Share It
Berita Unik & Terkini

Berbagai Penyebab Perut Melilit dan Cara Atasinya
October 14, 2021

Berbagai Penyebab Perut Melilit dan Cara Atasinya

Sakit yang dirasakan tubuh bisa saja dari berbagai bagian tubuh kita. Gak hanya kepala, tangan, dan juga kaki, pun dari perut yang merupakan sumber kesehatan manusia juga. Pasti di antara kalian ada yang pernah merasakan perut yang melilit sehingga merasa terganggu dan gak nyaman. Bahkan, aktivitas pun tersendat dan menyegerakan istirahat agar perut kembali sehat dan tidak terasa melilit lagi.

Sebenarnya, apa saja sih yang menyebabkan perut melilit tersebut? Banyak hal memang yang menjadi penyebab sakit perut yang membuat orang pasti akan terhenti aktivitasnya. Nah, pada kali ini kami akan membahasnya untuk kalian di rumah. Yuk, simak ya!

Gangguan pencernaan
Perut yang melilit memang membuat sulit. Sulit untuk beraktivitas sehingga sulit juga untuk menyegerakan sesuatu yang menjadi prioritas pekerjaan kita. Apalagi penyebabnya sebenarnya bisa karena pola makan yang salah, akibatnya gangguan pencernaan menjadi terganggu. Gangguan pencernaan ini ditandai dengan perut yang melilit, mulas, hingga buang air besar yang berlebihan. Terlebih biasanya akan mengakibatkan reaksi yang berlebihan sampai harus meminum cairan yang lebih banyak dan bahkan meminum obat penawar sakit. Gangguan pencernaan ini bisa diatasi dengan berbagai aksi, yang tentunya ada obatnya serta hentikan pola makan yang kurang baik tersebut. Tentu saja, tetap menjalankan gaya hidup yang sehat agar gangguan perut melilit tidak terasa lagi.

Sumber foto: Pexels.com

Sulit buang air besar
Duh, rasanya pasti gak nyaman saat perut merasa kembung dan melilit amat sangat. Hal ini diakibatkan karena susahnya buang air besar sehingga perut menjadi sesak. Oleh sebab itu, cara mengatasi hal ini sebenarnya bisa diikuti dengan pola hidup yang sehat. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat, serta tentu saja minum air putih yang banyak agar pencernaan kita sehat dan jauh dari rasa melilit lagi.

Akibat menstruasi
Rasa melilit yang diakibatkan menstruasi juga sering menjadi momok bagi para pempuan setiap bulannya. Hal ini tentu saja akan membuat perut merasa tidak nyaman, apalagi saat banyak-banyaknya darah menstruasi yang biasanya membuat tubuh juga terasa sangat lemas. Banyak langkah agar kondisi ini tak berlarut lama, yakni dengan mengonsumsi obat penawar rasa sakit atau bisa mengompresnya dengan air hangat yang membuat perut menjadi lebih nyaman.

Sumber foto: Pexels.com

Keracunan makanan
Satu lagi yang bisa menyebabkan perut melilit yang bisa saja malah hal ini akan membahayakan diri kita sendiri. Akibat keracunan makanan yang tak hanya perut merasa kurang nyaman, juga ada muntah serta mual yang membuat tubuh terasa lemas. Banyak cara untuk atasi keracunan makanan, seperti minum obat penawar racun yang banyak dijual di apotek, minum air kelapa muda, dan tentu saja minum air putih yang banyak agar mendorong racun keluar dari tubuh kita.

Perut kembung
Siapa saja pasti pernah merasakan gejala perut kembung. Hal ini disebabkan masuk angin atau mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gas, di antaranya kol, durian, soda, dan sebagainya. Perut kembung ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengeluarkan angin lewat belakang, pasti akan terasa nikmat jika sudah dikeluarkan anginnya. Tak hanya itu, cara atasi perut kembung yang melilit juga bisa dengan mengoleskan minyak angin atau balsam yang panas agar perut terasa hangat dan nyaman.

Sakit perut memang sangat mengganggu, apalagi saat beraktivitas dan datangnya juga secara spontan. Mulai sekarang, jaga selalu kesehatan perut kita dengan pola hidup sehat serta menjalankan gaya hidup yang sehat juga. Semoga artikel ini bermanfaat.

RF