Share It
Berita Unik & Terkini

Jenis Motor yang Perlu Dikenali Sebelum Membeli, Beda-beda Fungsinya!
September 28, 2022

Jenis Motor yang Perlu Dikenali Sebelum Membeli, Beda-beda Fungsinya!

Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara dengan jumlah pengendara motor yang tinggi. Motor tidak dapat dipungkiri menjadi kendaraan populer di Indonesia. Selain praktis, kemampuannya untuk menyalip diantara mobil saat macet menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam membeli motor. Ada banyak jenis-jenis sepeda motor yang awam di negeri kita. Setiap jenis motor tersebut tentu memiliki fungsinya tersendiri. Ada yang memang didesain untuk bepergian cantik di dalam kota ada juga yang khusus didesain untuk menapaki jalanan yang berbatu dan bergelombang. Berikut beberapa tips untuk kamu yang tertarik dengan motor. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli motor. Biar sesuai dengan kebutuhan dan nggak bikin nyesel belakangan.

1. Motor Automatic (Matic/Skutik)
Jenis motor selanjutnya adalah motor automatic biasa disebut juga matic atau skutik. Motor jenis ini sama seperti motor cub merupakan jenis motor yang sangat populer di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh fitur automaticnya yang membuat kenyamanan berkendara menjadi lebih dapat dirasakan. Motor jenis ini begitu mudah dioperasikan dengan hanya memutar gas dan menekan rem kamu siap menjelajah kemanapun tujuanmu! Motor automatic ini paling populer dikalangan perempuan, salah satu faktor yang mempengaruhi tentu saja karena kemudahan penggunaannya yang tidak memerlukan kopling dan pemindahan gigi secara manual. Motor jenis ini sangat cocok untuk kondisi jalanan di kota-kota besar Indonesia. Kenyamanan adalah yang diutamakan dalam produksi motor automatic. Bentuk bodynya yang memang didesain sebagai skuter membuat pengendara dapat meletakkan kaki dibagian tengah motor dengan nyaman. Bagian tengah ini didesain lebih luas dari motor cub. Motor jenis ini biasanya memilki teknologi tinggi yang terus dikembangkan namun sayangnya untuk beberapa model tidak dibarengi dengan desain aerodinamis body yang sesuai sehingga memiliki tingkat keseimbangan yang kurang baik. Beberapa model dalam jenis ini juga memiliki ukuran body yang cukup gemuk,sehingga kurang nyaman untuk dipakai menyalip diantara dua mobil atau ketika melewati gang-gang sempit. Kekurangan motor jenis ini adalah penggunaan bahan bakar yang cukup boros. Motor jenis ini yang banyak diminati di Indonesia antara lain; Honda Vario, Yamaha Mio dan Honda Beat.

2. Motor Sport
Motor sport juga merupakan jenis motor yang terpopuler di Indonesia. Keunggulan motor-motor jenis ini adalah desain body yang gahar dan gagah. Jadi wajar kalau motor jenis ini lebih banyak diminati oleh laki-laki. Motor sport tersedia dengan CC yang berkisar antara 150 CC hingga 1400 CC. Motor sport yang populer di Indonesia dan banyak ditemukan dipasaran adalah kelas 150 CC dan 250 CC. Merek-merek paling populer dalam jenis ini adalah Yamaha, Kawasaki dan Honda. Bentuk body yang aerodinamis sangat umum ditemukan pada motor sport. Motor jenis ini sangat cocok bagi kamu yang senang memacu dalam kecepatan tinggi walau sebenarnya tidak terlalu cocok dengan kondisi lalu lintas kota-kota besar yang macet. Perawatan motor sport juga tidak terlalu sulit. Kebanyakan bengkel-bengkel memiliki pelayanan perbaikan dengan jumlah spareparts yang mudah ditemukan di pasaran. Harga motor sport bisa sangat mahal tergantung dengan spesifikasi mesinnya. Namun saat ini, pembelian motor dipermudah dengan sistem kredit sehingga memiliki motor sport yang keren bukan lagi sebuah impian. Untuk kamu yang memiliki jenis motor ini agak benar-benar memperhatikan penggunaan motor kamu dengan baik. Selain dapat membuat performa motor tetap stabil kamu juga dapat mengirit uang untuk perawatan. Motor sport yang banyak dicari di Indonesia antara lain; Yamaha R1, Kawasaki Ninja dan Honda CBR.

