Share It
Berita Unik & Terkini

6 Kebiasaan Buruk Yang Dilahirkan Teknologi Modern
September 21, 2022

6 Kebiasaan Buruk Yang Dilahirkan Teknologi Modern

Teknologi modern adalah industri yang mempunyai pengaruh global, mempengaruhi hampir keseluruhan dari segi kehidupan manusia dan masyarakat. Teknologi memiliki ketertarikan yang lebih efisien ketimbang ilmu pengetahuan. Teknologi bisa menjebakmu ke dalam kebiasaan yang bikin kamu terlihat orang yang gak peduli, pemalas, bahkan tak memedulikan keselamatan diri. Sebaiknya kamu atasi 6 kebiasaan jelek yang lahir dari teknologi ini:

1. Lebih Memilih Memotret Daripada Menikmati Momen
Lihat sunset dari tepi pantai emang indah. Tapi jika kamu gak menikmatinya langsung, otak kamu gak akan mengingat indahnya warna keemasan yang melukis langit petang itu. Iya sih, dengan kamera smarphone kamu bisa mengabadikan pemandangan itu. Tapi ponsel bukanlah penangkap gambar yang sempurna. Justru memori otak kita yang bisa merekamnya dengan baik. Sebuah riset menunjukkan kalau orang yang suka mengambil gambar sebuah karya seni gak akan tertarik untuk memikirkan bagaimana karya itu dibuat. Sementara orang rela mantengin lukisan berjam-jam akan berusaha memahami usaha keras dari sang artis.

2. Gak Lepas Dari Social Media Saat di Meja Makan
Hampir setiap orang pernah melakukan atau melihat orang melakukan ini, sibuk baca WA, Twitter, update di Path, ngetawain foto di Facebook padahal kamu lagi bersama orang lain di meja makan. Nyatanya, kehadiran ponsel pintar dan gadget lain di atas meja makan bisa membawa efek negatif bagi hubunganmu dengan orang lain. Jika kamu punya teman (atau kamu sendiri) yang suka nge-cek status Facebook, skor pertandingan bola atau Like Instagram-nya padahal kalian lagi makan bareng, maka kalian harus cobain permainan ‘Tumpukin Ponsel’. Susun ponsel kalian bertumpuk di tengah meja yang duluan ngambil ponsel harus traktir teman-temannya yang lain.

3. Nge-cek Notifikasi Pas Lagi Kerja
Studi menemukan bahwa pekerja kantor teralihkan perhatiannya dari kerjaan sekitar 6 kali dalam satu jam. Walaupun cuma sebentar-sebentar, gangguan semacam itu ternyata sangat mempengaruhi kualitas kerja kamu. Jika kamu sedang banyak tugas dan dikejar deadline coba log out dari semua media sosial, aplikasi chat, dan permainan di ponsel kamu. Bikin ponsel kamu jadi silent atau matikan jika perlu. Dijamin kerjaan kamu makin lancar.


Sumber foto: Viapulsa

4. Tidur Bareng Smartphone
Gak hanya membuat kamu begadang hingga malam, berkutat dengan smartphone juga merusak kualitas tidurmu dan akhirnya mengganggu kualitas kerja di keesokan harinya. Cobalah untuk tidur tanpa kehadiran peralatan canggih atau internet. Matikan ponsel kamu kalau perlu simpan di ruangan berbeda. Kalau takut bangun telat, gunakan alarm dari jam weker.

5. Nonton Serial Maraton
Mungkin kamu baru sadar kalau ada serial TV oke berjudul Breaking Bad dan berhubung udah gak disiarin lagi di TV kamu berniat nonton season pertama hingga season terakhirnya lewat internet. Sial, serial TV itu bagus banget dan kamu pun nggak bisa berhenti nonton. Malam besoknya kamu baru ingat kalau kamu udah lama gak nonton Running Man belum lagi Game of Thrones yang lagi seru-serunya.

6. Main Smartphone Sambil Jalan
Gak hanya bikin orang yang kamu tabrak jadi kesal, kamu juga ketinggalan dengan dunia yang sebenarnya. Dunia itu berputar di sekitar kamu bukan di ponsel pintarmu. Jadi waktu kamu jalan, simpan ponsel di saku atau tas. Siapa tahu yang kamu lihat di sekitarmu bisa lebih menarik daripada meme kucing di ponselmu? Daripada gak henti-hentinya nge-post di media sosial atau nonton semalam suntuk, mending kamu perhatikan kesehatan, produktivitas dan hubungan kamu dengan orang yang kamu sayangi.


Sumber foto: Reliable Plant

Di zaman yang modern ini, orang-orang mengandalkan kesuksesan bisnis mereka dengan mempromosikannya lewat internet. Seperti yang kita tahu ketika kita membuka internet ada saja iklan bisnis yang terpampang pada halaman internet. Manfaatkanlah kemajuan teknologi dengan hal-hal yang positif saja bukan hal-hal negatif. Pedulilah dengan lingkungan sekitar karena dimulai dari kepedulian terhadap sesamalah kita dapat mengerti arti dari kehidupan. Semoga bermanfaat.