Share It
Berita Unik & Terkini

Tips Menghilangkan Sensasi Pedas dan Panas Ketika Makan Cabai
August 1, 2023

Tips Menghilangkan Sensasi Pedas dan Panas Ketika Makan Cabai

Efek panas setelah mengonsumsi makanan pedas tak hanya terjadi di lidah, tetapi juga bisa dirasakan di tangan. Efek panas ini berasal dari capsaicin, kandungan kimia yang ditemukan dalam cabai. Capsaicin umumnya baik untuk tubuh, tetapi ada beberapa bahaya yang terkait dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak capsaicin, seperti munculnya diare dan sensasi terbakar.

Jika Anda merasakan sensasi panas atau terbakar di tangan setelah mengonsumsi makanan pedas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Gosok dengan minyak

Dikutip dari The Kitchn, minyak membantu melarutkan capcaicin yang panas. Beberapa bahkan mengklaim bahwa menggosok tangan Anda hanya dengan sentuhan minyak sayur atau zaitun sebelum memotong cabai akan cukup efektif mencegah sengatan panas dari capsaicin.

2. Bilas dengan sabun cuci piring

Banyak sabun cuci piring dapat melarutkan minyak cabai yang masuk ke tangan dan lebih efektif daripada sabun cuci tangan biasa. Jadi agar terbebas dari rasa panas, cuci tangan Anda setelah memotong cabai atau paprika.


Sumber foto: google.com

3. Gosok dengan alkohol

Alkohol dapat membunuh bakteri dan kuman. Alkohol juga dapat membantu menghilangkan asam cabai dari tangan. Alkohol adalah pelarut, sehingga digunakan untuk melarutkan minyak seperti yang ditemukan di capsaicin. Jika Anda membutuhkan cara cepat dan efektif untuk menghilangkan residu merica dari kulit, gunakan semprotan pembersih tangan atau gosok dengan alkohol.

4. Gunakan pemanis

Dikutip dari Live Strong, Anda bisa menggunakan pemanis apa pun sebagai penatralisir untuk menghentikan sensasi terbakar pada tangan. "Anda mungkin bisa menetralkan asam cabai dengan mengoleskan tetes tebu atau madu di tangan," kata ahli diet Dana Ellis Hunnes.

"Gula dalam makanan itu mungkin dapat mengikat reseptor rasa sakit lebih baik daripada capsaicin," sambungnya.

5. Bilas dengan jus jeruk atau cuka

Seperti makanan manis, makanan asam bertindak sebagai agen penetral ketika Anda memiliki asam cabai di tangan. "Asam dalam jus jeruk dan cuka dapat membantu menetralkan capsaicin, jadi membilas tangan Anda dengan beberapa di antaranya dapat membantu menghilangkan sengatannya," jelas dia. Jus lemon adalah makanan pokok rumah tangga dan cuka adalah bahan yang terjangkau dengan banyak manfaat.


Sumber foto: google.com

6. Minum kasein

Anda mungkin pernah mendengar bahwa minuman terbaik untuk diminum setelah makan sayap ayam pedas adalah susu. Salah satu jenis protein dalam susu, yang disebut kasein, bisa memecah capsaicin dan memberikan kelegaan setelah kita makan sesuatu yang sangat pedas.