Share It
Berita Unik & Terkini

7 Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah
September 19, 2022

7 Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Mungkin awalnya terasa menyenangkan bisa di rumah saja untuk beristirahat dari segala kesibukan dan rutinitas yang ada. Namun, setelah sekian lama hanya di rumah saja, tentu sebagian besar dari kita, apalagi bagi yang sudah terbiasa aktif di luar rumah, mulai merasa bosan atau jenuh. Tiduran di kasur salahsatunya. Nah, daripada waktumu habis hanya untuk kegiataan yang tidak bermanfaat seperti, alangkah baiknya kamu lakukan saja olahraga di rumah. Tanpa perlu panas-panasan di lapangan, kalorimu bisa terbakar hanya dengan gerakan sederhana sembari tiduran. Penasaran? Simak Yuuk!

1. Menggerakkan kakimu secara tegak lurus
Kamu pengen kurus tapi malas beranjak dari kasur? Tenang, sekarang kamu bisa olahraga ringan sembari tidur kok. Caranya rebahkan tubuhmu di kasur tanpa bantal, letakkan kaki dan tanganmu sejajar dengan badan. Lalu angkat kakimu jadi tegak lurus, kemudian turunkan lagi tanpa menyentuh kasur. Lakukan gerakan seperti gunting ini secara berulang. Dengan gerakan ini, lemak di perutmu bisa menyingkir dan betismu juga bisa lebih kecil. Nggak heran lama kelamaan tubuh kurus juga bisa kamu dapat.

2. Gerakan senam di ranjang
Caranya, miringkan tubuh, tahan kepala dengan tangan dan pastikan kedua kakimu bertumpuk seperti pada gambar. Lalu buka dan tutup kakimu dengan mengangkat lutut. Tapi usahakan telapak kaki masih bersatu ya. Lakukan hingga 8 hitungan, lalu istirahat, dan ulangi lagi. Dengan gerakan ini, kalori tubuhmu bisa terbakar tanpa harus capek-capek keluar rumah. Selain itu, agenda tiduranpun bisa menjadi lebih menyehatkan.


Sumber foto: Alva Water Indonesia

3. Tengkurapkan perut dan kakimu di atas kasur
Tengkurapkan perut dan kakimu di atas kasur. Kemudian angkat dada dan kepala, lalu letakkan siku dan telapak tanganmu di atas kasur. Nah, dalam posisi ini, gerakkan kakimu tegak lurus ke atas seperti pada gambar. Lakukan secara bergantian sebanyak 8 kali. Tanpa susah payah keluar rumah, lemak perutmu bisa terbakar dan kakimu bisa lebih jenjang hanya dengan senam sederhana di atas ranjang.

4. Rebahkan tubuh dan lipat kakimu tegak lurus
Olahraga itu tak melulu harus dilakukan di luar ruangan kok, sekarang kamu bisa melakukannya sembari tiduran di atas kasur. Caranya gampang, pertama-tama kamu rebahkan tubuh dan lipat kakimu tegak lurus. Lalu letakkan tanganmu di bawah punggung. Nah, pada posisi ini, ambil nafas, dan angkat pantatmu setinggi mungkin. Tahan selama 10 detik. Ulangi hingga 8 kali. Dengan gerakan ini, perutmu bisa lebih rata dan lemak tubuhmu pun terbakar. Impian untuk mendapatkan tubuh singset walau hanya di atas kasur bisa menjadi kenyataan. Kamu berniat mencobanya?

5. Gerakan mengayuh sepeda
Banyak orang yang malas melakukan olahraga karena ribetnya saat panas-panasan di luar ruangan. Tenang, itu dulu! Sekarang kamu bisa melakukan olahraga di atas kasur kok. Caranya rebahkan tubuh dan luruskan tanganmu dengan relaks. Lalu angkat kakimu dan lakukan gerakan mengayuh. Lakukan gerakan mengayuh ini selama 30 detik ya. Dengan cara ini, acara rebahan di kasur bisa lebih bermanfaat, karena lemak juga bisa terbakar. Nggak heran, kaki lebih jenjang dan penampilanmu jadi lebih maksimal.

6. Gerakan tengkurap
Keseringan tidur atau hanya guling guling di kasur sering bikin kamu di cap sebagai pemalas. Nah, agar hal ini tidak menimpamu lagi, manfaatkan momen malasmu untuk berolahraga di rumah. Gerakannya nggak ribet kok. Kamu hanya cukup tengkurapkan badan. Lalu ambil nafas dan letakkan telapak tangan di permukaan kasur dan angkat dadamu hingga posisi ular kobra. Hembuskan nafas perlahan dan tahan posisi ini selama 8 hitungan. Setelah itu rebahkan badan lagi dan ulangi gerakan ini 4 kali. Kamu juga bisa melakukan gerakan ini saat bangun tidur.

7. Merentangkan tangan dan goyang kaki ke kiri dan ke kanan
Caranya mudah kok, rentangkan tanganmu sembari merebahkan badan. Lalu lipat kaki ke kanan dan ke kiri. Ulangi hingga 8 kali. Nah, gerakan olahraga di rumah ini bisa bikin lemakmu terbakar tanpa harus susah payah panas-panasan di luar ruangan.


Sumber foto: Grid.ID

Olahraga itu tak harus di lapangan, menggunakan alat berat atau sewa kolam renang. Sekarang kamu bisa melakukannya di dalam rumah seperti di kasur atau ranjang. Itulah informasi seputar olahraga ringan yang bisa kamu praktekan dirumah. Selamat mencoba.