Share It
Berita Unik & Terkini

Daya Tarik Memikat Wisata Kebun Raya Purwodadi
September 17, 2022

Daya Tarik Memikat Wisata Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi adalah sebuah kebun penelitian besar yang terletak di Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Kebun ini merupakan salah satu dari 3 cabang Kebun Raya Indonesia yang memiliki tugas dan fungsi mengkoleksi tumbuhan yang hidup di dataran rendah kering. Melestarikan keanekaragaman jenis tumbuhan yang terancam kepunahan serta pemulihan lahan-lahan tergradasi. Menjadikannya juga sebagai tempat wisata Pasuruan yang rekomended untuk kamu explore dan temukan berbagai manfaat di dalamnya.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi
Untuk bisa berwisata disini kamu sama sekali tak perlu keluar banyak biaya. Harga tiket masuk Kebun Raya Purwodadi sangat ramah dikantong, Rp15.500 saat weekday dan Rp28.000 ketika weekend. Ketentuan biaya tiket tersebut berlaku sama untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Akan tetapi tarif tiket Kebun Raya di Pasuruan ini bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu. Disini tersedia juga penyewaan sepeda yang dapat pengunjung sewa untuk berkeliling. Biaya sewa sepeda di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan sebesar Rp9.500 per orangnya. Sedangkan untuk jam operasional yang berlaku di Kebun Raya Purwodadi adalah pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat
Lokasi Kebun Raya Purwodadi berdiri diatas lahan seluas 85 hektare di ketinggian 300 meter diatas permukaan laut. Di dalamnya menyimpan banyak sekali jenis tumbuhan dan juga pepohonan. Alamat Kebun Raya Purwodadi Jl. Raya Surabaya – Malang No.Km. 65, Sembung Lor, Desa Parerejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Anda bisa menjangkau balai konservasi ini dari Alun-Alun Kota Pasuruan dengan menempuh jarak sekitar 27,8 km.


Sumber foto: Trip Trus

Koleksi Pohon dan Tumbuhan
- Polong-polongan
- Anggrek
- Palem
- Bambu
- Paku
- Obat

Fasilitas
Berdirinya Kebun Raya Purwodadi adalah untuk menyajikan informasi guna meningkatkan pengetahuan di bidang botani, konservasi, lingkungan dan pemanfaatan tanaman. Serta merangsang tumbuh kembangnya kesadaran, tanggung jawab, kepedulian, dan juga komitmen terhadap pelestarian tumbuhan. Dalam sektor penelitian yakni melaksanakan dan memfasilitasi berbagai kegiatan pengembangan. Penelitian di bidang konservasi, domestik dan reintroduksi tumbuhan serta botani ekonomi. Sedangkan dalam segi pariwisata, fasilitas Kebun Raya Purwodadi sudah cukup memadai seperti: sepeda pancal, sepeda listrik, wheels, naik bus mini. Sementara untuk sarana prasarana yang umum seperti tempat parkir, kamar mandi, mushola, kantin juga tersedia disini.

Spot Terbaik di Kebun Raya Purwodadi
Mengisi waktu libur dengan jelajah Kebun Raya Purwodadi di Pasuruan bakal menjadi opsi yang menarik. Tak hanya rasa senang, ilmu pengetahuan kamu pun akan bertambah seiring dengan berbagai spot tumbuhan dan pohon yang dijumpai. Seperti area Taman Obat dengan berbagai macam tanaman yang memiliki manfaat untuk kebutuhan pengobatan. Ada juga spot Taman Mexico yang dimana tanamannya berukuran besar dan rata-rata tidak membutuhkan banyak air untuk tumbuh subur. Tak ketinggalan spot taman buah lokal yang juga memberikan kamu kesempatan untuk memetik dan memakannya langsung. Yang paling sering diminati oleh pengunjung di Kebun Raya Purwodadi adalah Taman Bougenville dan merupakan tanaman hias populer.

Tips Berkunjung
1. Pastikan waktu kamu berlibur kesini sedang dalam kondisi cuaca yang mendukung
2. Awan cerah tidak mendung atau hujan adalah saat terbaik buat explore indahnya Kebun Raya Purwodadi
3. Sebaiknya jangan datang ketika siang hari sebab matahari cukup terik dan juga lumayan panas
4. Maka kamu bisa berkunjung disaat pagi atau menjelang sore untuk dapatkan suasana yang lebih teduh


Sumber foto: Klook

Itulah artikel singkat Kebun Raya Purwodadi yang rekomended untuk kamu explore lebih dalam. Jadikan Kebun Raya Purwodadi Pasuruan sebagai tujuan kamu berwisata selanjutnya ketika hari libur tiba. Semoga bermanfaat.