Share It
Berita Unik & Terkini

Toei Rilis Shin Kamen Rider Peringati Kamen Rider 50th Anniversary
October 8, 2021

Toei Rilis Shin Kamen Rider Peringati Kamen Rider 50th Anniversary

Toei Company, selaku pemegang lisensi serial Kamen Rider, sempat mengungkapkan akan membuat sebuah film berjudul Shin Kamen Rider, salasatu film yang diproduksi dalam rangka memperingati hari jadi franchise Kamen Rider yang ke-50 tahun. Film ini sendiri merupakan reboot dari seri Kamen Rider pertama (Ichigo) yang pernah tayang pada tahun 1971. Kamen Rider Ichigo adalah karakter kamen rider generasi pertama, ciptaan Shotaro Ishinomori, yang tayang tanggal pada 3 April 1971 sampai dengan 10 Februari 1973, sebanyak 98 episode. Sosok Kamen Rider Ichigo diperankan oleh seorang aktor sekaligus stuntman Jepang, Hiroshi Fujioka sebagai karakter utama, yaitu Takeshi Hongo.

Shin Kamen Rider - Hongo TakeshiSumber foto: www.tokusatsunetwork.com

Dalam serial Kamen Rider klasik ini bercerita tentang kisah seorang mahasiswa jenius yang juga hobi balap motor bernama Takeshi Hongo. Hongo diculik oleh organisasi kejahatan bernama Shocker untuk dijadikan cyborg, yang akan digunakan mereka sebagai senjata dalam misi mereka menguasai Jepang. Beruntung sebelum pencucian otaknya dimulai, Shocker mengalami sedikit permasalahan internal, dan Hongo berhasil melarikan diri. Menyadari kalau hidupnya tak sama lagi, akhirnya Hongo pun bertekad dengan kekuatannya untuk melawan kaum Shocker dengan kondisi dirinya menjadi cyborg manusia serangga.

Shin Kamen Rider - Ichigo RiderSumber foto: towardstanduk.com

Dan akhirnya, Toei mengungkapkan serangkaian trailer perdana dan juga aktor utama yang akan berperan untuk Shin Kamen Rider nanti. Aktor Sousuke Ikematsu akhirnya ditunjuk untuk memerankan wajah baru dari karakter utama Takeshi Hongo/Kamen Rider Ichigo. Untuk alur ceritanya sendiri tidak jauh berbeda dengan serial originalnya, mengkisahkan seorang pahlawan bertopeng yang ingin membalaskan dendamnya pada organisasi Shocker yang telah menjadikan dirinya sebagai sebuah eksperimen untuk menguasai dunia. Sebelumnya, aktor Sousuke Ikematsu juga pernah muncul di film populer seperti The Last Samurai dan juga Death Note: Light up the New World.

Shin Kamen Rider - Sousuke IkimatsuSumber foto: jefusion.com

Nantinya akan tampil bersama Sousuke Ikematsu yang tidak lain yaitu aktris Minami Hamabe, yang nantinya akan berperan sebagai Ruriko Midorikawa. Sosok karakter yang muncul di episode 1-13 dari seri Kamen Rider asli dan akan jadi heroine utama dalam film ini. Dalam perannya tersebut, diceritakan kalau Ruriko merupakan putri Hiroshi Midorikawa, seorang ilmuwan dari Shocker yang membantu Takeshi melarikan diri, tetapi akhirnya terbunuh. Ruriko awalnya menyalahkan Takeshi atas kematian ayahnya, tetapi akhirnya dia pun menjadi sekutu Takeshi setelah mengetahui soal kebenaran cerita tersebut. Sebelumnya, Minami juga pernah berperan sebagai Meiko “Menma” Honma dalam film live-action Anohana, dan juga dikenal sebagai Yumeko Jabami dalam live-action Kakegurui.

Shin Kamen Rider - Minami HamabeSumber foto: jefusion.com

Pada tahun 2005, TOEI juga sempat me-remake ulang film Kamen Rider Ichigo dalam bentuk movie dengan judul Kamen Rider The First dan Kamen Rider: The Next. Disini Kamen Rider Ichigo mendapat pembaharuan dalam kostum dan motornya, Untuk alur ceritanya pun sama dengan serial originalnya, hanya saja lebih terasa unsur drama daripada action-nya.

Untuk Shin Kamen Rider disutradarai oleh Hideaki Anno, seorang sutradara yang juga menyutradarai film Shin lainnya, seperti Shin Godzilla, Shin Evangelion, dan Shin Ultraman. Anno menyebutkan bahwa Kamen Rider merupakan sosok karakter yang digemarinya sejak masih kecil. Untuk Shin Kamen Rider dijadwalkan akan rilis pada Maret 2023.

Shin Kamen Rider - Hideaki AnnoSumber foto: newyorktimes.com

Seri Kamen Rider merupakan hasil produksi bersama Mainichi Broadcasting System/NET, dan dibuat oleh Studio Toei. Kamen Rider juga di adaptasi dalam bentuk manga yang diterbitkan di Sh┼Źnen Magazine pada masa yang sama. Dampak budaya Kamen Rider begitu besar di Jepang, sehingga astronom Akimasa Nakamura menamai dua planet minor sebagai 12796 Kamen Rider dan 12408 Fujioka, mengikuti nama Hiroshi Fujioka, pemeran karakter utama Takeshi Hongo/Kamen Rider 1 (Ichigo).

RA