Share It
Berita Unik & Terkini

Tips Sukses Bidik Objek Foto di Malam Hari
October 19, 2021

Tips Sukses Bidik Objek Foto di Malam Hari

Memotret objek apa pun merupakan kegiatan yang menyenangkan. Apalagi digeluti sebagai profesi bahkan hobi sekali pun. Saat memotret objek di jalanan, misalnya, yang pasti akan menambah dinamis serta tantangan memotret dengan teknik yang ciamik lagi. Memotret di jalanan atau disebut dengan istilah street photograpghy akan membawa suasana yang sangat memuaskan dan menggoda adrenalin untuk melakukan teknik fotografi yang lebih terampil lagi.

Saat memotret objek di jalanan juga tak hanya siang saja lho, saat malam hari juga kita bisa eksplorasi segalanya yang ada di jalanan. Bisa orang yang lalu-lalang, lampu jalanan, kendaraan yang lewat, dan sebagainya. Pergunakan juga teknik fotografi yang mumpuni serta bisa dilakukan dalam tata cahaya yang terbatas. Nah, menyoal membidik objek di malam hari, ada beberapa cara yang apik dalam penjelasan berikut ini:

Gunakan ISO yang tinggi
Saat memotret di malam hari, tidak hanya mengandalkan lampu taman atau lampu jalanan saja. Blitz pun memang akan sangat membantu untuk menerangkan objek yang kita bidik dengan apik. Namun, selain itu juga kita harus menggunakan ISO yang tinggi agar objek terbidik dengan baik dan jelas.

Sumber foto: Pexels.com

Gunakan lensa dengan kecepatan rana lebih tinggi
Untuk membidik objek foto di malam hari, tak hanya mengandalkan ISO yang tinggi saja. Namun, lensa yang digunakan juga harus andal dan bisa menangkap objek dengan jelas dan tajam. Lensa yang digunakan pun harus mempunyai kecepatan rana yang tinggi dengan bukaan yang besar juga. Kalian bisa menggunakan lensa 35mm. Bagi yang menyenangi membidik objek di malam hari saat di jalanan lensa ini merupakan andalannya dan setiap penikmatnya juga akan menggunakan lensa ini dengan maksimal.

Gunakan tripod agar pengambilan foto stabil
Bidikan objek foto di malam hari memang membutuhkan tangan yang stabil. Untuk itu, gunakan selalu tripod agar objek foto juga jelas dan tajam serta hasil gambar tidak menjadi blur. Tentu saja dengan mengunakan lensa yang mumpuni akan menambah objek menjadi lebih ciamik dan tangkapan gambar juga semakin memukai.

Sumber foto: Pexels.com

Atur aperture serta diaragma kamera
Nah, selanjutnya yang menjadikan objek foto memuaskan di malam hari yaitu penggunakan setting aperture serta diafragma pada kamera kalian. Gunakan fitur ini semaksimal mungkin agar objek foto yang diambil semakin jelas dan tajam. pengaturan diafragma kamera ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan cahaya terhadap hasil foto.

Penggunakan setting-an shutter speed juga dimaksimalkan
Selain cara yang di atas, dalam memotret objek di malam hari juga bisa menggunakan shutter speed sesuai kebutuhan. Setting-an shutter speed juga sangat dipertimbangkan agar hasil foto menjadi maksimal. Shutter speed bertujuan untuk membekukan aksi dan memiliki kecepatan rana yang cukup cepat untuk menghindari guncangan kamera.

Pastikan cahaya juga bisa mendukung
Objek tanpa cahaya yang mumpuni tidak akan apik terjepret kamera kalian. Untuk itu, pastikan cahaya yang ada juga mendukung serta objek dapat terlihat jelas dan diambil kamera dengan apik.

Bagaimana, bisa dipahami bukan mengenai cara agar sukses membidik foto di malam hari? Selalu gunakan kamera andalan kalian dan lakukan beberapa percobaan setting-an yang sesuai agar hasil foto juga semakin menakjubkan. Selamat mencoba dan keep jepret ya, guys!

RF