Share It
Berita Unik & Terkini

Rahasia di Balik Segarnya Buah Melon
October 11, 2021

Rahasia di Balik Segarnya Buah Melon

Hampir semua orang menyukai buah melon. Buah melon dikenal enak dan memiliki tekstur yang lembut sehingga selain dikonsumsi dalam bentuk potongan juga sering dinikmati dalam bentuk minuman jus yang menyegarkan. Buah melon ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Melon sangat baik untuk kesehatan kulit, mata, saraf, ginjal, dan bahkan untuk mencegah risiko timbulnya penyakit kanker.

Setiap Buah melon mengandung kadar vitamin C (asam askorbat) sekitar 34 mg per 100 gram. Vitamin C sendiri dapat diandalkan sebagai antioksidan dalam tubuh yang sangat efektif untuk menangkal radikal bebas. Oksidan atau radikal bebas adalah zat berbahaya yang dapat menyerang sel-sel tubuh. Fungsi vitamin C juga berkaitan dengan kolagen yang merupakan senyawa protein. Kolagen dapat mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit.

Buah melon merah dan melon oranye memiliki kandungan senyawa karotenoid. Senyawa ini berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan juga bisa diubah menjadi vitamin A. Vitamin A sendiri sangat penting dan dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan jaringan ari pada kulit agar tetap sehat. Semakin sering mengonsumsi buah melon dapat membuat kulit kita menjadi tidak kasar serta permukaan kulitnya pun tidak akan kering.

Kadar karetonoid yang tinggi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat menurunkan risiko tumbuhnya sel kanker. Karotenoid bersama vitamin E dan C berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kanker paru-paru.

Sumber foto: pexels.com

Melon juga adalah salasatu sumber vitamin B. Vitamin B1 berperan dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi secara optimal. Selain vitamin B1, melon juga kaya kandungan vitamin B2 (riboflavin) dan niasin yang berperan untuk menjaga kesehatan kulit, mata, dan saraf. Niasin berfungsi untuk mencegah gangguan pada pencernaan.

Melon adalah salasatu buah yang dikenal memiliki banyak kandungan mineral. Kandungan kalsium dalam melon dapat membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Sementara kandungan mineral dalam melon dapat membantu menghilangkan tingkat keasaman tubuh dan menyembuhkan sembelit.

Kadar air yang terkandung dalam melon jumlahnya cukup besar, yakni bisa mencapai 95 persen. Tingginya kadar air tersebut yang akhirnya memberikan efek menyejukkan saat kita mengonsumsi melon. Kadar air dalam melon juga dapat membantu meredakan gejala panas dalam dan membersihkan organ ginjal dari sisa-sisa metabolisme.

Sumber foto: pexels.com

Air berfungsi sebagai pelarut, bagian dari pelumas, pereaksi kimia, membantu mengatur suhu tubuh, serta memelihara bentuk juga susunan tubuh. Melon sendiri mempunyai daya diuretik yang sangat baik. Mengonsumsi melon secara teratur dapat membantu mencegah risiko terkena penyakit ginjal.

Melon juga memiliki kandungan serat pangan 0,7 g per 100 g melon. Manfaat serat tersebut antaranya, yaitu untuk mencegah terbentuknya senyawa karsinogenik (pemicu kanker) dan menurunkan kolesterol. Selain itu, senyawa tersebut dapat membantu mempermudah proses buang air besar (BAB), membantu penurunan berat badan, mengontrol gula darah sehingga bermanfaat mencegah diabetes. Melon sering direkomendasikan sebagai salasatu menu pendamping bagi mereka yang sedang menjalani program diet sehat.

Melon memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, karena itu mulailah memperbanyak konsumsi melon. Bagi yang menyukai mengonsumsi melon dalam bentuk minuman jus, disarankan untuk tidak memakai atau setidaknya mengurangi pemanis tambahan saat meminumnya. Manfaat kesehatan jus melon bisa lebih kita rasakan apabila mengonsumsinya secara alami tanpa tambahan apapun..

AI