Share It
Berita Unik & Terkini

Gelar Baru Keluarga Kerajaan Sepeninggal Ratu Elizabeth II
September 17, 2022

Gelar Baru Keluarga Kerajaan Sepeninggal Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II meninggal di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) sore waktu setempat. Setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II, sejumlah anggota kerajaan Inggris mendapatkan gelar baru. Gelar Prince of Wales atau Pangeran Wales yang selama ini tersemat di depan nama Pangeran Charles pun ditinggalkan saat dirinya naik takhta menggantikan ibunya. Kini, Charles resmi menjadi Raja Inggris Raya dan Persemakmuran, dengan nama Raja Charles III.

Selain Charles, sederet gelar baru juga diterima anggota kerajaan lain sebagai tanda masuknya era baru di Wangsa Windsor. Berikut beberapa anggota keluarga kerajaan Inggris yang mendapat gelar baru:

1. Pangeran Charles

Saat menjadi ahli waris takhta pertama, pria bernama lengkap Charles Philip Arthur George ini menyandang gelar Prince of Wales. Usai kematian Ratu Elizabeth II, Charles naik menjadi raja dan memilih menggunakan nama Raja Charles III, dibanding tiga nama lain dalam nama lengkapnya. Diberitakan BBC (10/9/2022), pemilihan nama ini merupakan keputusan pertama dari pemerintahan baru.

2. Pangeran William dan Kate Middleton

Melalui pidato pertamanya, Charles III mengumumkan bahwa putra sulungnya, Pangeran William telah menerima gelarnya dulu, Prince of Wales. Sementara istri William, Kate Middleton, mendapatkan gelar yang dulu disandang mantan istrinya, Putri Diana, yakni Princess of Wales. Dilansir dari Telegraph (9/9/2022), William dan Kate juga mendapat tanggung jawab atas Duchy of Cornwall dan mendapat gelar sebagai Duke and Duchess of Cornwall.

Duke and Duchess of Cornwall merupakan gelar yang secara tradisional diberikan kepada putra tertua penguasa Inggris dan istrinya. Tak hanya itu, Pangeran William juga menjadi Duke of Rothesay di Skotlandia bersama gelar lainya seperti Earl of Carrick, Baron of Renfrew dan Lord of the Isles. Adapun saat berkunjung ke Skotlandia, Kate juga bisa menggunakan gelar Duchess of Rothesay.

"Dia menggantikan saya sebagai Duke of Cornwall dan mengambil tanggung jawab untuk Duchy of Cornwall yang telah saya lakukan selama lebih dari lima dekade," tutur Raja Charles dalam pidatonya. "Hari ini, saya bangga mengangkatnya sebagai Prince of Wales, Tywysog Cymru, negara yang gelarnya sangat saya sanjung selama hidup dan tugas saya," imbuh dia.

Sebelum Ratu Elizabeth II meninggal dunia, William dan Kate menyandang panggilan resmi Duke and Duchess of Cambridge. Baca juga: Pidato Pertama Raja Charles III: Penghormatan untuk “Mama”, Kesedihan Keluarga, Janji Pelayanan Seumur Hidup


Sumber foto: google.com

3. Camilla Parker Bowles

Istri Raja Charles III, Camilla Parker Bowles juga menerima gelar baru sebagai Queen Consort atau permaisuri. Gelar ini otomatis ia terima saat sang suami naik takhta menggantikan Ratu Elizabeth II. Sebelumnya, Camilla dikenal sebagai Duchess of Cornwall setelah menikah dengan Charles pada 2005.

Kala itu, ia tidak mengambil gelar Princess of Wales untuk menghormati mendiang Putri Diana. Adapun selama ini, masyarakat dibuat penasaran akan status Camilla saat suaminya naik takhta. Kendati demikian, pada Februari 2022, Ratu Elizabeth II mengumumkan keinginannya untuk menganugerahi gelar Queen Consort kepada Camilla.


Sumber foto: google.com

4. George, Charlotte, dan Louis

Dilansir dari laman Mirror (9/9/2022), ketiga anak William dan Kate, yakni George, Charlotte, dan Louis menerima gelar baru seiring dengan gelar orang tuanya. Kini, gelar George dan Louis menjadi Prince George from Wales dan Prince Louis form Wales. Sedangkan Charlotte, menjadi Princess Charlotte from Wales. Sebelumnya, mereka dikenal sebagai Prince George from Cambridge, Princess Charlotte from Cambridge, dan Prince Louis from Cambridge.


Sumber foto: google.com

5. Archie dan Lilibet

Masih dari Telegraph, anak dari putra kedua Charles III, Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, secara teknis menjadi seorang pangeran karena aturan yang ditetapkan Raja George V pada 1917. Menurut aturan, anak dan cucu penguasa (raja atau ratu) memiliki hak otomatis atas gelar His/Her Royal Highness (HRH), serta pangeran atau putri.

Artinya, semua cicit penguasa tak lagi diberi gelar pangeran atau putri, kecuali bagi anak laki-laki tertua dari anak laki-laki pertama Prince of Wales. Tujuannya, untuk memangkas jumlah gelar pangeran dan putri yang semakin membengkak. Archie Mountbatten-Windsor, anak pertama Harry dan Meghan, saat lahir merupakan cicit dari Elizabeth II, sehingga menyebabkan dirinya tak menerima gelar pangeran.

Namun sekarang, sebagai cucu dari seorang penguasa, dia bisa menjadi menerima gelar HRH dan pangeran. Demikian pula bagi anak kedua Harry dan Meghan, Lilibet Mountbatten-Windsor yang secara teknik menjadi seorang putri.

6. Pangeran Edward

Putra bungsu Ratu Elizabeth II, Earl of Wessex atau Pangeran Edward digadang-gadang akan mewarisi gelar Duke of Edinburgh, gelar sang ayah.

Meski demikian, keputusan berada di tangan Raja Charles III. Menurut laporan baru-baru ini, kemungkinan Charles III tidak akan menganugerahkannya kepada sang adik, lantaran rencana raja untuk merampingkan struktur keluarga kerajaan.