Share It
Berita Unik & Terkini

Masih Belum Bisa Berhenti Merokok? Coba Ikuti Tips Berikut
January 23, 2023

Masih Belum Bisa Berhenti Merokok?  Coba Ikuti Tips Berikut

Kebiasaan merokok sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia terutama kalangan pria. Umumnya, orang Indonesia mulai merokok pada usia remaja dengan alasan ikut-ikutan atau sekedar terpengaruh pergaulan lingkungan sekitarnya. Sayangnya, dari yang semula hanya coba-coba akhirnya justru menjadi ketagihan dan tidak bisa lepas dari kegiatan merokok.

Meskipun pemerintah dan pemerhati kesehatan gencar dalam mengampanyekan serta menyosialisasikan bahaya merokok kepada masyarakat, tetapi masih banyak para perokok yang belum mampu meninggalkan kebiasaan buruknya tersebut. Bahaya merokok tidak hanya bisa berisiko pada perokok aktif saja, tetapi juga para perokok pasif yang terpapar asap rokok secara langsung. Banyak perokok yang mengaku sadar bahaya yang ditimbulkan akibat merokok serta ingin berhenti, tetapi mereka mengalami kesulitan dalam memulainya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat berhenti merokok secara ampuh dan efektif.

Sumber foto: euronews.com

Kuatkan tekad untuk berhenti merokok
Tips pertama agar dapat berhenti merokok, yakni dengan memiliki niat dan tekad yang kuat dari dalam diri untuk berhenti merokok. Dengan tekad inilah perokok bisa meyakinkan dirinya sendiri bahwa mereka sebenarnya mampu berhenti merokok meskipun hal tersebut terasa sangat sulit. Metode dan cara apapun untuk berhenti merokok tidak akan efektif jika perokok tersebut belum memiliki tekad dan keinginan kuat untuk berhenti total sebagai perokok.

Biasakan mengurangi merokok
Bagi seorang perokok tentunya sangat sulit jika dirinya diminta langsung berhenti merokok. Biasanya perokok mencoba berhenti dengan cara perlahan-lahan atau secara bertahap mengurangi merokok. Salasatu solusinya bisa dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya. Ganti kebiasaan merokok tersebut dengan permen atau cokelat batangan jika keinginan merokok tersebut kembali muncul..

Mengenali waktu dan saat merokok
Alangkah baiknya jika seorang perokok mengetahui dan mengenali kapan biasanya mereka sering merokok. Dengan mengetahuinya maka diharapkan perokok bisa mengubah kebiasaan merokoknya tersebut dengan hal-hal positif lain seperti olahraga, kegiatan seni, atau mengonsumsi buah-buahan.

Dukungan dari orang terdekat
Dukungan dari orang-orang terdekat terutama keluarga agar seorang perokok bisa berhenti merokok sangatlah penting. Dukungan tersebut akan semakin memotivasi untuk berhasil berhenti merokok. Dukungan orang-orang terdekat tersebut juga dapat membantu sebagai pengingat jika keinginan untuk merokok muncul kembali setelah berhasil berhenti merokok sebelumnya.

Sumber foto: wallpapersafari.com

Menahan diri untuk tidak merokok
Seringkali perokok yang berusaha berhenti merokok mengalami godaan ketika keinginan untuk merokok kembali muncul. Apabila hal ini terjadi maka perokok harus mampu berjuang melawan dirinya sendiri dan menyadari bahwa merokok justru akan merugikan diri sendiri. Tunda keinginan untuk merokok tersebut sehingga secara perlahan dapat melupakan keinginan untuk merokok.

Berolahraga teratur
Salasatu cara yang efektif untuk berhenti merokok yakni dengan cara olahraga secara teratur. Olahraga akan membuat tubuh menjadi terasa sehat dan bugar serta membantu melupakan kebiasaan merokok. Ironisnya banyak orang yang suka berolahraga, tetapi juga masih merokok. Apabila lingkungan komunitas olahraga kita seperti itu sebaiknya dihindari dengan cara halus yakni usai olahraga tidak perlu nongkrong, tetapi cari alasan tepat untuk pulang lebih cepat.

Semakin cepat seorang perokok berhasil lepas dari kebiasaan rokok maka semakin banyak keuntungan yang menanti perokok tersebut, khususnya dalam hal kesehatan. Tidak ada kata terlambat untuk memulai pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk merokok.

AI