Share It
Berita Unik & Terkini

Gak Cuma Bersih, Ini Alasan Harus Cuci Tangan yang Penting
October 18, 2021

Gak Cuma Bersih, Ini Alasan Harus Cuci Tangan yang Penting

Mencuci tangan adalah budaya hidup bersih dan sehat yang selamanya harus dilakukan. Tak hanya di masa pandemi ini tentunya, tetapi mencuci tangan merupakan tindakan yang vital yang berkontribusi kepada kesehatan tubuh kita sendiri. Mencuci tangan juga harus bersih, gunakan sabun serta air yang mengalir. Kuman-kuman yang menempel pada tangan tentu saja akan lenyap dan tangan yang menjadi media penular akan bebas penyakit juga, bukan?

Faktanya, mencuci tangan juga menjadi sebuah tindakan wajib saat mengadapi era baru saat pendemi ini. Di mana-mana dianjurkan melakukan prokes alias protokol kesehatan dengan baik. Termasuk di antaranya mencuci kedua tangan dengan air atau hand sanitizer. Nah, banyak alasan jadinya mewajibkan mencuci tangan saat ini, tak hanya bersih saja dan mengusir kuman penyakit, tetapi ada beberapa faktor lainnya yang dapat mendukung kesehatan kita agar terjaga lebih baik. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Sumber foto: Pexels.com

Tentu saja mencuci tangan akan mencegah berbagai macam penyakit
Tangan adalah media pemindah kuman penyakit yang paling berperan. Proses berpindahnya kuman juga bisa berlangsung dengan cepat, baik dari orang ke orang lainnya atau memang dari benda yang sudah terkontaminasi. Tentu saja jika sudah masuk kumannya ke dalam tubuh kita, tubuh akan merasakan sesuatu yang tidak nyaman dan malah akan menjadi sakit yang butuh pengobatan. Imunitas tubuh juga akan terganggu dan penularan penyakit juga bisa terjadi kepada orang-orang di sekitar kita. Apalagi pandemi ini sangat membuat kita harus berjaga-jaga agar tidak tertular virus corona yang berbahaya.

Membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya lainnya

Mencuci tangan dengan bersih tak hanya membunuh kuman saja, tetapi juga bisa membersihkan mikroorganisme yang menempel pada tangan kita. Misalnya, saat setelah bersalaman dengan orang lain, menyentuh gagang pintu, memegang uang, serta lainnya. Jadi, sebaiknya memang selalu rajin mencuci tangan dengan baik, menggunakan sabun serta air mengalir atau jika kondisi terbatas bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alhokol untuk mematikan kuman serta mikroorganisme lainnya.

Sumber foto: Pexels.com

Memutus rantai penyebaran penyakit
Pandemi yang telah berlangsung dua tahun ini memang membuat penjagaan kesehatan semakin lebih giat lagi. Tak hanya mengenakan masker saat keluar rumah, pun mencuci tangan dengan air bersih dan sabun juga menjadi kebiasaan yang wajib dilakukan agar memutus rantai penyebaran penyakit. Virus Covid-19 yang telah merenggut banyak korban ini menjadi bukti nyata bahwa penularan virus dapat ditularkan lewat media apa saja, di antaranya gagang pintu, uang, gelas, pegangan mobil, plastik, dan lain sebagainya. Untuk itu, jaga selalu tangan kita agar selalu bersih dan bebas dari kuman, ya!
 
Nah, begitulah, guys, selain mencuci tangan itu merupakan gaya hidup yang sehat dan bersih, pun merupakan tindakan yang penting dilakukan selama hidup kita. Jangan abaikan lagi tindakan mencuci tangan karena sudah terbukti bahwa kuman penyakit akan kabur jika tangan kita tetap bersih. Yuk, jangan abaikan protokol kesehatan ini, ya! Dan ingat bahwa tameng untuk menjaga kesehatan yaitu tangan kita sebagai media untuk menjaga kebersihannya. Semoga sehat selalu dan hidup sehat selamanya.

RF