Share It
Berita Unik & Terkini

Tips Langgeng Hubungan LDR, Bisa Sampai Pelaminan
September 17, 2022

Tips Langgeng Hubungan LDR, Bisa Sampai Pelaminan

Sebenarnya di zaman yang modern ini sudah banyak yang mengetahui arti kata dari Long Distance Relationship atau LDR yaitu hubungan jarak jauh antara pasangan kekasih. Perbedaan jarak antara pasangan kekasih membuat mereka jarang bertemu secara langsung. Beberapa orang mengartikan LDR sebagai pasangan yang sedang menjalin hubungan antar negara. Maksudnya, pasangan kekasihnya ada di negara yang berbeda. Namun, ada juga yang mengartikan LDR seperti hubungan antara pasangan kekasih yang berbeda kota, tetapi masih satu negara, seperti Jakarta dan dan Solo.Ketika teknologi belum semodern sekarang, pasangan yang melakukan hubungan jarak melakukan komunikasi dengan mengirim surat. Mungkin saja, pada waktu itu sudah ada yang sampai hapal kapan waktu surat dari kekasihnya tiba. Meskipun tidak dapat berjumpa secara langsung, tetapi dengan surat keharmonisan hubungan semakin terjaga. Perkembangan teknologi yang semakin maju seharusnya memudahkan pasangan LDR menjaga hubungan agar tetap harmonis. Bisa dikatakan bahwa jarak yang terpisah bukan menjadi hambatan agar hubungan tetap terjalin. Menjaga hubungan agar tetap harmonis dapat dilakukan dengan cara berkomunikasi melalui handphone untuk menelpon, berkirim pesan, atau video call. Jangan khawatir, simak tips-tips sukses LDR di bawah ini!

1. Jagalah Hubunganmu Agar Senatural Mungkin
Kalian wajib banget komunikasi setiap hari bahkan nggak cuma sekali. Ngobrol di telepon, misalnya. Nggak harus lama-lama kok yang penting kualitasnya. Tanya kabar, cerita kejadian hari ini atau diskusi soal kerjaan juga bisa. Cobalah menghubungi satu sama lain ketika kalian punya masalah atau bingung menentukan pilihan.

2. Atur Jadwal Supaya Punya Waktu Buat Pacaran
Kalian harus rutin dan suka rela mengorbankan waktu dan mengatur jadwal. Pastikan ada waktu luang buat pacaran. Misalnya kamu lagi sibuk banget, setidaknya bisa kirim SMS. Tapi, kalau kamu lagi punya banyak free time dan pacarmu ternyata lagi sibuk, sebaiknya gunakan waktu untuk belajar, baca buku, atau olahraga. Pastikan waktumu nggak terbuang sia-sia buat sekedar nungguin telepon dari pacar. Sesibuk-sibuknya kita dalam melakukan pekerjaan atau tugas kuliah (kalau masih kuliah) harus menyempatkan berkomunikasi dengan pasangan. Komunikasi pasangan dapat dilakukan di waktu-waktu tertentu, seperti waktu istirahat, sebelum tidur, waktu libur, dan masih banyak waktu-waktu lainnya. Temukan dan pilih waktu yang pas dan nyaman ketika berkomunikasi agar hubungan terjaga dan permasalahan dalam hubungan dapat teratasi.

3. Usahakanlah Untuk Rutin Ketemu
Gimanapun kondisinya, kalian harus sama-sama usaha supaya bisa ketemu rutin. Jangan lupa pertimbangkan soal waktu dan biaya. Yang jelas, pacaran nggak cukup cuma SMS atau telepon aja, ketemu langsung itu wajib kalau ada kesempatan. Bioskop, restoran favorit, bangku taman, atau janjian liburan bareng bisa bikin hubungan kalian tetep harmonis. Memikirkan hal-hal yang kelak dapat dilakukan bersama-sama. Jarak yang jauh akan memunculkan rasa rindu pada pasangan. Oleh karena itu, sesekali mencari hal-hal yang dapat dilakukan bersama-sama.


Sumber foto: Zona Banten

4. Jangan Melupakan Tiap Detail Tentang Pasanganmu
Okelah, kalian emang nggak pernah ketemu. Tapi soal hari ulang tahun, tanggal jadian sampai hobi dan makanan favorit pacar kamu harusnya tetep tahu dong ya..

5. Meskipun Jauh, Bukan Berarti Kalian Tak Bisa Saling Mendukung
Ada saat-saat dimana kalian mungkin nggak bisa kompromi sama yang namanya jarak. Misalnya, ketika pacar kamu lagi sakit atau kena musibah. Sebisa mungkin kamu ada di deket dia dan jagain dia. Dalam kondisi seperti ini keberadaan kamu secara fisik bakal penting banget.

6. Ketika Tidak Ada Dia di Sampingmu, Cari Kesibukan Lain yang Bisa Menjaga Mood-mu
Bohong banget kalau LDR nggak ada bosennya. Rasa bosen itu udah manusiawi banget kok. Yang penting, kalian bisa mengatasi hal ini dengan baik. Ngomong jujur ke pacar dan mula cari kegiatan yang bisa menghilangkan rasa bosan dan bad mood kamu ya!

7. Wajib Hukumnya Untuk Saling Percaya
Nah, ini dia kunci utama dalam hubungan jarak jauh, harus saling percaya! Curiga itu wajar karena nggak bisa lihat kegiatan pacarmu setiap hari secara langsung, begitu juga sebaliknya. Jangan bertingkah aneh yang bisa menimbulkan kecurigaan pasangan. Selain itu, jangan gampang cemburu atau punya pikiran jelek. Berpikir positif dan grow up, please. Rasa percaya dalam hubungan sangat penting untuk dilakukan karena dapat membangun rasa cinta lebih dalam. Membangun rasa percaya dapat dilakukan dengan cara memberi kabar tentang keadaan pasangan. Keadaan pasangan yang dimaksud bisa berupa kondisi pekerjaan, kesehatan, tugas kuliah atau skripsi (kalau masih kuliah), dan lain-lain. Dengan menanyakan keadaan, pasangan akan merasa sedang diperhatikan dan menumbuhkan rasa sayang.

8. Lakukan Kegiatan Bersama-sama
Pasti bakal cepet bosen kalau sekedar telepon setiap hari. Coba deh sekali-kali lakukan kegiatan bersama sambil teleponan, misalnya nonton acara TV yang sama atau maen game online bareng. Kalian akan merasa dekat, sekalipun secara fisik berjauhan.


Sumber foto: Fimela.com

Long Distance Relationship merupakan hubungan jarak jauh yang dilakukan oleh pasangan kekasih. Biasanya hubungan Long Distance Relationship disingkat menjadi LDR. Beberapa orang mengartikan hubungan LDR seperti hubungan jarak jauh yang dijalani oleh pasangan kekasih beda negara, tetapi ada yang mengartikan beda kota dan provinsi termasuk ke dalam hubungan LDR. Ketika menjalani hubungan Long Distance Relationship sebaiknya memperhatikan kelemahan-kelemahan hubungan LDR. Dalam menjalani hubungan LDR dibutuhkan komitmen yang tinggi, kesabaran yang kuat dan komunikasi yang baik. Dengan ketiga hal itu kecil kemungkinan akan terjadi perpisahan dalam menjalani hubungan LDR.