Share It
Berita Unik & Terkini

Tips Menjaga Berat Badan Meski Sering Jajan di Luar
March 17, 2023

Tips Menjaga Berat Badan Meski Sering Jajan di Luar

Hobi makan di luar kerap dikatakan sebagai salah satu penyebab kenaikan berat badan secara signifikan. Data dari USDA menyebutkan, makan di luar dapat menyebabkan penambahan berat badan hingga obestitas meskipun hanya dilakukan beberapa kali per minggu. Menurut Everyday Health, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2010 menemukan bahwa seseorang akan menambah rata-rata 134 kalori untuk asupan harian ketika jajan di luar.

Kendati demikian, Anda tetap bisa menurunkan berat badan tanpa harus menghentikan hobi makan di luar bersama teman-teman. Penelitian menyebutkan, seseorang tetap bisa menurunkan berat badan meskipun sering makan di luar. Syaratnya, seseorang itu memiliki informasi yang tepat tentang cara makan yang sehat.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Education and Behavior edisi Januari 2012 melibatkan 35 wanita berusia 40-59 tahun. Mereka makan di luar sebanyak lebih dari tiga kali per minggu. 19 wanita di antaranya mengikuti kursus enam minggu tentang cara makan di luar dengan penuh kesadaran. Sementara 16 wanita lainnya tidak. Hasilnya, wanita yang mengikuti kursus cara makan di luar kehilangan rata-rata 3,7 pon.


Sumber foto: google.com

Berikut rangkuman tips menurunkan berat badan untuk Anda yang hobi makan di luar.

1. Perhatikan porsi makan

Ketika makan di luar, usahakan tetap sadar terhadap porsi makanan yang dipesan. Dengan begitu, berat badan tetap terjaga. Ahli gizi sekaligus anggota Dewan Pakar Medis, Lisa Young, PhD, RDN, menyarankan untuk memesan sebagian porsi saja atau membaginya bersama teman. "Porsi restoran sangat besar, jadi hidangan utama yang dibayar bisa dibagi. Begitu pun saat memesan salad serta sayuran," kata Young, dilansir dari Eat This.

2. Pahami menu yang dijual

Sebelum memutuskan untuk makan di luar, Anda sebaiknya memahami menu yang dijual. Tujuannya agar Anda bisa memperkirakan menu yang pas sesuai dengan program penurunan berat badan. Penulis The Best Homemade Baby Food on the Planet Tina Ruggiero, RD, memberikan tips ketika Anda melihat menu di tempat makan yang akan dituju. "Jika Anda tahu ada makanan penutup yang sangat ingin Anda coba, rencanakan terlebih dahulu sehingga Anda tahu untuk mengurangi bagian lain dari makanan Anda," tutur Ruggiero, disadur dalam Everyday Health.

3. Disarankan makan di rumah sebelum makan di luar

Ahli gizi Lisa Young menyarankan agar seseorang makan di rumah sebelum memutuskan makan di luar. Dengan begitu, Anda tak akan kalap dalam memesan makanan di kafe dan berat badan tidak akan mengalami kenaikan secara gila-gilaan. "Makan camilan sehat satu atau dua jam sebelum berangkat membantu," tuturnya dalam Eat This. Penelitian yang diposting di jurnal Nutrients menyebutkan menunda makan saat hendak makan di luar dikaitkan dengan penambahan berat badan. Lihat Foto Makan di luar tak akan menambah berat badan jika Anda tahu cara makan sehat yang tepat.


Sumber foto: google.com

4. Santapan pertama adalah sayuran

Young juga menyarankan agar Anda menikmati menu sayuran sebelum memesan hidangan utama. Sayuran dapat membantu Anda kenyang lebih lama sehingga tidak membuat berat badan naik secara signifikan.

5. Makan di luar 2 jam sebelum tidur

Dikutip dari Forbes, Anda tetap bisa menurunkan berat badan meskipun tetap menikmati makan malam di luar. Dengan catatan bahwa Anda telah mempertimbangkan jam makan. Batasi waktu makan maksimal dua jam sebelum waktu tidur. Sempatkan cukup waktu untuk berjalan-jalan setelah makan agar berat badan tidak bertambah.

6. Konsumsi air putih yang cukup

Cara untuk menurunkan berat badan berikutnya adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Minum air putih dapat membantu Anda terhindar dari makan yang berlebihan sehingga berat badan tetap terjaga.

Anda juga bisa melakukan tips minum air putih sebelum menyantap hidangan. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih cepat kenyang sehingga berat badan tidak mengalami kenaikan. Itulah 6 cara menurunkan berat badan meskipun Anda jajan di luar beberapa kali dalam seminggu.