Share It
Berita Unik & Terkini

Musim Hujan Tiba, Inilah Masalah Rumah yang Paling Sering Muncul
November 28, 2021

Musim Hujan Tiba, Inilah Masalah Rumah yang Paling Sering Muncul

Sebagian wilayah Indonesia kini mulai memasuki musim penghujan. Selama musim hujan biasanya selalu muncul sejumlah masalah terkait kondisi fisik bangunan rumah. Tentu saja jika dibiarkan maka masalah pada rumah ini akan menganggu keamanan dan kenyamanan para penghuninya. Berikut merupakan beberapa masalah yang sering muncul dan ditemui di rumah pada saat musim hujan sudah tiba beserta solusi penanganannya.

Atap bocor
Masalah atap bocor merupakan masalah yang paling sering ditemui di rumah pada saat musim hujan tiba. Masalah atap bocor ini biasanya disebabkan adanya celah atau sambungan penutup atap yang tidak rapat sehingga mengakibatkan air hujan merembes dan mengenai atap plafon. Apabila plafon terlihat mulai berubah warna kecokelatan dan menjadi lembab maka dapat dipastikan ada air hujan yang merembes. Apabila hal ini terus dibiarkan dapat membuat atap plafon menjadi rusak dan resiko terburuknya atap plafon bisa ambruk dan membahayakan penghuni rumah.

Sumber foto: archify.com

Solusinya, yakni dengan pemeriksaan atap. Sebaiknya kita secara rutin memeriksa penutup atap atau mengganti genteng bila ada yang rusak atau pecah. Solusi lainnya untuk sementara, yakni dengan melapisi genteng yang retak dan pecah tersebut dengan lapisan penguat anti bocor (waterproofing).

Tembok lembab
Masalah lain yang sering ditemui di rumah pada saat musim hujan tiba, yakni lapisan tembok yang menjadi lembab. Hal ini biasanya disebabkan adanya percikan air hujan atau tembok yang menyerap kelembaban dari dalam tanah. Solusinya sebenarnya cukup mudah. Lapisi dengan lapisan penguat anti bocor (waterproofing). Sebaiknya melakukan waterproofing pada saat cuaca cerah jangan pada saat hujan agar hasilnya lebih optimal.

Pintu susah ditutup
Masalah ketiga yang sering ditemui di rumah pada saat musim hujan tiba, yakni pintu menjadi susah ditutup karena mendadak menjadi tidak pas dengan kusen. Biasanya hal ini banyak terjadi pada pintu yang terbuat dari bahan kayu. Apanbila dibiarkan tentunya sangat menganggu karena pintu menjadi tidak bisa ditutup sehingga tidak aman. Kondisi ini disebabkan bahan kayu yang justru menyerap kelembaban dari udara dan percikan air hujan sehingga pintu secara alami akan memuai.

Tidak perlu bingung apabila pintu kayu tidak bisa ditutup saat musim hujan. Salasatu solusinya dengan memberikan celah yang cukup sebagai ruang agar pintu tersebut dapat memuai dan menyusut. Apabila pintu kayu tersebut sudah dalam keadaan sangat rapat maka kita harus melepas pintu tersebut dari engselnya. Selanjutnya, daun pintu tersebut harus diserut agar terdapat celah sehingga nantinya pintu bisa menutup rapat.

Sumber foto: techriot.org

Korsleting listrik
Di antara seluruh masalah yang sering ditemui di rumah pada saat musim hujan, masalah korsleting listrik ini yang paling memerlukan perhatian ekstra. Hal ini dikarenakan korsleting sangat berisiko memunculkan api dan bahaya kebakaran sehingga sangat berbahaya dan harus benar-benar diwaspadai.

Solusi untuk mencegah korsleting listrik, yakni dengan memeriksa seluruh kabel maupun elemen kelistrikan terutama yang letaknya berada di luar rumah. Pastikan jangan sampai ada kabel yang terkelupas atau bahkan mungkin bersentuhan dengan air. Kabel yang terkena air dapat memicu korsleting listrik di rumah. Pastikan juga untuk rutin memeriksa kondisi seluruh stop kontak dan kabel listrik di rumah

AI