Share It
Berita Unik & Terkini

Fakta Unik Menara Eiffel Paris yang Memukau Dunia
October 9, 2021

Fakta Unik Menara Eiffel Paris yang Memukau Dunia

Bangunan menara Eiffel
Menara Eiffel selesai dibangun pada 31 Maret 1889 dan menjadikannya sebagai bangunan tertinggi yang pernah dibangun manusia sebelum dikalahkan oleh gedung Chrysler di New York pada tahun 1930. Menara Eiffel memiliki ketinggian 324 meter (termasuk antena) dan kerangka besinya sendiri memiliki berat total sekitar 10.100 ton. Proses pembangunan menara Eiffel memakan waktu dua tahun dua bulan dan lima hari.

Sosok di balik menara Eiffel
Perancang menara Eiffel, Gustave Eiffel dikenal sebagai salasatu arsitek terkenal Perancis pada masanya. Selain menara Eiffel, Gustave Eiffel juga terlibat dalam pembuatan patung Liberty yang kemudian dihadiahkan kepada masyarakat Amerika. Sayangnya, reputasinya kemudian hancur ketika terlibat dalam proyek terusan kanal Panama yang gagal.

Sumber foto: biography.com

Gustave Eiffel sendiri sempat memiliki sebuah unit apartemen kecil pribadi yang terletak di lantai tiga menara Eiffel. Ruangan tersebut biasanya dipakai khusus untuk menghibur teman-teman dan relasinya yang datang berkunjung ke menara Eiffel. Ruangan tersebut kini terbuka dan bisa diakses oleh publik.

Adolf Hitler dan menara Eiffel
Pada 23 Juni 1940, Adolf Hitler berkunjung ke menara Eiffel setelah Paris berhasil ditaklukkan oleh pasukan Nazi Jerman. Dalam kunjungannya tersebut Hitler tampak tidak terlalu terkesan dengan keindahan ikon kota Paris tersebut. Bahkan saat tentara Sekutu mulai bergerak mendekati Paris pada tahun 1944, Hitler sempat memerintahkan Gubernur Militer Jerman untuk Paris, Dietrich von Choltitz, menghancurkannya. Perintah tersebut tentu saja ditolaknya. Apabila saat itu Jerman benar-benar menghancurkannya mungkin menara Eiffel kini hanya tinggal kenangan.

Sumber foto: onthisday.com

Nazi Jerman memang berusaha melakukan sejumlah perubahan terhadap menara Eiffel selama menguasai Perancis. Kabel lift menuju puncak menara sengaja dipotong dan menara puncaknya sendiri ditutup untuk masyarakat umum. Nazi bahkan sempat berusaha memasang lambang swastika ukuran raksasa di puncak menara untuk menunjukkan dominasi Jerman atas Perancis. Akibat ukurannya yang terlalu besar dan sempat jatuh maka mereka terpaksa menggantinya dengan lambang swastika ukuran kecil.

Naik ke puncak menara
Menara Eiffel bisa dinaiki hingga ke puncak menaranya. Terdapat dua cara untuk menuju puncak menara Eiffel, yakni dengan menaiki tangga dan naik lift. Apabila memilih lewat tangga maka pastikan kita memiliki fisik dan stamina yang kuat karena terdapat 1.665 anak tangga yang harus dilewati.

Sebagian besar pengunjung menara Eiffel umumnya lebih memilih naik lift menuju puncak menara. Selain lebih cepat dan nyaman, pemandangan keindahan kota Paris dari dalam lift memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Tentu saja untuk dapat naik lift menuju puncak menara tersebut pengunjung akan dikenakan biaya.

250 juta pengunjung
Sejak kali pertama dibuka untuk umum pada 31 Maret 1889, menara Eiffel sudah dikunjungi lebih dari 250 juta orang dari seluruh dunia. Setiap tahunnya diperkirakan 7 juta orang mengunjungi dan menaiki menara Eiffel dan menjadikannya sebagai bangunan monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Meskipun menara Eiffel dikunjungi oleh orang dari seluruh dunia tapi terdapat delapan negara yang mayoritas mendominasi kunjungan tersebut. Negara-negara tersebut, yakni Perancis, Italia, Spanyol, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Brazil.

Sumber foto: matadornetwork.com

Lampu dan cat menara Eiffel
Setiap malamnya menara Eiffel memancarkan lampu yang menerangi kota Paris dan menjadikan menara Eiffel bermandikan cahaya lampu. Jumlah lampu yang dipakai dan dinyalakan menara Eiffel setiap malamnya yaitu kurang lebih sekitar 20.000 bohlam lampu. Mungkin jumlah lampu di seluruh kawasan Monas, Jakarta, masih kalah jauh dibandingkan dengan jumlah lampu pada menara Eiffel.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa menara Eiffel akan menjalani pengecatan ulang secara rutin setiap tujuh tahun sekali. Pengecatan tersebut bertujuan agar besi menara Eiffel tidak mudah korosi dan berkarat. Jumlah cat yang dibutuhkan untuk mengecat ulang menara Eiffel sebanyak 60 ton.

AI