Share It
Berita Unik & Terkini

Keindahan Madakaripura, Air Terjun Abadi di Probolinggo
September 21, 2022

Keindahan Madakaripura, Air Terjun Abadi di Probolinggo

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Madakaripura ditempatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Dengan tinggi sekitar 200 meter, air terjun ini juga menjadi tertinggi kedua di Indonesia. Madakaripura Probolinggo memiliki panorama alam indah yang bisa menghipnotis banyak pasang mata. Gemuruh suara derasnya air terjun seolah menjadi backsound utama kala kamu berlibur ke wisata Probolinggo satu ini. Sejumlah daya tarik yang dimiliki, membuat Air Terjun Probolinggo satu ini termasuk destinasi wisata rekomended di Probolinggo.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura
Harga tiket masuk Air Terjun Madakaripura saat ini mematok tarif sebesar Rp22.000 per orangnya. Biasanya pengunjung nantinya akan ditawari untuk menggunakan jasa pemandu guna bantu membawakan barang-barang. Biasanya jasa guide lokal tersebut tidak mematok biaya tertentu kamu bisa memberikan imbalan seikhlasnya.

Rute Lokasi dan Alamat
Lokasi Air Terjun Madakaripura terletak di lereng Gunung Bromo dengan ketinggian sekitar 1000an meter diatas permukaan laut. Menjadi salah satu air terjun yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan sejumlah view indahnya. Alamat Air Terjun Madakaripura berada di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Keberadaan air terjun paling tinggi di Pulau Jawa ini berjarak sekitar 38 km dari pusat kota Probolinggo atau alun-alun. Air Terjun ini juga mendapat julukan sebagai air terjun abadi. Destinasi wisata alam yang telah dibuka sejak tahun 1991. Kawasan Air Terjun yang berada di kaki Gunung Bromo diyakini sebagai tempat pertapaan Gajah Mada. Rute dari pusat Kab. Probolinggo juga lebih dekat sekitar 1 jam berkendara. Sedangkan jika memilih dari Pasuruan bisa mencapai 2 jam lebih.


Sumber foto: TripAdvisor

Fasilitas
Fasilitas Air Terjun Madakaripura di Probolinggo antara lain:

- Lahan parkir luas
- Pusat informasi
- Jasa local guide
- Kamar mandi
- Air bersih
- Mushola
- Warung
- Rumah makan
- Area bersantai
- Spot foto menarik

Ciptakan pengalaman liburan mengesankan dengan explore alam di Madakaripura bersama teman, keluarga hingga orang-orang tercinta. Kamu bisa bersantai dan bermain air disini untuk merasakan kealamian serta kesegarannya. Air terjun ini berada di lereng Gunung Bromo pada ketinggian 1000 mdpl. Hawanya yang sejuk berpadu dengan hijaunya suasana alami. Panorama air yang jatuh melewati tebing vertikal berselimut tumbuhan hijau begitu memesona. Madakaripura dijuluki sebagai air terjun abadi karena debit airnya selalu melimpah meskipun pada musim kemarau. Kondisi airnya pun selalu jernih dan segar terasa bagaikan gerimis yang membasahi seluruh ngarai. Air mengalir di antara dua dinding tebing bebatuan yang seolah mencegah tembusnya sinar matahari.

Spot Terbaik di Air Terjun Madakaripura
Kekhasan dari Air Terjun Madakaripura adalah bentuk tebing di sekelilingnya yang menyerupai ceruk. Ceruk dan bukit ini membuat wisatawan seolah berada di dalam botol. Guyuran air di air terjun ini tidak hanya berjumlah satu tetapi hampir merata di semua bagian tebing. Hal tersebut membuat guyuran air menyerupai rintik hujan yang terkadang membentuk pelangi. Air tidak hanya di air terjun utama tetapi juga dari tepian tebing yang menyempit. Beberapa diantaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi setidaknya empat air terjun pendamping. Aktivitas renang dipersilakan bagi wisatawan yang kuat untuk berenang. Di bagian terujung, kedalamanya mencapai 6 – 7 meter. Sehingga wisatawan yang berenang sebaiknya berpegangan pada balok kayu yang ditempatkan sebagai pelampung. Saat hari mulai gelap dan berawan diberlakukan larangan menuju air terjun. Hal ini karena datangnya hujan dan air bah dari hulu seolah tidak bisa diprediksi. Selain rawan banjir Air Terjun Madakaripura juga rawan longsor karena penuh dengan tebing curam.


Sumber foto: Tribunnews.com

Demikian ulasan singkat Wisata Air Terjun Madakaripura yang menjadi tertinggi Pulau Jawa dan paling tinggi kedua di Indonesia. Semoga bermanfaat.