Share It
Berita Unik & Terkini

Ternyata Korea Utara Itu...
October 12, 2021

Ternyata Korea Utara Itu...

Korea Utara merupakan negara paling tertutup di dunia. Bahkan, mayoritas masyarakatnya diyakini belum mengetahui jika manusia sudah pernah mendarat di bulan pada tahun 1969 karena kontrol informasi yang ketat dari pemerintah. Sejumlah upaya sudah dilakukan untuk kembali mempersatukan Korea Utara dengan Korea Selatan dalam satu negara, tetapi belum berhasil hingga saat ini. Negara yang selalu membuat kesal Amerika Serikat dengan uji coba persenjataan nuklirnya tersebut ternyata memiliki banyak fakta unik dan menarik.

Masyarakat Korea Utara lebih pendek dari masyarakat Korea Selatan
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mayoritas tinggi badan masyarakat Korea Utara ternyata lebih pendek dibandingkan masyarakat Korea Selatan. Hal ini terjadi setelah berlangsungnya perang Korea pada tahun 1950-an. Masyarakat Korea Utara tinggi badannya lebih pendek sekitar 2 inci. Masalah gizi buruk yang dialami Korea Utara diduga menjadi faktor penyebabnya.

Memiliki sedikit jalan aspal
Sejak tahun 1990-an, Korea Utara dilanda krisis berkepanjangan karena gagal panen dan sanksi ekonomi dari sejumlah negara Barat. Tidak mengherankan jika banyak program pembangunan banyak yang terhenti termasuk infrastruktur jalan. Korea Utara memiliki total 15.554 km ruas jalan, tetapi hanya 724 km yang sudah diaspal dan mayoritas di kota-kota besar. Jumlah tersebut artinya hanya kurang dari 3 persen dari seluruh jalan di Korea Utara yang sudah diaspal hingga saat ini.

Sumber foto: independent.co.uk

Memiliki zona waktu sendiri
Pada 15 Agustus 2015, pemerintah Korea Utara secara resmi mengumumkan pemberlakuan zona waktu mereka sendiri yang dinamakan zona waktu Pyongyang. Pemilihan tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan 70 tahun pembebasan Korea dari pendudukan tentara Jepang. Zona waktu Pyongyang 30 menit lebih lambat dari Korea Selatan dan Jepang.

Kekuasaan dinasti keluarga
Meskipun menganut paham komunis dan sosialis, Korea Utara adalah satu-satunya negara komunis yang pemimpinnya dijabat oleh anggota keluarga yang sama. Korea Utara awalnya dipimpin oleh pendirinya yakni Kim Il Sung dan kemudian dilanjutkan oleh anaknya, Kim Jong-il. Saat ini Korea Utara dipimpin oleh anak Kim Jong-il yakni Kim Jong-un. Sejumlah pengamat memperkirakan adik perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, akan menjadi pemimpin Korea Utara selanjutnya.

Sumber foto: japantimes.com

Aturan model rambut di Korea Utara
Pemerintah Korea Utara mengatur masyarakatnya hingga urusan model rambut. Untuk model rambut pria, panjangnya tidak boleh melebihi 2 cm. Untuk wanita diharuskan tetap menjaganya dengan model panjang bob. Pemerintah bahkan menyarankan masyarakat meniru model rambut pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dan istrinya untuk dijadikan referensi terbaik model rambut di Korea Utara.

Selalu utamakan pemimpin negara
Terdapat sebuah peraturan tidak masuk akal yang berlaku di Korea Utara. Peraturan tersebut memerintahkan setiap masyarakat Korea Utara untuk memprioritaskan menyelamatkan foto pemimpin Korea Utara apabila rumah dan bangunan mereka terbakar. Apabila foto pemimpin Korea Utara tersebut sudah berhasil diselamatkan barulah kemudian menyelamatkan diri masing-masing. Mereka yang mengalami musibah kebakaran, tetapi tidak berhasil menyelamatkan foto pemimpin Korea Utara akan mendapatkan sanksi dan hukuman dari pemerintah. Setiap rumah dan bangunan di Korea Utara wajib memasang foto pemimpin mereka.

Ibukota Pyongyang dijaga satu juta pasukan
Korea Utara hingga hari ini masih belum menyatakan secara resmi bahwa Perang Korea yang berlangsung pada tahun 1950-an telah berakhir. Korea Utara hanya menyatakan bahwa mereka kini dalam status gencatan senjata dengan Korea Selatan. Hal ini yang membuat Korea Utara selalu bersiaga dengan pasukannya untuk mengantisipasi serangan dari Korea Selatan dan Amerika Serikat. Selain memiliki senjata nuklir, ibukota Pyongyang dijaga oleh sekitar 1,2 juta pasukan tentara aktif.

AI