Share It
Berita Unik & Terkini

Jangan Salah, Pendiri Apple Bukan Cuma Steve Jobs!
November 11, 2021

Jangan Salah, Pendiri Apple Bukan Cuma Steve Jobs!

Steve Wozniak
Meskipun sejarah mencatat Apple Computer didirikan oleh tiga orang, tetapi hanya dua nama yang identik dengan perusahaan tersebut, yakni Steve Jobs dan Steve Wozniak. Wozniak bahkan bisa dibilang merupakan otak di balik kesuksesan Apple Computer dalam mengembangkan sejumlah produk teknologi komputer pada tahun 1970-an hingga tahun 1990-an. Tanpa kehadiran Wozniak, Steve Jobs diperkirakan bakal kesulitan membangun dan mengembangkan Apple Computer. Wozniak juga dikenal sebagai salasatu dari sedikit orang-orang yang bisa cocok dan dekat dengan pribadi Steve Jobs yang dikenal perfeksionis dan memiliki mood yang mudah berubah serta terkadang temperamental.

Sumber foto: cryptopotato.com

Pria kelahiran 11 Agustus 1950 ini memiliki jasa besar dalam mengembangkan produk komputer seri Apple serta Macintosh. Wozniak sendiri kemudian memilih meninggalkan Apple Computer pada tahun 1985 dan mendirikan CL 9 untuk menciptakan remote universal pertama yang dapat diprogram dan dirilis pada tahun 1987. Tidak seperti Steve Jobs yang terus berusaha menciptakan berbagai teknologi inovatif berbasis komputer, Wozniak justru membuka beberapa bisnis dan membantu riset pengembangan bidang teknologi serta aktif dalam kegiatan sosial.

Meskipun dirinya sudah resmi mundur dari Apple Computer sejak tahun 1985, tetapi dirinya tetap memiliki saham selaku salasatu pendiri perusahaan tersebut. Pada November 2019, Wozniak mendapatkan kehormatan ditetapkan sebagai karyawan kehormatan dalam kapasitas seremonial oleh Apple Computer sebagai penghormatan atas jasa-jasanya. Wozniak sendiri pernah berkunjung ke Jakarta untuk menghadiri seminar Innovation & Creativity yang digelar pada 17 Juli 2012 silam. Kehadirannya saat itu disambut antusias para pelaku dan praktisi teknologi Indonesia.

Ronald Wayne
Pendiri Apple Computer lainnya, yakni Ronald Wayne. Namanya bahkan mungkin lebih jarang terdengar dibandingkan Steve Wozniak. Pria kelahiran 17 Mei 1934 tersebut bermitra dengan Steve Jobs dan Steve Wozniak pada tahap awal pendirian perusahaan komputer berlogo buah apel tersebut. Wayne saat itu bertugas melakukan pengawasan administratif dan dokumentasi perusahaan.

Sumber foto: cbsnews.com

Dua belas hari setelah Apple Computer didirikan, Wayne justru menjual 10% saham miliknya kepada Steve Jobs dan Wozniak senilai 800 dollar. Setahun kemudian Wayne kembali menerima 1.500 dolar terakhir untuk menghilangkan potensi klaim di masa depan terhadap perusahaan Apple Computer yang didirikan dengan total investasi saat itu sebesar 2.300 dollar.

Tercatat beberapa kali Steve Jobs meminta Wayne secara khusus untuk kembali bergabung dengan Apple Computer, tetapi Wayne selalu menolaknya. Bahkan sejumlah tawaran bisnis dari Steve Jobs tidak pernah ditanggapi oleh Wayne. Meskipun demikian Wayne tetap menjalin komunikasi dengan dua orang pendiri Apple Computer lainnya. Menariknya, meskipun sebagai salasatu pendiri Apple Computer, Wayne diketahui tidak pernah memiliki produk Apple. Produk pertama Apple yang akhirnya dimiliki Wayne, yakni iPad 2. Dirinya mendapatkan barang tersebut saat menghadiri konferensi di Brighton, Inggris pada tahun 2011.

Pada awal tahun 1990-an, Wayne justru menjual kontrak kerjasama kemitraan Apple yang asli seharga hanya 500 dolar. Kontrak bersejarah tersebut ditandatangani pada tahun 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan dirinya sendiri. Pada tahun 2011, kertas kontrak tersebut justru laku dijual kembali dalam sebuah lelang seharga 1,6 juta dolar! Dalam beberapa kesempatan Wayne berulangkali selalu menyatakan penyesalannya pernah menjual kontrak tersebut dan mengakui itu merupakan salasatu kesalahan terbesar dalam hidupnya.

Saat ini Wayne sudah pensiun dari industri komputer dan teknologi yang memberikannya materi sangat berlimpah. Wayne mengaku ingin menikmati hari tuanya dengan berjualan koleksi perangko dan koin langka yang memang digemarinya sejak lama. Keputusannya menerima ajakan Steve Jobs untuk menjadi pemegang saham Apple Computer mungkin merupakan keputusan terbaik dalam hidupnya karena Apple Computer kini menjadi salasatu perusahaan terbaik di dunia yang menghasilkan keuntungan sangat besar setiap tahunnya,

AI