Share It
Berita Unik & Terkini

Tips Menyiasati Mahalnya Biaya Pembangunan Rumah
October 10, 2021

Tips Menyiasati Mahalnya Biaya Pembangunan Rumah

Memiliki rumah mungkin menjadi impian hampir semua orang. Bagi yang beruntung ada orang yang berkesempatan memiliki rumah dengan membangunnya dari awal. Sebagian orang lainnya memiliki rumah dengan cara membeli rumah dalam keadaan sudah terbangun. Membangun rumah dari awal sebenarnya sangat menyenangkan karena rumah tersebut dibangun sesuai dengan apa yang kita inginkan dan impikan.

Membangun sebuah rumah membutuhkan biaya yang sangat besar dan seringkali biayanya justru melebihi dari anggaran yang dianggarkan semula. Diperlukan manajemen keuangan yang tepat apabila kita hendak membangun rumah untuk mencegah rumah tersebut gagal diselesaikan pembangunannya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat anggaran dalam membangun hunian impian kita.

Cari lahan rumah yang kecil
Tips pertama yang bisa dilakukan yakni dengan mencari lahan rumah yang kecil. Semua orang pasti menginginkan memiliki rumah dengan halaman pekarangan yang luas dengan taman yang hijau, tapi tentu saja hal tersebut membutuhkan biaya yang sangat besar. Memiliki rumah dengan halaman yang luas dan lokasinya berada di tengah kota membutuhkan biaya yang sangat besar apalagi harga tanah di perkotaan yang terus naik setiap tahunnya.

Dengan memilih lahan yang kecil dapat menjadi pilihan utama dalam memangkas anggaran pembangunan rumah. Lahan yang kecil akan mengharuskan kita untuk membuat rumah yang ukurannya relatif kecil juga. Dengan ukuran bangunan yang kecil maka biaya pembangunannya pun disiasati menjadi relatif lebih murah. Dalam membangun rumah tentunya kita harus menyesuaikan dengan kemampuan agar tidak membebani ke depannya.

Sumber foto: karousell.com

Desain rumah yang minimalis
Tips kedua yang bisa dilakukan untuk menghemat anggaran dalam membangun rumah yakni dengan mendesain rumah dengan model yang minimalis. Rumah model minimalis sangat populer di Indonesia sejak awal tahun 2000-an hingga saat ini. Model rumah minimalis memungkinkan kita untuk mendesain rumah yang fungsional dan minimalis. Perabotan yang digunakan pada rumah minimalis umumnya lebih sedikit dan sederhana dengan nuansa modern. Rumah minimalis jarang yang memakai perabotan ukuran besar seperti rumah lama pada umumnya.

Mencari kontraktor yang berpengalaman
Membangun sebuah rumah tidaklah semudah seperti yang dibayangkan. Membangun rumah membutuhkan perencanaan dan pengawasan yang rinci dan mendetail pada setiap bagiannya. Salasatu solusi terbaik dalam menangani hal ini yaitu dengan mencari jasa tenaga kontraktor pembangunan rumah yang berpengalaman.

Jasa kontraktor pembangunan dapat membantu kita untuk menghemat biaya dan waktu. Meskipun biaya jasa kontraktor pembangunan akan terasa lebih mahal di awal, tapi kita akan sangat terbantu ke depannya. Kontraktor yang berpengalaman dapat memastikan kualitas pembangunan rumah dan waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat. Dalam jangka panjang hal ini dapat membantu menghemat biaya perawatan rumah.

Sumber foto: besibeton.net

Memakai atap baja ringan
Salasatu pengeluaran terbesar dalam pembangunan rumah saat ini yaitu biaya pemasangan rangka atap. Penggunaan rangka atap baja ringan bisa menjadi salasatu solusi yang tepat. Atap baja ringan walaupun secara material sedikit lebih mahal dibandingkan atap biasa atau cor beton, tapi memiliki sejumlah kelebihan. Atap baja ringan lebih mudah dan cepat untuk dipasang dan memiliki ketahanan material yang lebih baik.

Keunggulan lain dari penggunaan atap baja ringan yakni tidak membebani fondasi bangunan. Bobot rangka atap baja ringan tidak seberat rangka kayu yang sering dipakai pada bangunan rumah lama. Atap baja ringan juga tidak mudah lapuk termakan usia maupun rayap sehingga perawatan ke depannya bisa lebih ekonomis.

AI