Share It
Berita Unik & Terkini

Yuk, Awasi Tekanan Darah agar Selalu Normal!
October 13, 2021

Yuk, Awasi Tekanan Darah agar Selalu Normal!

Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini bisa terjadi karena berbagai hal. Selain karena faktor keturunan atau genetik, hipertensi juga timbul akibat gaya hidup yang kurang sehat. Nah, masalahnya sekarang kita gak mau hipertensi lalu menyerang terus dan malah mengendap pada diri kita. Untuk itu, kita harus rajin mengontrol tekanan darah yang bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.

Banyak langkah sederhana untuk mengetahui apakah kita mengalami hipertensi atau tidak. Salasatunya yaitu dengan cara rutin melakukan cek tekanan darah setiap saat. Tak perlu ke klinik atau ke dokter, bahkan kita pun dapat melakukan secara mandiri di rumah. Bagaimana sebenarnya agar kita waspada dengan tekanan darah agar selalu normal? Mari simak penjelasan berikut ini!

Melakukan olahraga secara rutin
Berolahraga dengan rutin juga akan mengontrol tekanan darah kita. Oleh karena, kegiatan fisik ini akan membantu kesehatan jantung serta pembuluh darah arteri tetap elastis. Tentunya, jika keadaan pembuluh darah baik, aliran darah juga akan lancar. Simpulannya pun, tekanan darah akan terus normal.

Sumber foto: Pexels.com

Mengurangi asupan kafein
Langkah sederhana untuk mengontrol tekanan darah selanjutnya yaitu dengan mengurangi asupan kafein. Bukan berarti tak boleh minum kopi, lho, tetapi sebaiknya dikurangi saja kadarnya. Semula sehari dua gelas, bisa kurangi menjadi segelas saja. Simpel kan? Memang, seperti kita tahu, minum kopi sudah menjadi gaya hidup masa kini yang sulit untuk dihindari apalagi dengan menjamurnya kedai kopi kekinian. Namun, demi gaya hidup yang sehat ada sedikit usaha untuk tetap minum kopi dengan cara yang sehat juga.

Rutin cek tekanan darah secara mandiri
Sekarang tak perlu repot pergi ke dokter hanya untuk mengecek tekanan darah, bisa kita lakukan sendiri di rumah. Selalu cek tekanan darah setiap hari agar mengetahui tekanan darah kita normal atau tidak. Jika ada perubahan yang signifikan bisa melakukan antisipasi atau segera memeriksakan ke dokter jika dirasa ada yang tak normal dengan tekanan darah kita.

Mengurangi konsumsi garam
Langkah selanjutnya untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal yaitu dengan cara mengurangi konsumsi garam. Meskipun kita tak divonis hipertensi, sebaiknya memang melakukan gaya hidup sehat dengan mengurangi asupan garam pada tubuh kita sehingga kesehatan jantung juga tetap terjaga dengan baik.

Sumber foto: Pexels.com

Menambah aktivitas
Tak cuma olahraga, yang membuat tubuh kita bergerak dan menjaga jantung tetap sehat. Aktivitas lain yang membuat tubuh bergerak juga sebaiknya dilakukan setiap saat, misalnya berjalan kaki di sekitar rumah, memilih parkir agak jauh agar berjalan kaki ke kantor, atau juga dengan cara melakukan aktivitas pekerjaan rumah tangga, seperti menyapu, berkebun, mengepel, dan sebagainya. Mudah, bukan?

Pengawasan secara mandiri terhadap tekanan darah kita merupakan hal yang harus diperhatikan. Jika dilakukan setiap hari dengan disiplin dan terbiasa, maka semuanya juga akan menjadikan diri tetap sehat dan tekanan darah juga tetap terjaga dengan baik dan normal. Yuk, lakukan hal sederhana di atas, tentunya harus ikhlas dari hati dan tanpa paksaan untuk kesehatan tubuh kita selamanya. Ingat, tekanan darah yang normal merupakan sebuah cara untuk hidup sehat. Hindari hipotensi atau hipertensi sekali pun.

RF