Share It
Berita Unik & Terkini

Bertabrakan dengan Marc Marquez, Fabio Quartararo Tersingkir
September 19, 2022

Bertabrakan dengan Marc Marquez, Fabio Quartararo Tersingkir

Gelaran MotoGP Aragon yang berlangsung di Sirkuit MotorLand Aragon, Minggu (18/8/2022) diwarnai dengan drama yang melibatkan pebalap Repsol Honda Marc Marquez. Ketika balapan baru dimulai, Marc Marquez terlihat tiba-tiba menutup gas lantaran menghindari jatuh di tikungan ketiga.

Aksi ini membuat Fabio Quartararo yang berada tepat di belakangnya tidak dapat menghindar dan menabrak bagian belakang motor Marquez. Kecelakaan tersebut sontak membuat Quartararo terpelanting dari YZR-M1 hingga tersungkur ke gravel.

Tak berselang lama, insiden kecelakaan kembali melibatkan Marc Marquez yang terlihat menyenggol Takaaki Nakagami. Nagami kemudian mengalami low side hingga nyaris terlindas motor Maverick Vinales yang melintas tepat di belakangnya. Usai balapan, rider yang dijuluki The Baby Alien itu pun menjelaskan penyebab insiden yang melibatkan dirinya dengan Quartararo dan Nakagami.


Sumber foto: google.com

“Saat itu roda belakang saya tergelincir sedikit di tikungan tiga. Masalahnya adalah Fabio sangat dekat di belakang saya. Mungkin dia bermaksud menyalip saya di sana. Itu adalah insiden balapan dan fakta bahwa Fabio begitu dekat di belakang saya jelas tidak membantu. Begitulah kontak itu terjadi. Tapi itu normal untuk tidak meninggalkan celah besar, Anda tidak bisa menyalahkannya untuk itu,” ucap Marquez dikutip dari Speedweek, Minggu (18/9/2022).

Setelah mengalami insiden dengan Quartararo, Marquez terus melaju melewati beberapa tikungan selanjutnya. Namun, ia merasa ada yang janggal dengan motornya akibat tabrakan dengan Quartararo. Menurutnya, ada salah satu bagian body motor Quartararo yang tersangkut di motor Marquez. Hal ini membuat motornya mengalami masalah teknis dan mengaktifkan holeshot.

“Ketika berada di tikungan ketujuh, saya tiba-tiba merasa roda belakang terkunci dan bergerak ke sisi samping kiri. Entah bagaimana roda belakang terkunci, semuanya terasa gila. Dan ketika saya ingin pindah ke kiri, saya tidak merasakan torsi lagi,” katanya.

Saat itulah Marquez menyenggol Nakagami hingga membuat pebalap LCR Honda itu tak bisa melanjutkan balapan. Pada saat itu Marquez tak ikut terjatuh, namun dirinya memutuskan untuk tidak menyelesaikan balapan.

Bahkan Marquez juga terlihat langsung mendatangi paddock LCR Honda untuk meminta maaf kepada Nakagami. Tak lupa, Marquez pun turut meminta maaf kepada Fabio Quartararo dan berharap keduanya baik-baik saja usai alami kecelakaan di GP Aragon.


Sumber foto: google.com

Pebalap Ducati Francesco Bagnaia gagal memperpanjang rekor kemenangan setelah harus kalah dari Enea Bastianini pada MotoGP Aragon 2022 yang berlangsung di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol, Minggu (18/9/2022). . Pecco memang berhasil mempertahakan posisinya sejak awal balap dari gempuran Enea Bastianini (Gresini Racing). Namun pada lap terakhir, Bastianini mampu menyalip Pecco dan mencuri kemenangan.

Pada saat yang bersamaan, persaingan di partai terdepan yang dipimpin oleh Francesco Bagnaia terus memanas. Sebab, perbedaan jarak sampai ke posisi kelima tidak begitu jauh, sekitar satu detik saja. Namun perubahan posisi hanya terjadi sebentar saja antara Enea Bastianini di posisi ke-4 jadi ke-2 setelah menyalip Jack Miller, Brad Binder di posisi ke-3, dan juga Aleix Espargararo yang menguntitnya pada posisi ke-4.

Sedangkan Johann Zarco yang memulai laga dari posisi ke-5, kala itu berada di posisi ke-7 setelah tempatnya diambil oleh Miller. Kini, ia harus melewati Jorge Martin untuk bisa bersaing kembali dengan Miller untuk masuk 5-besar.

Tersisa lima putaran, posisi tersebut tidak kunjung berubah. Bahkan posisi Bagnaia dan Bastianini mulai meninggalkan pebalap lainnya dengan perbedaan jarak sekitar 3,6 detik.

Jelang lap terakhir, Bastianini memperpendek jaraknya dengan Pecco dan saling menempel. Bastianini akhirnya mampu melewati Pecco di lap terakhir dan hanya tersisa dua tikungan saja.

Hasil Balapan GP Aragon 2022:

1 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)

2 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)

3 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP)

4 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

5 Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)

6 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)

7 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

8 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22)

9 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

10 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)*

11 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)

12 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)

13 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP)

14 Cal Crutchlow GBR WithU RNF Yamaha (YZR-M1)

15 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)

16 Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)*

17 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

18 Darryn Binder RSA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)*

19 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)*

20 Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)*

Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)