Share It
Berita Unik & Terkini

Ingat, Hal Ini Jangan Gegabah Diputuskan, Apa Sajakah?
October 12, 2021

Ingat, Hal Ini Jangan Gegabah Diputuskan, Apa Sajakah?

Manusia memang kehidupannya banyak sekali dinamika. Tak hanya sikap dalam dirinya juga berbagai polah serta masalah dalam hidup yang butuh pemikiran matang. Mempunyai sikap yang tergesa-gesa dalam memutuskan atau melakukan sesuatu pasti ujungnya ada saja ketidakpuasan. Entah pekerjaan kita kurang sempurna, tidak bermanfaat bagi orang banyak, atau menjadi sebuah kegagalan karena tidak dipikirkan dengan sangat matang.

Dalam menjalani kehidupan banyak hal yang harus menjadi pertimbangan dengan tidak memberi keputusan sembarangan. Pikiran baik-baik dan pertimbangkan dengan sangat matang agar kita nantinya tidak menyesal serta gegabah dalam menentukan sesuatu. Banyak hal yang menjadi kita tahu bahwa sebuah keputusan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Ingat, jangan gegabah memutuskan sesuatu ya, apalagi urusan soal berikut ini:  

Memberi kepercayaan kepada orang lain
Banyak pelajaran yang harus kita ambil dari sini bahwa sikap percaya itu mahal harganya. Setidaknya dalam memberikan kepercayaan kita harus berhati-hati dan waspada. Meskipun dengan orang yang terdekat pun kita harus menyikapinya dengan saksama dan penuh kebijakan. Akibatnya akan fatal jika terlalu cepat memberikan kepercayaan sementara orang itu tidak amanah kepada kita.

Sumber foto: Pexels.com

Percintaan
Hal yang harus dipertimbangkan dalam hidup termasuk saat kita memutuskan untuk melabuhkan cinta kepada seseorang. Sebelumnya, dalam menyatakan cinta kita harus memikirkan dengan matang, jangan terburu-buru. Banyak kriteria yang harus kita pikirkan karena memilih pasangan sejatinya memilih teman untuk hati kita. Termasuk memutuskan menikah dan bercerai juga merupakan keputusan yang harus dipertimbangkan dan tidak boleh dengan gegabah melakukannya. Pikirkan dengan kepala dingin dan jangan melakukan hal yang terburu-buru.

Menilai karakter orang lain
Sering kita dengan gampangnya menilai orang lain dari postingan akun media sosialnya, padahal secara pribadi tidak mengenalnya dengan baik. Hal ini juga jangan kita lakukan terburu-buru, pahami untuk selalu berbaik sangka kepada orang lain. Menilai orang juga jangan dari cover-nya semata jika belum mengenalnya. Apalagi memutuskan asumsi bahwa si A itu sombong atau si B itu pelit dan sebagainya.

Membeli sesuatu yang mahal
Membeli sesuatu yang mahal juga harus kita pertimbangkan sebelumnya. Misalnya, mau membeli rumah dan mobil tentu saja pikirkan apa keuntungannya serta kerugiannya. Tak hanya itu, lihat juga keuangan kita apakah mampu atau tidak dan jangan memaksakan. Keputusan untuk membeli sesuatu memang harus dipikirkan dengan masak. Tentu saja agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Sumber foto: Pexels.com

Memberikan asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh kita
Segala bentuk yang kita makan dan minum sehari-hari akan menjadikan tubuh kita sehat. Akan tetapi, jika kita makan dan minum sembarangan dan tidak bermanfaat bagi tubuh kita, efeknya tubuh akan sakit dan tentu saja aktivitas kita juga sangat terganggu. Oleh sebab itu, dalam hidup juga kita harus mempertimbangkan asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh kita. Apalagi jika umat Islam mengenal kata halal dan haram, dan sebaiknya makan tidak terburu-buru serta menelaah makanan yang kita makan apakah sudah halal atau belum halah.

Tidak selamanya dalam mengambil keputusan harus dilakukan dengan cepat dan tanggap. Kita sebagai manusia harus mengerti bahwa banyak sekali hal-hal yang harus dipikirkan dan menjadi pertimbangan. Hidup bukan untuk hari ini saja, tapi untuk masa depan nanti.

RF