Share It
Berita Unik & Terkini

Tips Membangun Kamar Mandi di Dalam Kamar
October 16, 2021

Tips Membangun Kamar Mandi di Dalam Kamar

Memiliki sebuah kamar tidur yang dilengkapi dengan kamar mandi di dalamnya sudah menjadi impian hampir semua orang. Keberadaan kamar mandi di dalam kamar memudahkan kita sehingga tidak perlu lagi keluar kamar jika hendak ke kamar mandi. Selain itu, memiliki kamar mandi di dalam kamar memungkinkan privacy kita tetap terjaga.

Sayangnya, tidak semua hunian yang kamar mandinya berada di dalam kamar. Hal ini tentu saja bisa diatasi dengan menambah dan membangun kamar mandi baru di kamar. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin menambah atau membangun kamar mandi baru di dalam kamar.

Rencanakan layout dan luas ruangan
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membangun atau menambah kamar mandi di dalam kamar yakni membuat layout perencanaan. Adanya kamar mandi tentunya akan membuat kamar tidur makin terlihat penuh dan sempit, apalagi jika sebelumnya ukuran kamar tidur tidak terlalu luas. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian sejak awal.

Dibutuhkan setidaknya luasan 2x2 meter apabila kita menginginkan kamar mandi dan toilet yang nyaman di kamar. Selain itu, dibutuhkan minimal 12 meter persegi untuk kamar tidur agar tidak terlalu sesak. Sebelum menambah kamar mandi dalam kamar, pastikan terlebih dahulu kita memiliki ruangan yang cukup dan representatif.

Perhatikan ventilasi dan sinar matahari
Langkah kedua yang harus dilakukan untuk membangun atau menambah kamar mandi di dalam kamar yakni memperhatikan keberadaan ventilasi dan sinar matahari yang masuk ke dalam kamar. Untuk menciptakan kamar mandi yang sehat, berikan sebanyak mungkin ventilasi udara dan sinar matahari. Hal ini penting agar kamar mandi tidak bau serta tidak mudah lembab.

Apabila memungkinkan, hubungkan bukaan tersebut dengan udara segar yang mengarah keluar sehingga perputaran udara jauh lebih baik dan sehat. Jangan sampai keberadaan kamar mandi di dalam kamar justru malah menimbulkan masalah baru seperti udara yang pengab dan hawa yang lembab.

Sumber foto: cheviotproducts.com

Rencanakan jalur pipa saluran air
Salasatu hal penting yang harus diperhatikan apabila ingin membangun atau menambah kamar mandi di dalam kamar yaitu perencanaan jalur pipa saluran air. Kita harus dapat memastikan saluran air bersih dan air kotor tidak menganggu jaringan pipa yang sudah ada sebelumnya. Sebenarnya, secara teknik hal ini bisa direkayasa, tetapi tentunya dapat memakan biaya dan waktu. Pastikan juga kapasitas septic tank nantinya mampu menampung limbah dari kamar mandi yang kan dibangun ini.

Jangan sampai karena kita terlalu menginginkan adanya kamar mandi dalam kamar, tapi memaksakannya meskipun sebenarnya secara teknik tidak memungkinkan. Apabila hal tersebut terjadi, biasanya justru akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Untuk itulah dibutuhkan perencanaan yang matang dan dilakukan oleh profesional di bidangnya sebelum memulai pembuatan dan penambahan kamar mandi di kamar.

Sumber foto: cheviotproducts.com

Penggunaan metode waterproofing
Apabila kita akhirnya jadi melakukan penambahan dan pembuatan kamar mandi dalam kamar, pastikan untuk melakukan metode waterproofing. Keberadaan kamar mandi dalam kamar sangat berpotensi memberikan kelembaban dan resiko munculnya rembesan air di dinding kamar. Apabila hal ini dibiarkan maka bisa berakibat terjadinya kerusakan pada kondisi dinding kamar. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kita dapat memakai metode waterproofing yang benar. Metode waterproofing terbukti efektif mencegah dinding kamar tidak mudah rusak serta berjamur.

AI