Share It
Berita Unik & Terkini

Keindahan Surganya Para Nelayan Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul Jogja
September 18, 2022

Keindahan Surganya Para Nelayan  Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul Jogja

Yogyakarta bukan hanya terkenal dengan sejarah, budaya, dan seninya. Tetapi kota Jogja ini juga banyak menyimpan tempat wisata yang menarik dan unik yang sangat menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu wisata yang saat ini menjadi pilihan utama wisatawan untuk menghilangkan penat dan untuk menghabiskan waktu libur adalah pantai. Salah satu pantai yang dibahas yaitu Pantai Sadeng. Pantai Sadeng merupakan salah satu obyek wisata alam pantai yang ada di daerah Gunung Kidul. Pantai ini sering disebut juga dengan sebutan surga bagi para nelayan. Banyak wisatawan yang berkunjung dari wisatawan lokal sampai ke wisatawan asing. Awal dari Pantai Sadeng disebut sebagai surganya para nelayan yaitu datangnya para nelayan Gombong yang membangun perkampungan nelayan pada tahun 1983. Namun, setelah 35 tahun berlalu perkampungan nelayan tersebut telah berkembang pesat dan banyak dikunjungi para wisatawan. Selain adanya pelabuhan ikan dulu lokasi Pantai Sadeng juga merupakan muara sungai Bengawan Solo Purba. Di Pantai Sadeng ini kamu dapat melihat aktivitas para nelayan. Aktivitas para nelayan yaitu ada nelayan yang sedang membersihkan perahu, ada juga nelayan yang membawa hasil tangkapan ikan, lalu ada juga yang menggiling es untuk mengawetkan ikan. Kamu juga dapat melihat bagaimana proses pelelangan ikan.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng
Untuk menikmati setiap pesona yang ditawarkan kamu wajib membayar harga tiket masuk Pantai Sadeng sebesar 5 ribu rupiah. Di tambah dengan uang parkir yang akan dikenakan 10 ribu rupiah untuk mobil dan 5 ribu rupiah bagi kamu yang membawa kendaraan bermotor.

Alamat Dan Rute Lokasi
Alamat Pantai Sadeng terletak di Desa Song banyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883. Menuju ke objek wisata ini kurang lebih 80 km dari kota Yogyakarta atau membutuhkan waktu kurang kebih 1 jam 30 menit. Rute menuju Pantai Sadeng Bila kamu memulainya dari Kota Yogyakarta maka arahkan kendaraan menuju ke jalan Wonosari, Pathuk, Sambipitu , Gading, Siyono. Lalu ke arah jalan Baron, Desa Mulo, Bintaos, kemudaian, masuk ke Tepus. Jalan menuju Pantai Sadeng ternyata tidak hanya malalui Yogyakarta saja tetapi kamu juga bisa menempuhkan dari kota lain seperti Klaten dan juga Solo. Nah, bagi kamu yang berada di daerah Klaten tidak usah khawatir karena menuju ke titik lokasi.


Sumber foto: KSMTour.com

Spot Wisata Pantai Sadeng

1. Kampung Nelayan
Lokasi wisata Pantai Sadeng memang terkenal dengan kampung nelayannya. Pada tahun 1983 banyak nelayan dari Gombong yang berkunjung ke sini dan mendirikan perkampungan ini. Tidak hanya itu saja, disini kita juga bisa melihat pelabuhan ikan terbesar di Kota Jogja. Seluruh aktifitas nelayan mulai dari pelelangan ikan, mengisi bahan bakar hingga pemberangkatan bisa kita lihat disini. Pelabuhan ini pun semakin mengesankan dengan hadirnya mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar ini berfungsi sebagai petunjuk para nelayan yang sedang melakukan aktifitas di malam hari. Maklum saja, perahu nelayan masih tradisional sehingga belum adanya lampu khusus untuk menerangi mereka.

