Share It
Berita Unik & Terkini

Hidup Mengedepankan Gengsi, Ini Akibat yang Timbul
October 13, 2021

Hidup Mengedepankan Gengsi, Ini Akibat yang Timbul

Kehidupan manusia banyak sekali dinamikanya, ada yang butuh pengakuan agar status sosialnya diakui oleh khalayak. Apalagi menyangkut status sosial yang menjadi sebuah tolok ukur kehidupan di masyarakat. Memang tak dimungkiri dengan berjalannya gaya hidup yang semakin kekinian serta setiap orang juga membutuhkan eksistensi dalam hidupnya sehingga banyak orang yang ingin disanjung dan bahkan merasa bahwa saya lebih dari yang lain.

Gengsi, sebuah kata yang menjadi ciri kesuksesan, keberhasilan, dan bahkan sebuah gaya hidup yang dimiliki sebagian orang untuk eksistensi dirinya. Tak ayal, banyak yang mengedepankan gengsi semata, tetapi ternyata di sisi lain malah hidupnya merana. Hidup bagai cangkang yang ingin terlihat bagus, tetapi isinya malah tidak sebagus cangkangnya. Nah, pada kali ini kami akan membahas soal gengsi serta akibat apa saja sih yang timbul jika terus dijadikan gaya hidup? Mari simak dalam penjelasan menarik di bawah ini.

Gengsi akan menyengsarakanmu
Pernah gak sih ada yang bilang bahwa hidup karena gengsi akan membuatmu semakin merana? Kembalikan lagi kepada sebuah kemampuan diri. Jika hidup gengsi demi sebuah status sosial, tetapi dirinya tidak berkemampuan secara materi, maka percayalah sikap tersebut akan membuatmu semakin menderita. Mencapai sesuatu yang tak bisa kita capai karena tidak mampu merupakan hal yang berat. Tak hanya itu, menabung kebohongan yang setiap hari dilakukan akan menjadi beban hidup yang tak akan pernah usai. Jadi, masih memikirkan hidup karena gengsi? Sebaiknya tinggalkan dan hiduplah sesuai dengan batas kemampuan kita sendiri saja, ya!

Sumber foto: Pexels.com

Hidup akan banyak masalah
Gengsi juga akan membuatmu tidak merasa tenang. Semakin hari akan timbul masalah yang baru karena dari awal sudah tidak jujur dengan keadaan serta gengsi membuat hidup semakin berlomba untuk setara dengan orang yang mampu padahal kita masih jauh kondisinya kea rah tersebut. Banyak yang ingin mencapai gaya hidup wah, misalnya punya mobil, tetapi mencicil dan cicilan per bulannya akan membuat dirinya semakin menderita. Demi mencicil mobil bahkan dia harus berjuang membagi-bagikan pos keuangannya dengan kondisi yang justru sangat terbatas. Akhirnya, masalah muncul dan kondisi ekonomi malah jadi memprihatinkan.

Menyenangkan diri dengan cara yang salah
Sering kita temui orang yang mengedepankan gengsi karena malu hidup sederhana dan ingin terlihat kaya, justru merupakan cara untuk menyenangkan diri dengan jalan yang salah. Bagaimana tidak, ingin punya sesuatu yang mentereng, tetapi kondisi ekonomi tak sanggup menyainginya. Akibatnya jadi hidup terpaksa untuk berada, tetapi kenyataannya jauh dari kondisi yang diharapkan. Diri senang hanya sesaat, setelahnya kalian akan bisa menebak bahwa kelanjutannya akan seperti apa.

Sumber foto: Pexels.com

Menyusahkan diri sendiri
Tak jarang, hidup mengejar sebuah pengakuan serta gengsi akan membuat diri cape dan susah sendiri. Mencapai sesuatu dengan kondisi diri kurang mampu akan menjadi cambuk serta tekanan mental yang amat kuat. Yuk, jujurlah kepada diri sendiri untuk hidup apa adanya dan sesuai dengan kemampuan!

Sesuatu yang akan menaikkan gengsi dalam kehidupan kita ada banyak faktornya, salasatunya yaitu kemampuan kondisi ekonomi serta sikap yang akan mengiringinya. Namun, jika salasatu hilang dan bahkan dengan kondisi yang dipaksakan, maka hidupnya akan berakhir merana dan tidak ada menjadi sebuah gaya bahkan menjadi cela. Setop hidup karena gengsi, tetapi hiduplah sesuai visi, misi, serta kreasi yang akan membuat hidup lebih berdaya serta bernilai.

RF