Share It
Berita Unik & Terkini

Tips Buka Usaha Angkringan Agar Sukses Meraup Keuntungan
September 26, 2022

Tips Buka Usaha Angkringan Agar Sukses Meraup Keuntungan

Memiliki modal terbatas bukan alasan untuk tidak mencoba berbisnis. Kamu tidak perlu harus menunggu modal besar terlebih dahulu. Karena di jaman sekarang ada banyak bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil. Apalagi jika kita membicarakan tentang bisnis kuliner. Salah satu usaha kuliner yang sangat menjanjikan adalah usaha angkringan di pinggir jalan. Warung angkringan sendiri adalah semacam warung makan yang menggunakan gerobak kayu dan ditutupi dengan terpal yang banyak terdapat di Jogja, Klaten, Solo dan sekitarnya. Namun, sekarang hampir merata di daerah jawa pasti ada warung angkringan. Popularitas bisnis angkringan merambah ke kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti: Bandung, Cimahi, Jakarta, Surabaya, Semarang, Denpasar, Kebumen, Salatiga, Pemalang, dan daerah lainnya. Meskipun bisa dimulai dengan modal kecil, bukan berarti penghasilan yang kamu dapatkan juga kecil. Kamu bisa meraup ungtung berkali-kali lipat dari bisnis ini. Apalagi dengan harganya yang murah kamu bisa menjangkau konsumen dari semua kalangan masyarakat. Lalu bagaimana sih cara memulai bisnis angkringan agar sukses besar?

1. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan target pasarmu
Pemilihan lokasi yang tepat akan mempengaruhi sukses tidaknya kamu dalam membuka bisnis angkringan. Pilihlah lokasi usaha angkringan yang dekat dengan pangsa pasar yang ada. Misalkan membuka warung angkringan di dekat terminal, dekat pasar, sekitar permukiman warga yang padat penduduk, sekitar kost-kostan karyawan dan mahasiswa, dekat pusat perkantoran, sekitar kampus, dan tempat wisata. Membuka angkringan di pedesaan pun juga sangat menjanjikan loh. Apalagi jika lokasi desa kamu merupakan jalur antar kota. Warung angkringan kamu pasti akan menjadi tempat singgah pengendara yang berlalu lalang melewati desa anda. Misal, targetmu ialah mahasiswa atau karyawan, maka bukalah angkringan di sekitar kampus atau wilayah kos-kosan. Kalau memang belum ada lahan kosong, kamu bisa membuka angkringan di pinggir jalan yang memang diizinkan untuk jualan. Biar nggak kena garuk petugas, pastikan kamu sudah mengantongi izin usaha, ya!

2. Menentukan konsep angkringan, mau dibuat sederhana atau kekinian
Kalau mau sederhana, kamu hanya perlu menyiapkan gerobak kayu dengan tutup terpal saja. Misal masih ada lahan siapkan juga tiker biar bisa dipakai duduk lesehan. Kalau mau dibuat kekinian kamu bisa sediakan wifi gratis atau mengadakan hiburan musik akustik setiap minggunya. Memang sih lebih effort, tapi cara ini akan membuat banyak anak muda tertarik lo! Akan lebih baik jika konsep angkringan kamu memiliki suasana ala anak muda jaman sekarang sehingga bisa menjadi tempat nongkrong yang mengasyikkan. Misalnya konsep angkringan kafe dengan berbagai fasilitas lengkap seperti wifi dan televisi besar. Memang butuh modal yang cukup besar, namun semua itu akan terbayarkan dengan kedatangan banyak pengunjung nantinya. Akan tetapi, jika modal yang kamu miliki terbatas kamu bisa menjalankan warung angkringan sederhana terlebih dahulu.


Sumber foto: Phinemo.com

3. Beli barang yang akan dipakai buat buka angkringan
Bagi kamu yang mau buka usaha angkringan gaul di daerah kamu pastinya bertanya-tanya,”Berapakah modal usaha yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha angkringan dari nol sampai berdiri?” Berdasarkan pengalaman para pelaku usaha dalam bisnis ini, modal usaha angkringan tidak terlalu besar. Dengan modal kecil di bawah Rp 5 jutaan pun kamu sudah dapat membuka bisnis angkringan gaul yang sederhana.

Berikut ini rincian biaya modal usaha yang harus dipersiapkan untuk membuka warung tenda angkringan :

- Gerobak angkringan : Rp 2.500.000
- Terpal ukuran lebar : Rp 300.000
- 2 Teko plastik : Rp 30.000
- 3 Tempat sampah : Rp 30.000
- 2 Ember : Rp 40.000
- Termos es : Rp 80.000
- Teko/ceret : Rp 30.000
- Wajan penggorengan : Rp 120.000
- Kompor gas : Rp 350.000
- Gas elpiji : Rp 170.000
- Nampan dan keranjang : Rp 75.000
- Sendok dan garpu : Rp 60.000
- Piring besar : Rp 55.000
- Piring kecil : Rp 45.000
- 2 lusin gelas : Rp 60.000

Total : Rp 3.945.000

4. Uahakan ada menu spesial di angkringanmu
Sebenarnya, makanan dan minuman di angkringan sangatlah beragam. Tapi biar angkringanmu punya ciri khas cobalah buat menu khusus misalnya nasi sambel pete atau kalau memang nggak mau menghadirkan menu yang beda kamu bisa membuatnya makanan dengan rasa yang khas misal sambal teri masak lombok ijo. Sebenarnya banyak kok triknya tinggal pilih saja mana yang benar-benar khas.

5. Tetap perhatikan kebersihannya
Nggak perlu bagus, tapi usahakan gerobakmu tetap bersih dan nggak ada sampah berserakan. Sampah yang bertebaran bisa mengganggu kenyamanan pelanggan. Hal ini bisa membuat mereka berpikir dua kali untuk balik lagi. Usahakan juga area jualanmu bebas dari tikus dan kecoa yang sering berkeliaran di jalan-jalan.


Sumber foto: WisataHits

Itulah ulasan tentang usaha angkringan yang nyatanya sangatlah menjanjikan. Jika kamu tertarik, cobalah untuk melakukan perencanaan usaha terlebih dahulu agar bisnis kamu lancar kedepannya. Selamat mencoba.