Share It
Berita Unik & Terkini

Penggemar Film Titanic Wajib Tahu Ini!
October 13, 2021

Penggemar Film Titanic Wajib Tahu Ini!

Memakai judul film samaran Planet Ice
Lazimnya film-film Hollywood berbiaya besar lainnya, pada saat proses produksi film Titanic nama judul filmnya sengaja disamarkan dan dipalsukan agar tidak bocor ke media dan publik. Planet Ice merupakan judul palsu yang dipakai selama proses produksi film Titanic garapan James Cameron tersebut. Meskipun nama proyek film tersebut sudah disamarkan, tetapi penggemar Leonardo DiCaprio tetap mendatangi lokasi shooting yang terletak di Fox Baja Studio, Meksiko.

Pemeran karakter Jack Dawson
Semua orang pasti setuju bahwa film Titanic berhasil memopulerkan dan menjadikan Leonardo DiCario sebagai salasatu aktor papan atas Hollywood. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa sebelum akhirnya memilih Leonardo DiCaprio, James Cameron sempat mempertimbangkan sejumlah aktor terkenal.

Sumber foto: famousbrasizes.com

Aktor-aktor yang dipertimbangkan menjadi pemeran utama film Titanic, di antaranya Tom Cruise, Brad Pitt, Matthew McConaughey, dan Jeremy Sisto. Di antara nama-nama tersebut Jeremy Sisto nyaris dipilih bahkan dirinya sudah sempat melakukan test di depan kamera bersama pemeran utama wanita, Kate Winslet. Pada akhirnya, James Cameron memutuskan Leonardo DiCaprio yang terpilih.

Madonna nyaris terlibat
Kesuksesan film Evita yang membawa Madonna meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik 1996 membuat namanya sempat dipertimbangkan terlibat dalam film Titanic. Tidak tanggung-tanggung, Madonna dikabarkan akan ditawari sebagai pemeran karakter utama wanita, Rose. Sejumlah aktris, seperti Nicole Kidman, Jodie Foster, Cameron Diaz, Sharon Stone, dan Gwyneth Paltrow juga dipertimbangkan oleh James Cameron. Pada akhirnya, James Cameron memutuskan Kate Winslet yang dianggap paling tepat memerankan karakter Rose.

Lindsay Lohan nyaris terlibat
Tidak hanya Madonna yang nyaris terlibat dalam film Titanic, nama besar lainnya yang gagal tampil di film ini yaitu aktris Lindsay Lohan yang saat itu berusia 8 tahun. Lindsay Lohan sendiri sebenarnya sudah lolos casting untuk memerankan karakter gadis kecil bernama Alexandrea Owens. Belakangan James Cameron terpaksa menggantinya dengan aktris cilik lainnya karena warna rambutnya yang kebetulan sama dengan karakter Rose (Kate Winslet).

James Cameron tidak ingin fokus perhatian penonton tertuju kepada kedua karakter tersebut bersamaan karena keduanya memiliki warna rambut yang sama. Menurutnya karakter Rose sebagai pemeran utama harus lebih mencolok dibanding karakter lainnya. Setahun kemudian, Lindsay Lohan tampil dalam film The Parent Trap yang berhasil mengangkat namanya dalam industri film Hollywood.

Sumber foto: marinelink.com

Biaya film Titanic lebih mahal dari biaya pembuatan kapal aslinya
Salasatu fakta menarik dari produksi film Titanic yakni biaya produksi film garapan James Cameron tersebut ternyata jauh lebih mahal dibandingkan biaya pembuatan kapal aslinya, RMS Titanic. James Cameron menghabiskan biaya sekitar 200 juta dolar untuk memproduksi film Titanic pada tahun 1997. Biaya asli untuk pembuatan kapal RMS Titanic saat itu sebesar 7,5 juta dolar. Apabila disesuaikan dengan nilai inflasi maka biaya tersebut berkisar sekitar 180 juta dolar dengan nilai saat ini.

Soundtrack Titanic
Awalnya, James Cameron berencana hanya memakai musik instrumental untuk soundtrack film Titanic. James Horner yang ditunjuk sebagai komposer musik untuk film ini diam-diam menyerahkan demo lagu My Heart Will Go On untuk dicoba dinyanyikan oleh Celine Dion secara tidak resmi. Hasil rekaman suara Celine Dion langsung memukau semua orang di studio saat itu.


Sumber foto: YouTube teamxceline

Menariknya, Celine Dion justru tidak yakin dirinya cocok menyanyikan lagu tersebut. James Horner kemudian berhasil meyakinkan James Cameron bahwa Celine Dion merupakan elemen pelengkap dari film Titanic yang tidak terpisahkan. Akhirnya, James Cameron sendiri yang membujuk dan berhasil meminta Celine Dion untuk terlibat dan menyanyikan soundtrack legendaris tersebut.

AI