah sitrus

Buah sitrus adalah kelompok buah yang kaya akan vitamin C. Meski menyehatkan, kelompok buah ini mengandung asam lebih banyak daripada buah lainnya. Dikutip dari laman Pace Hospitals, kandungan asam dalam buah sitrus mengendurkan sfingter atau otot yang menyerupai cincin pada esofagus. Kondisi tersebut memicu kambuhnya atau bahkan memperburuk gejala asam lambung. Beberapa buah yang masuk dalam kelompok sitrus, antara lain jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan grapefruit.

2. Nanas

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung selanjutnya adalah nanas. Dilansir dari Healthline, sebagian dokter menyarankan penderita asam lambung untuk tidak mengonsumsi buah ini, meski tidak merasakan kekambuhan gejala. Sebab, nanas merupakan buah yang cukup asam dengan pH sekitar 3-4. Padahal, skor netral untuk menyebut makanan tidak asam maupun basa dan cukup aman untuk lambung adalah 7. Oleh karena itu, jika memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya batasi konsumsi buah nanas.


Sumber foto: pexels.com

3. Apel hijau

Mengonsumsi satu apel setiap hari dapat menjauhkan seseorang dari dokter. Namun, anggapan itu tak selamanya benar terutama bagi penderita asam lambung. Apel tergolong buah asam yang sebaiknya dibatasi oleh penderita asam lambung. Namun dibanding apel merah, pengidap GERD harus lebih berhati-hati dengan apel hijau, masih menurut laman Healthline. Pasalnya, apel hijau lebih banyak mengandung asam, sehingga dapat memicu peningkatan kadar asam lambung. Saat kadar asam lambung meningkat, berbagai gejala penyakit asam lambung yang menyakitkan akan menyerang penderitanya.

4. Tomat

Tomat menurut botani adalah buah dengan kandungan likopen tinggi. Buah ini juga kaya akan serat yang baik bagi saluran pencernaan. Kendati begitu, penderita asam lambung tak boleh terlalu banyak mengonsumsi tomat. Dilansir dari WebMD, tomat bersifat sangat asam dan cenderung menyebabkan heartburn pada penderita asam lambung. Heartburn sendiri menjadi salah satu gejala GERD, yakni berupa sensasi perih dan panas seperti terbakar di bagian dada. Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu tingkat toleransi terhadap tomat sebelum mulai mengonsumsinya.