Share It
Berita Unik & Terkini

Fakta Menarik Hollywood Walk of Fame
November 27, 2021

Fakta Menarik Hollywood Walk of Fame

Berawal dari tahun 1963
Ide awal pembuatan Hollywood Walk of Fame ternyata berasal datri Presiden Sukarelawan Kamar Dagang Hollywood, E. M. Stuart, pada tahun 1953 atau tujuh tahun sebelum Hollywood Walk of Fame resmi dibuka. Dirinya mengusulkan gagasan tersebut sebagai taktik pemasaran untuk mempertahankan kejayaan dan nama besar Hollywood. Meskipun demikian usulan tersebut baru resmi diajukan ke Dewan Kota Los Angeles pada bulan Januari 1956 dan akhirnya disetujui.

Awalnya hanya empat kategori
Pada awalnya, Hollywood Walk of Fame didedikasikan hanya untuk empat kategori, yakni Gambar Bergerak, Televisi, Rekaman atau Musik, dan Radio. Kategori tersebut baru ditambah pada tahun 1984, yakni kategori kelima didedikasikan untuk Teater/Pertunjukan Langsung. Hingga saat ini belum ada rencana untuk menambahkan kategori lainnya pada Hollywood Walk of Fame.

Pengecualian untuk Muhammad Ali
Sebenarnya seluruh penerima penghargaan Hollywood Walk of Fame tulisan plakat namanya akan dipasang di trotoar pedestrian Hollywood, tapi pengecualian khusus diberikan kepada petinju legendaris Muhammad Ali. Ketika olahraga tinju diputuskan sebagai bagian kategori pertunjukan langsung, Muhammad Ali langsung mendapat kehormatan menjadi petinju penerima pertamanya.

Sumber foto: bustle.com

Muhammad Ali menyatakan dirinya baru bersedia menerima penghargaan plakat bintang tersebut jika namanya tidak dipasang di trotoar pedestrian. Muhammad Ali berdalih dirinya tidak sudi namanya diinjak-injak oleh orang lain yang tidak menghormati dirinya. Akhirnya, disepakati plakat Muhammad Ali ditempel pada salasatu bagian tembok Kodak Theatre dan menjadi satu-satunya plakat Hollywood Walk of Fame yang tidak dipasang di trotoar pedestrian hingga saat ini. Muhammad Ali memang luar biasa!

Penghargaan kehormatan khusus
Setiap tahunnya, Hollywood Walk of Fame mendedikasikan 24 plakat nama selebriti dan tokoh terkenal. Dari 24 nama tersebut, satu nama diberikan secara khusus kepada selebriti atau tokoh terkenal yang sudah meninggal dunia. Hanya mereka yang sudah meninggal dunia minimal selama lima tahun yang berhak dan berkesempatan mendapatkan kehormatan ini.

Plakat Arnold Schwarzenegger sempat dibongkar
Hampir semua orang pasti mengenal sosok aktor laga terkenal Hollywood, Arnold Schwarzenegger. Semua orang juga pasti setuju aktor keturunan Austria tersebut layak mendapatkan plakat Hollywood Walk of Fame. Siapa sangka pada tahun 1994 plakat milik Arnold Schwarzenegger bersama ratusan plakat selebriti terkenal dunia lainnya seperti Elvis Presley, Marilyn Monroe, Walt Disney, dan Charles Chaplin harus dibongkar!

Pembongkaran plakat Hollywood Walk of Fame tersebut dilakukan berkaitan dengan pembangunan stasiun kereta bawah tanah di Hollywood Boulevard. Kurang lebih selama tiga tahun, plakat Arnold Schwarzenegger dan plakat selebriti yang lainnya disimpan di gudang khusus sebelum akhirnya dipasang kembali di lokasi semula.

Jangan tertipu dua nama ini!
Menariknya dalam daftar penerima penghargaan Hollywood Walk of Fame terdapat dua nama yang sebenarnya merupakan nama empat orang yang berbeda. Kedua nama tersebut, yaitu Harrison Ford dan Michael Jackson. Harrison Ford yang pertama merupakan aktor film bisu klasik Hollywood yang mendapatkan plakat bintang ini pada tahun 1960. Harrison Ford yang kedua merupakan Harrison Ford yang selama ini banyak dikenal karena memerankan karakter Han Solo dalam sekuel film Star Wars dan karakter Indiana Jones dalam sekuel film Indiana Jones. Harrison Ford kedua ini menerima penghargaan tersebut pada tahun 2003.

Sumber foto: reddit.com

Nama kedua yang merupakan nama milik dua orang selebriti, yakni Michael Jackson. Ternyata ada Michael Jackson sosok presenter radio dan Michael Jackson sosok penyanyi pop ternama. Menariknya, keduanya sama-sama menerima penghargaan Hollywood Walk of Fame pada tahun 1984. Pada saat Michael Jackson yang dijuluki raja musik Pop tersebut meninggal dunia pada tahun 2009, banyak penggemarnya berkumpul di plakat Hollywood Walk of Fame Michael Jackson yang salah!

AI