Share It
Berita Unik & Terkini

Mengenal Downing Street 10, Kantor Sekaligus Hunian Perdana Menteri Inggris
October 14, 2021

Mengenal Downing Street 10, Kantor Sekaligus Hunian Perdana Menteri Inggris

Downing Street 10 dikenal sejak lama sebagai kantor kerja sekaligus hunian resmi perdana menteri Inggris. Downing Street 10 terletak di Downing Street, kawasan The City of Westminster, London. Bangunan Downing Street 10 dikenal dengan tampilan gaya urban Inggris klasik yang sederhana dan didominasi oleh warna hitam. Berikut beberapa fakta menarik tentang Downing Street 10 yang sudah ditetapkan menjadi salasatu bangunan situs sejarah dilindungi di Inggris tersebut.

Warna pintu Downing Street 10 pernah tidak berwarna hitam
Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa pintu Downing Street 10 pernah sekali tidak berwarna hitam. Warna yang dipakai saat itu justru warna hijau. Momen langka tersebut terjadi pada masa pemerintahan Perdana Menteri Herberth Henri Asquith yang berkuasa dari tahun 1908 hingga tahun 1916 dan berasal dari partai Liberal.

Istri kedua Perdana Menteri Asquith, Emma Alice Margaret Asquith dianggap memiliki peran besar di balik keputusan mengganti warna pintu Downing Street 10 yang selama ini dikenal berwarna hitam menjadi berwarna hijau. Seiring dengan berakhirnya masa pemerintahan Perdana Menteri Asquith, warna pintu Downing Street 10 dikembalikan menjadi berwarna hitam seperti aslinya. Sejak saat itu, warna hitam terus dipertahankan hingga saat ini.

Sumber foto: ksp.go.id

Perdana menteri pindah ke Downing Street 11 sejak 1997
Meskipun publik mengenal Downing Street 10 sebagai kantor dan kediaman resmi perdana menteri Inggris, tetapi sejak tahun 1997 perdana menteri dan keluarganya tinggal di Downing Street 11. Hal ini berawal dari Perdana Menteri Tony Blair yang mengeluh bangunan Downing Street 10 terlalu kecil untuk ditempati keluarganya yang berjumlah enam orang.

Perdana Menteri Blair kemudian memilih pindah ke Downing Street 11 yang lebih luas dan berada persis di samping Downing Street 10. Saat ini bangunan Downing Street 10 tetap difungsikan sebagai kantor kerja perdana menteri sekaligus tempat menerima kunjungan mulai dari tamu penting negara maupun pejabat serta anggota kerajaan Inggris.

Bukan pintu Downing Street 10 yang asli
Pintu asli untuk bangunan Downing Street 10 terbuat dari bahan kayu oak hitam dengan panel motif Georgia yang dibuat pada tahun 1735. Sayangnya, pintu asli tersebut sudah diganti setelah terjadinya serangan mortir pasukan pemberontak IRA pada tahun 1991. Selain mengakibatkan sejumlah orang terluka, serangan tersebut juga mengakibatkan bagian depan Downing Street 10 mengalami sejumlah kerusakan.

Serangan tersebut juga membuat lempengan kecil bertuliskan “First Lord of the Treasury”, yang selama ini dipasang tepat di depan pintu Downing Street 10, ikut rusak. Lempengan aslinya yang rusak tersebut kini disimpan sebagai bagian dari koleksi Museum Churchill, sementara replikanya dipasang kembali di pintu Downing Street 10. Lempengan tersebut awalnya berfungsi sebagai tempat masuk surat yang dikirimkan kepada perdana menteri Inggris, tetapi kini hanya sebagai ornamen hiasan saja.

Sumber foto: history.blog.gov.uk

Fasad Downing Street 10 aslinya berwarna kuning
Fasad bangunan Downing Street 10 sebenarnya berwarna kuning, tetapi kemudian dicat dengan warna hitam. Fasad adalah tampilan muka pada eksterior sebuah bangunan. Pada tahun 1950-an dilakukan renovasi besar-besaran bangunan Downing Street 10 pascaPerang Dunia Kedua.

Dalam proses renovasi tersebut diketahui sejumlah dinding yang berwarna hitam ternyata merupakan akibat dari polusi yang menempel pada dinding bata bangunan. Warna aslinya sebenarnya warna kuning. Akhirnya, warna kuning tersebut diganti dengan cat warna hitam dan menjadi ciri khas hingga saat ini.

AI