Share It
Berita Unik & Terkini

Cobalah Sesekali Olahraga Ekstrem Ini yang Bakal Bikin Adrenalin Kamu Terpacu!
September 19, 2022

Cobalah Sesekali Olahraga Ekstrem Ini yang Bakal Bikin Adrenalin Kamu Terpacu!

Mungkin olahraga sudah menjadi gaya hidupmu saat ini. Olahraga memang baik buat kesehatan, apalagi jika kamu rutin melakukannya. Seperti lari-lari kecil atau jogging di setiap Minggu pagi, lari sore, futsal, dan berbagai olahraga yang masih bisa kamu jangkau di sekitar lingkunganmu. Tapi tahukah kamu bahwa ada banyak sekali olahraga yang nggak cuma menyehatkan tubuh, tapi bisa membuatmu jantungan? Berikut 7 olahraga alam yang bisa memacu adrenalinmu meningkat pesat. Mari, simak!

1. Free Solo Climbing, olahraga sejenis bouldering yang penuh tantangan. Jangan mencobanya kalau kamu belum pernah simulasi atau latihan!
Secara umum, free solo climbing hampir sama dengan bouldering, hanya berbeda pada track yang lebih tinggi. Olahraga ini merupakan bentuk murni dari panjat tebing (Pure form of Climbing), karena olahraga ini nggak pakai peralatan apapun. Kalau panjat tebing memiliki track vertikal, maka bouldering dan free solo climbing ini memanjat tebing dengan arah horisontal atau diagonal.

2. Berakrobatik menggunakan seutas tali. Tapi olahraga highlining berjalan di seutas tali dengan ketinggian yang bisa kamu lakukan kalau punya nyali
Highline ini merupakan perkembangan olahraga dari sackline. Secara mendasar, highlining ini sama dengan sackline, cuma bedanya pada kegiatan ini seutas tali ditambatkan pada dua tebing atau tampat dengan ketinggian yang memiliki ruang terbuka di bawahnya. Biasanya kegiatan ini dilakukan di antara tebing atau gedung bertingkat. Kamu cuma perlu berjalan di seutas tali tersebut, tapi dengan menggunakan pengaman tubuh (sit harness) dan pengaman berupa tali (leash). Olahraga ini membutuhkan keterampilan dalam tali temali. Buat kamu yang biasa climbing, akan dengan mudah untuk melakukan highlining, sebab pada dasarnya olahraga ini membutuhkan keterampilan dalam climbing juga. Berani mencoba? Tenang, risiko yang akan kamu terima nggak seekstrem Free Solo Climbing kok.


Sumber foto: Halodok

3. Berselancar di dalam gulungan monster ombak di lautan lepas. Nggak mudah buat bisa bebas!
Sama halnya dengan surfing biasa, kamu bisa melakukannya di pantai yang biasa kamu kunjungi. Big wave surfing ini berselancar dengan gulungan ombak setinggi hampir 6,2 meter. Buat kamu yang biasa berselancar di pantai, mungkin menunggu hantaman ombak yang nggak setinggi itu untuk bermain di laut. Nah, itulah serunya bermain selancar dengan gulungan ombak yang sangat tinggi.

4. Snorkeling sih sudah biasa. Coba deh menyelam hingga dasar laut dan masuk ke goa laut. Berani?
Olahraga atau petualangan yang memacu adrenalin memang sudah banyak dan biasa kamu lakukan, seperti mendaki gunung, menjelajah gunung, panjat tebing, dan sebagainya. Tapi, kalau menurutmu olahraga ini kurang greget, cobalah cave diving! Menyelam di dasar laut memang sudah cukup mengerikan, tapi cave diving ini berbeda. Teknik dari olahraga menyelam ini berorientasi pada eksplorasi goa di dalam laut!

5. Cobalah untuk terjun bebas dari ketinggian yang nggak biasa. Bungee jumping akan bikin jantungmu berdetak lebih cepat dari sebelumnya!
Olahraga ekstrem ini lahir di tanah Amerika pada tahun 1979 oleh Dangerous Sports Club. Meski awalnya olahraga ini dilarang oleh pemerintah dan pihak berwajib, tapi akhirnya pada tahun 80an olahraga ini mulai diminati banyak orang yang memang suka memacu adrenalin yang berlebihan. Kalau kamu mau mencoba olahraga ini, nggak masalah dan nggak perlu takut! Sebab olahraga ini mengandalkan peralatan yang canggih dan aman. Hanya dengan perlengkapan inilah para pecinta ketinggian bisa menyalurkan hobinya di bungee jumping. Kamu bisa melakukan olahraga ini di Bali, karena di sanalah banyak sekali spot yang menyediakan ‘wisata’ bungee jumping ini.


Sumber foto: Booking.com

Nah, itu dia olahraga ekstrem yang bisa meningkatkan adrenalinmu dengan pesat. Mau mencobanya? Jangan lupa latihan dan selalu gunakan safety equipment, ya! Selamat memacu detak jantungmu, ya! Masa masih olahraga yang biasa-biasa aja?