Share It
Berita Unik & Terkini

Ternyata Sayuran Kangkung Banyak Manfaatnya lho!
October 10, 2021

Ternyata Sayuran Kangkung Banyak Manfaatnya lho!

Kangkung merupakan salasatu jenis sayuran yang sangat dikenal di kawasan Asia, terutama Indonesia. Kangkung memiliki rasa yang gurih dan banyak kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kangkung juga banyak tersedia di pasaran dengan harga yang ekonomis dan relatif terjangkau oleh masyarakat umum.

Tidak heran jika sejak lama banyak masyarakat Indonesia yang memakai kangkung sebagai salasatu bahan baku utama hidangan sayuran untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi sayuran yang memiliki nama latin ipomoea aquatica ini.

Melawan kerusakan hati
Kangkung dikenal sangat efektif dalam menjaga kesehatan serta melawan kerusakan organ hati pada tubuh. Sayuran yang juga sering disebut sebagai bayam air ini ternyata dapat membantu melindungi organ hati dari kerusakan, luka, maupun peradangan. Kangkung juga dapat memicu produksi enzim dalam tubuh. Enzim tersebut nantinya yang akan membersihkan (detoksifikasi) organ hati dari berbagai racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan dan risiko gangguan kesehatan.

Sumber foto: honestdocs.id

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, seseorang dituntut memiliki imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang baik dan kuat. Hal ini sangat penting untuk mencegah dan menangkal penyakit dalam tubuh. Kangkung ternyata dapat membantu meningkatkan imunitas bahkan membantu mengurangi risiko munculnya berbagai penyakit kronis. Kangkung juga dapat mencegah penyakit lainnya yang disebabkan oleh lemahnya sistem imunitas tubuh.

Sayuran kangkung  juga dikenal memiliki kandungan tinggi vitamin C yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus melawan kerusakan sel. Kerusakan sel yang dimaksud tersebut termasuk kerusakan yang disebabkan oleh berbagai penyakit kronis, seperti jantung, stroke, atau infeksi virus dan bakteri. Kangkung ternyata penting untuk dikonsumsi secara rutin demi menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh.

Baik untuk kesehatan dan perkembangan otak 
Otak merupakan salasatu organ vital dalam tubuh manusia sehingga harus selalu dijaga dengan baik kesehatannya. Salasatu kandungan yang terdapat pada kangkung, yaitu vitamin B dan omega. Keduanya dikenal sangat baik untuk fungsi dan perkembangan otak.  Banyak ahli kesehatan yang menganjurkan agar anak-anak dan orang dewasa aktif rutin mengonsumsi kangkung untuk tetap menjaga kesehatan otak mereka.

Sumber foto: makanabis.com

Mencegah anemia
Mengonsumsi kangkung secara rutin dapat membantu mencegah timbulnya anemia atau kondisi tubuh yang mengalami kekurangan darah. Kandungan zat besi yang terdapat pada kangkung terbukti dapat membantu mencegah timbulnya anemia. Zat besi sendiri dikenal sangat ampuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh. Sel darah merah sangat diperlukan tubuh untuk mengangkut udara oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh vital kita seperti jantung dan otak.

Baik untuk kesehatan mata
Selama ini mungkin banyak orang yang mengira bahwa hanya sayuran wortel yang baik untuk kesehatan mata. Sebenarnya masih banyak sayuran lain yang juga baik untuk kesehatan seperti kangkung. Kangkung mengandung banyak vitamin A, karotenoid dan lutein yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin A sendiri berfungsi untuk melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus yang ada di sekitar kita. Vitamin A dapat membantu meningkatkan produksi cairan untuk mencegah mata kering. Dianjurkan untuk sering mengonsumsi wortel dan kangkung agar fungsi kesehatan mata dapat terus terjaga dengan baik.

AI