3. Motor Cub (Bebek)
Motor jenis ini adalah yang paling populer di Indonesia. Motor cub atau biasa disebut Motor Bebek dapat ditemukan hampir di seluruh pelosok nusantara. Motor ini menawarkan mesin tangguh dengan CC kecil. Motor jenis ini memiliki CC kecil yang rata-rata dibawah 150 CC. Kelebihan motor ini antara lain dari segi body yang kecil sehingga nyaman untuk digunakan kemana-mana. Body yang kecil ini sangat berguna pada jalanan-jalanan di perkotaan yang selalu macet. Motor Cub sangat gesit dan lincah untuk dipakai menyalip diantara dua mobil dan karena Indonesia terutama Jakarta merupakan kota dengan banyak jumlah gang-gang sempit keunggulan body ini menjadi hal yang begitu penting. Merawat motor cub juga tidak sulit. Jasa service dan tune-up sangat mudah ditemukan. Bila mengalami kerusakan dengan bagian-bagian yang harus diganti sparepartsnya cukup mudah ditemukan. Hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara motor jenis ini adalah pengunaan motor yang harus benar-benar dijaga dan di monitor paling tidak seminggu sekali. Silinder yang kecil menjadikan motor ini memiliki performa yang kurang baik. Banyak perusahaan otomotif bersaing mengeluarkan motor cub namun kurang memperhatikan kualitas. Saat ini yang banyak digembar-gemborkan dalam penjualan motor cub adalah efisiensi dan harga yang bersaing dengan sedikit memperhatikan segi kualitasnya. Beberapa motor cub populer di Indonesia antara lain; Suzuki Satria, Honda Supra dan Yamaha Jupiter.


Sumber foto: Naik Motor

4. Motor Retro bike (Motor Jadul)
Selera para pengendara motor itu cukup berbeda-beda. Ada mereka yang senang jenis motor pabrikan dan ada juga orang-orang yang lebih menyenangi jenis motor custom yang klasik. Motor custom biasanya adalah turunan dari retro bike alias motor jadul. Motor tua ini memiliki komponen dan jumlah yang terbatas sehingga jarang sekali ada orang yang menggunakan motor ini untuk keseharian. Salah satu keseruan dari memiliki motor jadul adalah perawatan dan pembentukan ulang. Mereka yang maniak pada dunia otomotif sangat disarankan untuk belajar mengulik mesin dan bodi dari motor-motor jadul. Motor retro juga punya banyak jenis ada jenis cruiser seperti Royal Enfield, jenis skuter seperti vespa sampai jenis motor bebek seperti Honda Super Cub.

5. Motor Touring Bike (Touring)
Meski pada dasarnya setiap motor bisa digunakan untuk touring dunia otomotif hari ini telah mengembangkan jenis motor yang dikhususkan untuk touring. Motor touring sendiri didesain secara spesifik untuk perjalanan jarak jauh yang dilengkapi dengan pelindung cuaca, bagasi antiair, kemudi yang ringan, jok yang empuk dan boncengan yang nyaman. Hari ini ada banyak perusahaan otomotif yang mengeluarkan motor jenis ini. Dari mulai pabrikan Jepang sampai barat. Kalau kamu gemar touring dan traveling mandiri membeli motor jenis ini bisa dipertimbangkan.

6. Motor Off-Road (Trail)
Motor jenis ini sangat jarang ditemukan dijalanan kota-kota besar Indonesia, kenapa? Karena jenis motor ini memang tidak diperuntukkan untuk jalanan kota. Motor off-road biasanya ditemukan di tempat-tempat yang berlumpur dan becek. Motor jenis ini tidak umum digunakan sebagai kendaraan keseharian dan lebih banyak dikendarai sebagai hobi. Namun walaupun begitu motor ini anehnya nyaman untuk digunakan di jalanan kota-kota besar. Hal ini dipengaruhi oleh desain body dan tempat duduk yang didesain sedemikian rupa untuk mengurangi efek benturan. Rangka motor off-road dibuat tinggi dan menyerupai sepeda untuk membuat jarak antara mesin dengan permukaan jalan cukup jauh. Walaupun memilki tingkat kenyamanan yang baik namun motor jenis ini sangat tidak dianjurkan dipakai untuk melakukan perjalanan jauh karena mesinnya mengkonsumsi bahan bakar dengan cepat menjadikannya cukup boros. Perawatan motor jenis ini juga cukup mahal sehingga tidak menjadi pilihan yang baik untuk digunakan sebagai motor sehari-hari bagi kamu yang ingin berhemat.


Sumber foto: Liputan6.com

Nah, itu dia beberapa jenis motor yang awam di Indonesia. Semoga kamu sudah bisa menentukan jenis motor mana yang cocok dimiliki sesuai dengan kebutuhanmu, ya!