Share It
Berita Unik & Terkini

Guys, yuk Kalahkan Rasa Malas dengan Cara seperti Ini!
November 26, 2021

Guys, yuk Kalahkan Rasa Malas dengan Cara seperti Ini!

Pada dasarnya, manusia mempunyai berbagai ekspresi dalam hidupnya. Dari senang, sedih, tertawa, rajin, bahkan sampai malas sekali pun. Semuanya akan menjadi sebuah dinamika hidup yang sangat berkesan. Namanya ekspresi manusia semuanya penuh dengan sesuatu yang bisa kita nilai, rasakan, atau bahkan dijadikan sebuah kebiasaan bagi siapa saja. Namun, khusus bagi rasa malas jangan dijadikan budaya lho. Malas memang manusiawi terjadi pada diri kita, tetapi sebisa mungkin harus dilawan karena membuat tidak semangat dan tentu saja akan menjadikan diri kita tidak produktif.

Mengalahkan rasa malas merupakan sebuah itikad baik yang harus dijadikan inspirasi dalam hidup. Malas merupakan sebuah tabiat yang dibenci siapa saja bahkan oleh Tuhan. Untuk itu, malas merupakan sebuah musuh yang harus dijauhi dan kali ini kami akan memberikan cara mengatasi rasa malas. Simak dalam penjelasan berikut ini!

Mencari tahu penyebab utamanya
Rasa malas saat mau melakukan sesuatu memang ada saja pemicunya. Malas memang harus dilawan karena jika terbiasa datang akan membuat semuanya kacau. Jadi, cari tahu dahulu apa penyebab rasa malas ini dan jika sudah diketahui, maka langsung ingatkan diri bahwa hal itu jangan dilakukan lagi dan enyahkan. Dan satu lagi, tetap introspeksi diri bahwa hal itu menjadi sebuah pelajaran bagi masa selanjutnya.

Sumber foto: Pexels.com

Berpikir positif agar kembali bersemangat
Sepertinya memang berpikir positif menjadi solusi dari setiap masalah yang kita hadapi. Dengan selalu berbaik sangka, lantas selalu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin akan menjadi hal yang sangat membuat diri kita tidak terlampau emosi menghadapi sesuatu. Dan melawan rasa malas pun demikian, jika kita tetap positif, maka kita akan mempunyai tabungan motivasi dan semangat saat menghadapi berbagai aktivitas dan pastinya akan melawan rasa malas.

Atur ulang jadwal kegiatan sehari-hari
Selanjutnya, yaitu selalu ingat dengan jadwal apa pun yang akan kita lakukan sehari-hari. Jika memang penuh dengan kejenuhan atau ada yang perlu diubah, silakan saja. Intinya mengatur ulang jadwal kegiatan kita juga sangat patut dilakukan demi aktivitas semakin dinamis dan semangat dengan ritme kerja yang baru. Malas rasanya tidak akan ada lagi karena motivasi dalam diri sudah ada serta disiplin waktu sudah dibulatkan dalam tekad kita.

Hindari mengeluh dan hargai pekerjaanmu
Satu lagi cara melawan rasa malas, yaitu dengan menghindari mengeluh dan selalu menghargai pekerjaan apa pun yang kita lakukan. Mengeluh memang manusiawi, tetapi jangan menjadi kebiasaan yang mendarah daging, apalagi masalahnya, yaitu urusan pekerjaan yang pastinya setiap hari dilakukan. Tetap hargai pekerjaanmu agar jauh dari kata malas dan mengeluh. Hal ini juga akan menambah rasa syukur dalam diri kita.

Sumber foto: Pexels.com

Berikan reward kepada diri sendiri
Nah, hal ini bisa jadi merupakan poin penting juga, yakni memberikan penghargaan kepada diri sendiri saat melakukan sesuatu yang penuh dengan perjuangan. Penghargaan memang layak didapatkan diri kita, berilah sesuatu keinginan yang telah lama diidamkan dan membuat motivasi agar bekerja lebih baik. Hal ini tentu akan melawan rasa malas karena selalu ada target reward pada diri kita.

Malas merupakan sebuah tabiat yang kurang terpuji. Mulai sekarang, kemalasan buatlah sebagai proses perang dalam diri kita agar terus dilawan dan dijauhi. Malas? No way, deh!

RF