Share It
Berita Unik & Terkini

Pertimbangan Kenapa Harus Punya Nilai Bagus
October 17, 2021

Pertimbangan Kenapa Harus Punya Nilai Bagus

Sering saat kita kecil hingga besar saat menuntut ilmu dinasihati orangtua, jika ingin nilainya bagus harus belajar, ingin lulus ya belajar, dan ingin terkabul cita-cita ya harus pintar dan belajar. Semuanya dikaitkan dengan belajar dan belajar, oleh karena proses belajar itulah yang menjadikan kita tahu dan bahkan bisa menjadi pribadi yang berkualitas. Tak hanya belajar, mendapatkan nilai tinggi saat ujian juga menjadi sebuah target. Oleh karena nilai yang bagus juga menjadi tolok ukur sebuah kesuksesan dalam mencapai proses belajar tadi.

Menyangkut soal nilai, ada kalanya orang hanya menasihatinya hanya sebelah mata saja. Nilai gak penting, yang penting hasil dan perilaku. Namun nyatanya, untuk masuk ke sekolah yang lebih tinggi pun nilai juga sangat dibutuhkan sebagai salasatu syarat untuk masuk pendidikan lebih lanjut sesuai keinginan. Nah, pertimbangan soal kita disarankankan memperoleh nilai yang bagus tersebut atas beberapa hal berikut ini, yuk mari kita simak bersama!

Persyaratan administrasi
Ayo, sering kita mendengar bahwa yang lolos beasiswa merupakan orang-orang yang mempunyai pencapaian nilai akademik yang bagus dan bahkan tinggi. Ternyata, tak dimungkiri bahwa nilai mata kuliah atau mata pelajaran sangat penting diraih jika ingin mendapatkan beasiswa dengan sukses. Tak dinyana, nilai bukan soal simbol angka di atas kertas saja, tapi sebuah syarat administrasi untuk memperoleh jenjang pendidikan selanjutnya atau pencapaian untuk prestasi.

Sumber foto: Pexels.com

Nilai yang tinggi merupakan sebuah prestasi
Prestasi hidup tak hanya ketika kita bisa melewati suatu ujian dan dapat mengambil hikmah dari semuanya. Namun, ada suatu yang memang kita pertimbangkan jika dalam studi bahwa jika ingin menunjukkan bahwa kita sukses, yakni dengan memperoleh nilai yang tinggi.

Nilai yang bagus merupakan pembeda identitas
Nah, apa maksudnya tentang pembeda identitas? Begini, orang yang mempunyai nilai yang bagus biasanya sering menjadi sorotan di lingkungannya atau dalam lingkup sekolahnya. Bagaimana tidak, orang yang berprestasi memang selalu menonjol di antara teman-temannya. Jadi, wajar saja jika seseorang mempunyai nilai yang bagus, itu merupakan identitasnya bagi dirinya sendiri.

Sumber foto: Pexels.com

Keuntungan bagi orangtua dan orang yang bersangkutan
Satu pagi pertimbangan jika kita mempunyai nilai yang bagus yaitu menjadi keuntungan bagi orangtua kita serta diri kita sendiri. Nilai yang bagus akan menjadi sebuah prestasi serta kebanggaan orangtua. Dengan mempunyai nilai yang bagus akan menjadi kebanggaan juga bagi sekolah sehingga tak jarang sekolah memberikan penghargaan atas perjuangan studi yang dilakukan oleh orang yang bersangkutan.

Menjadi bekal bagi kesuksesan kelak
Memang, sukses tak hanya dilihat dari nilai akademik yang kita rintis. Namun setidaknya, dengan mempunyai nilai akademik yang bagus dan tinggi akan menjadi bekal demi kesuksesan di masa mendatang. Mendapatkan beasiswa atau lolos tes tanpa ujian, misalnya itu menjadi sebuah penghargaan yang setinggi-tingginya karena kita sudah mencapai prestasi yang baik serta nilai yang memuaskan.

Begitulah, guys, selamanya manusia akan tetap berusaha menjadi yang terbaik bagi dirinya sendiri atau bahkan bagi keluarganya sebagai motivator penting dalam hidupnya. Seyogyanya, menjadi sebuah renungan bahwa perubahan dari tidak bisa menjadi bisa atau tidak tahu menjadi tahu, bahkan dari nilainya yang rendah menjadi tinggi merupakan sebuah proses pembelajaran diri serta sikap yang akan menjadi bekal bagi kehidupan selanjutnya.

RF