Share It
Berita Unik & Terkini

Air Terjun Putuk Truno Prigen dan Kisah Cinta Abadi Dibalik Keindahannya
September 19, 2022

Air Terjun Putuk Truno Prigen dan Kisah Cinta Abadi Dibalik  Keindahannya

Putuk Truno adalah satu dari sekian banyak tempat wisata menakjubkan yang dapat kamu explore beragam keindahannya. Tempat wisata di Pasuruan Jawa Timur ini menyajikan air terjun berbalut hutan yang asri dengan view alam luar biasa. Air Terjun Putuk Truno memiliki kawasan yang masih terjaga keasliannya, tak heran jika udara disini sangat sejuk. Pemandangan sekitar Putuk Truno Pasuruan pun nampak memikat dan seakan menghipnotis banyak pasang mata dari pengunjung.

Harga Tiket Masuk Putuk Truno
Harga tiket masuk Putuk Truno sangat terjangkau dan pastinya ramah dikantong pengunjung, yakni hanya Rp5.000 per orangnya. Disamping itu kamu juga harus membayar retribusi parkir kendaraan, sesuai tarif yang berlaku di Air Terjun Putuk Truno. Ketentuan biaya tiket masuk daya tarik wisata Putuk Truno bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Namun satu yang pasti, berlibur di Putuk Truno Pasuruan tak akan membuat kantong kamu jebol. Kamu bisa berkunjung kesini sesuai dengan jam operasional wisata yang berlaku, yaitu pukul 08.00 – 16.00 WIB. Kami sarankan agar kamu datang kesini ketika hari masih cerah untuk dapatkan suasana sejuk yang bikin betah.

Lokasi dan Alamat
Lokasi Air Terjun Putuk Truno berada di Tretes, Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya berdampingan dengan Air Terjun Kakek Bodo, yakni sekitar 2 km saja jaraknya. Rute menuju lokasi Air Terun Putuk Truno jika bergerak dari Surabaya akan melewati Masid Cheng Ho, setelah menemukan persimpangan jalan belok ke kanan menuju Tretes. Tak jauh dari persimpangan jalan tersebut kamu akan menemukan perempatan, ambil ke arah kiri. Jalan yang dilalui sudah beraspal dan sangat mulus. Setelah melewati Taman Candra Wilwa Tikta, kamu akan melalui jalan yang terus menanjak. Namun pemandangan di sepanjang jalan sangat sejuk dan asri.


Sumber foto: Wisatainfo

Fasilitas
Berikut ini fasilitas Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan yang diantaranya adalah:

- Tempat parkir kendaraan pengunjung
- Pusat informasi wisata
- Toilet umum
- Mushola
- Fasilitas air bersih
- Warung makan
- Saung
- Spot foto menarik

Nikmati aneka suguhan menarik yang Putuk Truno tawarkan untuk kamu para pengunjung. Jelajah indahnya alam Air Terjun Putuk Truno Prigen dengan berjalan-jalan dan rasakan sendiri kealamian yang sesungguhnya. Rasakan juga kesegaran air terjun di Putuk Truno dengan bermandian di bawah derasnya. Kolam kubangan tepat dibawah air terjunnya tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk bermain.

Legenda Air Terjun Putuk Truno
Ternyata Air Terjun Putuk Truno menyimpan kisah cinta yang begitu kuat dan dalam. Kisah tersebut merupakan kisah cinta Joko Taruno kepada Sri Gading Lestari. Cintanya tersebut ternyata mendapatkan perlawanan dari sang ayah perempuan yang bernama Raden Arya Wiraraja, beliau merupakan seorang adipati Madura. Raden Arya Wiraraja menentang keras kisah cinta mereka lantaran Joko Taruno bukanlah seorang bangsawan, dia hanyalah seorang anak selir. Berbagai cara telah dilakukan oleh Raden Arya Wiraraja untuk memisahkan putrinya dari Joko Taruno. Yakni dengan menyembunyikan Sri Gading di sebuah tempat kemudian memagarinya dengan pagar gaib supaya mereka tidak pernah bertemu. Tempat tersebut kemudian dikenal dengan nama Coban Baung, Coban artinya air terjun dan Baung berarti suara harimau. Karena konon katanya di waktu-waktu tertentu sering terdengan aungan harimau di air terjun tersebut.

Spot Terbaik di Putuk Truno
Selain bermain dan juga bersantai, aktivitas seru yang jangan sampai kamu lewatkan selama liburan di Putuk Truno adalah berfoto-foto. Kegiatan berfoto tentu saja bertujuan untuk merekam setiap momen yang terjadi agar pengalaman kali ini tak akan terlupakan. Menjadikan berbagai latar belakang panorama alam mempesona ketika selfie, foto bersama hingga mereka video. Spot terbaik di Putuk Truno yang favorit dimanfaatkan sebagai background foto tentu saja adalah air terjunnya.


Sumber foto: Backpacker Jakarta

Keindahan alam Air Terjun Putuk Truno memang sangat mempesona, destinasi wisata yang cocok untuk mengajak serta seluruh anggota keluarga. Dapatkan kesan berlibur yang bahagia dengan eksplorasi indahnya Putuk Truno dengan segudang daya tariknya.