2. Memancing
Tidak hanya berenang dan bermain pasir putih seperti yang bisa kita lakukan disini dan kita juga akan disuguhkan dengan spot memancing yang terletak di dekat pelabuhan. Spot ini dihuni oleh ikan-ikan seperti: tuna, kakap, kerapu dan masih banyak lagi. Kamu bisa duduk dan menunggu ikan-ikan ini tertangkap oleh kail kamu setelah itu kita bisa menikmati atau membawanya pulang. Mau yang lebih menantang lagi? kita bisa menyewa perahu nelayan dan ikut kegiatan mereka memancing di lautan lepas atau berputar-putar mengelilingi sepanjang pantai di Gunung Kidul. Pengalaman ini bisa kamu nikmati jika kamu membayar uang kurang lebih 500 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Penentuan harga ini tergantung dari perahu yang digunakan. Semakin bagus semakin mahal pula harga sewa yang harus di bayar.

3. Telaga Suling
Objek wisata ini memang terlihat mengesankan karena kehadiran dari Telaga Suling ini. Beberapa warga sekitarpun percaya bila telaga ini merupakan sisa aliran air dari Sungai Bengawan Solo Purba. Ternyata cerita warga ini bukanlah hisapan jempol semata. Ada perbukitan kapur yang yang memanjang. Terdapat dua buah membentuk memanjang dimana tengahnya terdapat sebuah lembah yang saat ini sudah beralih fungsi menjadi ladang palawija yang saat ini tumbuh sangat subur.

4. Wisata Kuliner
Sudah jauh-jauh mencapai pantai Sadeng dengan ikan-ikannya yang melimpah membuat kamu wajib menikmati berbagai macam menu makanan berupa sajian olahan laut mempunyai cita rasa yang membuat anda melayang-layang ke udara. Kamu juga bisa menggunakan ikan yang sudah kamu beli dari dari tempat pelelangan untuk menjadi santapan kamu. Harganya pun cukup murah dan bersahabat di kantong. Ada berbagai macam olahan yang bisa kita pilih. Mulai dari bakar dan juga goreng. Ada saus asam manis, rica-rica atau hanya goreng mentega. Seluruh makanan ini akan berpadu dengan sempurna dengan nasi putih hangat berserta lalapannya. Menariknya lagi, kamu tidak hanya bisa menyantap menu makanan yang lezat tetapi juga bisa menikmati seluruh kegaiatan di pelabuhan dengan view nan menawan. Jadi, akan sangat merasa rugi jika kamu tidak mencobanya.

Selain itu ada juga wisata kuliner di Pantai Sadeng ini. Kuliner yang terkenal di Pantai Sadeng ini yaitu Aneka seafood yang sangan lezat dan cocok dinikmti ketika kamu sedang berwisata di Pantai Sadeng ini. Menikmati lezatnya seafood bersama keluarga juga sangat cocok sambil melihat pemandangan laut dan melihat pelabuhan yang masih harmoni. Makanan yang dijual di Pantai Sadeng relatif murah, jadi wisatawan yang ingin menikati makanan tersebut silahkan berkunjung ke Pantai Sadeng. Di Pantai Sadang juga terdapat spot-spot memancing yang ada di dekat dermaga. Bagi wisatawan yang sangat hobi memancing obyek wisata Pantai Sadeng sangat cocok untuk dikunjungi. Hal tersebut yang menjadi daya tarik para wisatawannya.


Sumber foto: WidyaLoka Wisata

Perjalanan menuju Pantai Sadeng tidaklah sulit, berbagai angkutan telah tersedia mulai dari angkutan yang bersifat pribadi alias ojek sampai angkutan umum alias minibus. Dari pusat kota Wonosari kita langsung ke arah Semanu dilanjutkan ke Rongkop dan akhirnya kita mencapai kecamatan Girisubo, Pantai Sadeng. Kenyamanan perjalanan tidak perlu diragukan karena jalanan sudah diaspala dari Wonosari hingga ke Pantai Sadeng. Perjalanan dari Wonosari hingga Pantai Sadeng akan menjadi perjalanan penuh romantika, jalanan yang naik turun dengan selingan tikungan tajam dan perbukitan yang terus menjadi teman perjalanan sampai pada di titik akhir di Pantai Sadeng.

Kamu tertarik untuk berkunjung di Pantai Sadeng? Nah, nunggu apa lagi gak pakai lama segerakan agenda liburan kamu berikutnya untuk menikmati Pantai Sadeng. Semoga bermanfaat.