Share It
Berita Unik & Terkini

Manusia Harus Berusaha Lebih Baik, Apa Saja Contohnya?
October 11, 2021

Manusia Harus Berusaha Lebih Baik, Apa Saja Contohnya?

Sudah sewajarnya manusia mengidamkan harapan yang baik di masa yang akan datang karena manusia sifatnya tidak puas dan ingin berhasil. Dengan usaha dan doa memang semuanya bisa diwujudkan, tentu saja dengan bekerja keras dan tidak lupa bekerja dengan jujur dan baik. Namun, apakah kita sering menyadari bahwa ada saja halangan dalam mencapainya, dan inilah yang disebut ujian dalam kehidupan. Namanya hidup ada senang dan susah, roda di atas dan di bawah, serta ada berhasil dan juga gagal.

Berbagai kegagalan dan ujian akan menumbuhkan berbagai perubahan sehingga membuat manusia menjadi lebih baik. Jadi, anggap semua ujian merupakan jembatan untuk meraih keberhasilan kita. Nah, sudah tepat rasanya pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa hal yang membuat manusia menjadi lebih baik. Dan simak penuturannya di bawah ini yuk, semoga menambah wawasan kita semua kali ini.

Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan
Kehidupan kita semuanya berkah dari Tuhan. Oleh sebab itu, pada faktanya memang Tuhan akan selalu bersama kita sepanjang jalan kita melakukan proses kehidupan. Dengan menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya akan membuat kita menjadi manusia lebih baik. Jika menjauh sedikit dari ibadah, maka hati ini akan merasa tidak nyaman dan segera mendekatkan diri lebih lagi kepada Tuhan. Menjadi manusia yang lebih baik bukan hanya harapan orang-orang tercinta di sekeliling kita, tetapi atas tekad diri sendiri juga untuk berubah demi menjalani kehidupan lebih baik.

Sumber foto: Pexels.com

Bersikap mandiri dan tidak menyusahkan orang lain
Bersikap mandiri dan tegas dalam menjalani kehidupan merupakan bentuk sebuah komitmen hidup. Tentu saja, dengan mempunyai sikap yang lebih mandiri, maka secara langsung juga kita tidak akan menyusahkan orang lain. Misalnya, kita selalu menyusahkan orangtua dalam segala hal, mulai sekarang tegaskan dalam diri untuk lebih maju dan mandiri. Pikirkan untuk membahagiakan mereka dibandingkan menyusahkan hidup orangtua kita terus menerus.

Tepat waktu
Terdengar begitu sepele, tetapi pada kenyataannya orang yang menghargai waktu akan menjadi orang yang berhasil. Dari sikap menghargai waktu, tak hanya dirinya sendiri yang ia hargai, pun orang lain yang berhubungan dengan pekerjaannya. Secara langsung juga jika kita merupakan pribadi yang tepat waktu akan memudahkan urusan orang lain dan diri kita sendiri. Ingat kata pepatah, permudahlah urusan orang lain agar urusan kita sendiri juga dipermudah.

Sumber foto: Pexels.com

Bangun tidur lebih pagi
Nah, banyak yang menyepelekan bangun tidur lebih awal karena banyak hal, salasatunya malas. Namun, pada faktanya bangun tidur lebih awal akan membuat diri menjadi produktif, ibadah lebih rajn, olahraga juga bisa dilakukan lebih pagi, sarapan, serta semangat pergi bekerja tanpa persiapan yang dadakan. Mempersiapkan diri lebih baik dan teratur bisa dilakukan dengan biasa bangun pagi setiap hari.

Peduli dengan sesama

Kepuasan diri bisa kita dapat dari hal apa saja, salasatunya yaitu berbagi dengan orang yang lebih membutuhkan. Bersedekah atau memberikan ilmu kepada yang membutuhkan merupakan salasatu cara untuk membuat diri ini lebih baik. Setidaknya menabung amal dan pahala untuk di akhirat kelak. Ingat kebaikan akan berbuah kebaikan juga, dan hidup kita merupakan cerminan dari sikap diri kita sendiri kepada orang lain.

Banyak hal yang terpuji untuk menjadikan diri ini lebih baik. Semoga kita semua menjadi pribadi yang baik, bermanfaat bagi orang lain, serta menjadi kebanggaan orang-orang terkasih.

RF