Share It
Berita Unik & Terkini

8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah di Rumah
September 30, 2022

8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah di Rumah

Mata panda adalah istilah untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Kondisi ini biasanya muncul disertai mata bengkak atau sembap. Mata panda umumnya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara. Mata panda bisa terjadi pada siapa pun, baik pria maupun wanita. Make up atau concealer kerap digunakan untuk menutupi mata panda namun tidak untuk menghilangkan keluhan tersebut. Lingkaran hitam, dark circle atau biasa disebut mata panda jelas sangat mengganggu penampilanmu sehari-hari. Apalagi mata merupakan bagian yang paling terlihat saat kita berinteraksi dengan orang lain. Nggak mau ‘kan kamu terlihat tidak segar, kurang sehat, dan lebih tua? Nah, buatmu yang sedang berusaha menghilangkan mata panda, berikut beberapa cara menghilangkan mata panda yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah.

1. Kompres dengan teh hijau
Teh, baik teh hitam atau teh hijau, mengandung kafein dan antioksidan yang mampu memperbaiki sirkulasi darah dan mencerahkan kulit. Untuk mengatasi mata panda, kamu bisa mengompres mata selama 15–20 menit dengan teh basah yang telah didinginkan di dalam kulkas.

2. Kompres dengan mentimun
Mudahnya timun didapat pasti nggak akan bikin kamu ribet melakukan ini ‘kan? Kamu tinggal memasukkan sebuah timun ke dalam lemari es, tinggalkan selama beberapa jam sampai dingin. Lalu bisa kamu potong menjadi bulatan-bulatan yang pas untuk melingkari bagian matamu. Setelah itu taruh potongan itu di kedua mata kamu selama 10-15 menit.

3. Manfaatkan air mawar
Air mawar juga mempunyai kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat kamu pakai untuk mengompres mata pandamu, lho. Kalau kamu tidak bisa membuatnya sendiri kamu bisa membeli air mawar dalam kemasan yang banyak tersedia di swalayan terdekat. Caranya kamu hanya perlu mencelupkan air mawar pada kapas lalu kompreskan pada mata selama yang kamu mau biasanya sih 10-15 menit, ya. Lebih baik lagi jika air mawar tersebut didinginkan terlebih dahulu dalam lemari es.


Sumber foto: Halodoc

4. Manfaatkan air es dan sendok dingin
Mata panda terbentuk karena pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata melebar. Untuk menghilangkan mata panda, kamubisa memberi kompres dingin di bawah mata guna mengecilkan pembuluh darah yang melebar. Kamu cukup bungkus es batu dengan kain bersih atau rendam kain di dalam air dingin, lalu tempatkan di kulit sekitar mata yang menggelap selama 15–20 menit.

5. Menggunakan eye cream
Ada juga solusi untuk mengatasi mata panda dengan bahan kimia. Krim mata atau eye cream bisa kamu dapat dengan mudah di pasaran. Pilihan produknya pun beragam: ada yang keluaran dalam negeri, produk impor, sampai krim mata yang menawarkan berbagai keunggulan. Pada beberapa orang menunjukkan hasil yang positif usai menggunakan produk eye cream. Bisa banget lho kamu cobain solusi yang satu ini. Beberapa krim mata, misalnya krim yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, atau ekstrak daun teh, diketahui mampu mengurangi kerutan di kulit dan menyamarkan mata panda. Namun, hasilnya tidak instan. Kamu mungkin perlu menggunakan krim mata selama beberapa minggu hingga mata panda bisa tampak lebih samar.

6. Gunakan concealer di bawah mata
Make up yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah concealer. Pilih warna concealer dengan satu atau dua tone lebih cerah dari kulit wajah kamu. Merek concealer sudah banyak kok yang memang didesain untuk area bawah mata. Tinggal pilih saja concealer yang cukup lembab atau moist agar tidak cakey dan menggaris di bawah mata.

7. Alihkan perhatian dari kantung mata yang mengganggu dengan menyapukan eyeliner dan eyeshadow di mata cantikmu
Dengan menggunakan 2 make up kits ini kamu bisa menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata yang mengganggu. Dengan menggunakan eyeshadow atau eyeliner mau tak mau perhatian orang akan berpindah dari kantung mata ke tegasnya bingkai mata yang tercipta.

8. Perhatikan jam tidur
Waktu tidur yang sesuai untuk kamu adalah sekitar 7-8 jam/hari. Jadi, mulailah dengan mengubah pola tidur menjadi lebih teratur. Setelahnya kamu akan dapat banyak manfaat dan nggak akan lagi ada lingkaran hitam di matamu. Pastikan juga asupan makananmu tercukupi. Lingkaran hitam bisa terjadi karena kurangnya beberapa vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi, antioksidan, vitamin A, E, dan B12. Jadi banyak-banyaklah mengkonsumsi sayur yang berdaun dan buah-buahan yang mengandung vitamin tersebut. Selain itu kamu juga disarankan untuk membatasi waktu melihat gawai, menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 saat akan beraktivitas di luar juga menghentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebih untuk menghilangkan mata panda.


Sumber foto: Femina.in

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika mata menjadi bengkak atau mata panda bertambah hitam setelah mencoba berbagai cara menghilangkan mata panda di atas. Dengan begitu kamu akan mendapatkan penanganan yang sesuai.