Share It
Berita Unik & Terkini

Kuta Mandalika Lombok, Pantai Cantik Dengan Seputar Legenda
September 28, 2022

Kuta Mandalika Lombok, Pantai Cantik Dengan Seputar Legenda

Pulau Lombok selalu menampilkan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kepopuleran wisata Lombok sudah banyak dikenal hingga ke mancanegara. Hal ini karena banyak destinasi wisata yang ditawarkan Lombok mulai dari gili, air terjun, hingga gunung, maupun perbukitan bisa kamu temukan di pulau ini. Selain itu keindahan alam bahari di Lombok juga tak kalah cantiknya, seperti Pantai Kuta Lombok Mandalika. Kuta Beach Mandalika Lombok cocok untuk kamu berlibur bersama keluarga, teman-teman dan orang-orang tercinta. Jadi tunggu apalagi, yuk buruan rencanakan perjalanan liburan anda ke wisata Lombok hits satu ini yang mempesona dan tiada duanya.

Sejarah Pantai Kuta Mandalika
Sementara itu, nama Mandalika diambil dari cerita legenda yang berasal di kalangan masyarakat setempat yaitu seorang putri yang sangat cantik bernama Mandalika. Konon menurut kisah yang ada Putri Mandalika yang cantik jadi incaran banyak pemuda bahkan pangeran. Namun, Putri Mandalika tak mau menerima satupun pinangan para pemuda tersebut. Ia memilih melompat ke laut dari bukit tersebut. Putri Mandalika yang menceburkan diri ke laut dipercayai oleh masyarakat sekitar menjelma menjadi sosok cacing laut yang dinamakan Nyale. Pada saat-saat tertentu terdapat banyak cacing Nyale yang muncul ke permukaan laut hingga ke pantai. Kondisi ini terjadi selama satu tahun sekali dengan adanya festival yang diadakan untuk menghormati cacing-cacing tersebut. Oleh masyarakat sekitar, cacing-cacing ini diolah menjadi hidangan makanan yang lezat sebagai rasa terima kasih kepada Putri Mandalika. Hari-hari kemunculan cacing Nyale pun kini menjadi momen yang ditunggu oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Daya Tarik Pantai Kuta Mandalika
Pantai Kuta Lombok juga menyajikan pesona hamparan pasir yang bersih dan putih membentang luas sepanjang 7,2 kilometer. Di sebelah barat, terdapat Bukit Mandalika dengan keindahan yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi. Pemandangan yang disajikan dari ketinggian memiliki nuansa tersendiri sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Pantai Kuta. Pantai Kuta Lombok Mandalika mempunyai berbagai atraksi yang ditawarkan sebagai penunjang wisata seperti banana boat, windsurfer hingga olahraga ekstrem yaitu paralayang. Namun jika tak berminat main basah-basahan atau olahraga ekstrem kamu juga bisa menikmati pantai ini sembari bersepeda. Festival Bau Nyale merupakan salah satu daya tarik yang berada di kawasan Pantai Kuta. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan kegiatan dalam Festival Bau Nyale, yaitu menangkap cacing Nyale dan kemudian dijadikan sebagai hidangan makanan.


Sumber foto: Indonesia Travel

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta Mandalika
Harga tiket masuk Pantai Kuta Mandalika yakni hanya kisaran 10.000 rupiah dan untuk biaya retribusi parkir kendaraan pun seperti tarif pada umumnya mulai 2.000 hingga 10.000 rupiah saja. Sedangkan untuk biaya toilet atau kamar mandi dipatok mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp10.000. Tak hanya itu saja selama berada disini kamu juga perlu untuk bersantap mencoba berbagai olahan kuliner menggiurkan.

Rute Lokasi dan Alamat
Objek wisata ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya dekat dengan Bandara Internasional Lombok sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Desa Kuta sendiri merupakan sebuah kawasan yang memang dihiasi oleh beberapa pantai cantik menawan. Salah satunya adalah Kuta Beach Lombok ini yang memiliki beberapa keunggulan sehingga membuatnya populer. Memiliki garis panjang pantai yang mengagumkan sehingga memungkin kamu untuk berlarian dari kesana kemari dan tertawa. Suasana pantai Lombok satu ini terbilang sunyi dan tidak terlalu ramai.

Fasilitas
Berikut ini fasilitas Pantai Kuta Mandalika yang akan menambah kenyamanan para pengunjung selama berkunjung.

- Tempat parkir luas memadai
- Pusat informasi wisata
- Toilet umum
- Fasilitas air bersih
- Mushola
- Warung makan
- Toko aksesoris
- Area bersantai
- Spot foto menarik, dll

Dapatkan pengalaman rekreasi seru dan sulit terlupakan dengan menjajal hal-hal menarik yang disuguhkan Pantai Kuta Lombok. Berlibur di pantai tentunya akan kurang lengkap jika kamu tidak mencoba bermain pasir atau airnya.

Spot Terbaik di Pantai Kuta Mandalika
Aktivitas foto-foto tentu saja wajib dilakukan agar momen berharga kali ini bisa terkenang selamanya dan pengalaman liburan kali ini pun seperti terasa kurang lengkap kalo kamu sampai tidak berfoto bersama orang-orang terdekat kamu. Hamparan luas lautan yang dikelilingi oleh perbukitan menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Kuta Lombok. Garis pantai dengan pasir putih yang memanjang juga termasuk panorama alam mengagumkan disini.


Sumber foto: Booking.com

Yuk, ke Kuta Mandalika!