Share It
Berita Unik & Terkini

Fakta Unik Jembatan Golden Gate San Francisco
October 8, 2021

Fakta Unik Jembatan Golden Gate San Francisco

Jembatan Golden Gate ada;ah salasatu ikon terkenal Amerika Serikat yang terletak di kota San Francisco. Jembatan yang dianggap sebagai salasatu keajaiban dunia modern oleh American Society of Civil Engineers tersebut dirancang oleh Irving Morrow. Berikut sejumlah fakta unik tentang jembatan yang dibangun pada tahun 1933 dan selesai pada tahun 1937 tersebut.

Diguncang gempa saat pembangunan
Jembatan Golden Gate pernah diguncang gempa saat masih dalam tahap pembangunannya. Peristiwa tersebut terjadi pada bulan Juni 1935 saat proses penyelesaian menara selatan jembatan. Beberapa bagian termasuk menara jembatan sempat bergerak dan bergoyang. Beruntung konstruksi jembatan tersebut masih bertahan sehingga pembangunan jembatan bisa dilanjutkan pascagempa bumi.

Awalnya direncanakan bukan berwarna merah
Pada saat pembangunan jembatan Golden Gate, angkatan laut Amerika Serikat secara khusus meminta agar jembatan tersebut berwarna biru dan strip kuning untuk memudahkan pandangan. Pada saat rangka besi utama tiba di San Francisco dengan warna primer merah para arsitek memutuskan mempertahankan warnanya. Para arsitek melihat warna merah cukup jelas untuk pandangan dan lebih enak untuk dilihat. Nama resmi dari jenis cat jembatan Golden Gate yakni oranye internasional.

Sumber foto: sfgate.com

Berlomba menjadi yang pertama
Banyak penduduk San Francisco berusaha mencatatkan nama mereka menjadi serba yang pertama saat pembukaan pedestrian jembatan Golden Gate pada 27 Mei 1937. Tercatat 200.000 orang melintasi jembatan tersebut pada hari itu. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi serba yang pertama, seperti pelari pertama, pendorong kereta bayi, dan kursi roda pertama bahkan hingga roller skate pertama yang melintasi jembatan Golden Gate.

Muncul dalam banyak film
Sejak diresmikan pada tahun 1937, jembatan Golden Gate sering dipakai sebagai latar belakang dan muncul dalam banyak film. Bahkan sekuel film fiksi ilmiah populer Star Trek menampilkan jembatan ini pada tiga filmnya, yakni Star Trek: The Motion Picture (1979), Star Trek IV: The Voyage Home (1986), dan Star Trek (2009).

Sumber foto: filmart gallery.com

Film paling terkenal hingga saat ini yang menampilkan jembatan Golden Gate yaitu sekuel film James Bond yang berjudul A View to a Kill (1985). Dalam film yang dibintangi Roger Moore tersebut ditampilkan adegan perkelahian James Bond dengan musuhnya di atas jembatan Golden Gate.

Perayaan 50 tahun nyaris berujung bencana
Pada 24 Mei 1987, diadakan perayaan 50 tahun beroperasinya jembatan Golden Gate di San Francisco. Perayaan tersebut nyaris berujung bencana ketika mendadak jembatan Golden Gate yang saat itu dipadati 300.000 orang bergoyang dan mengeluarkan bunyi keras. Aparat dan otoritas setempat langsung menutup akses menuju jembatan dari kedua sisi untuk mencegah kemungkinan tambahan 600.000 orang lainnya yang ingin melintas. Beberapa waktu kemudian, sejumlah insinyur teknik memastikan jembatan dalam keadaan aman dan tidak akan runtuh karena didesain dalam bentuk menekuk. Meskipun demikian, sejak saat itu jembatan Golden Gate tidak pernah dilalui ratusan ribu pejalan kaki secara bersamaan hingga saat ini.

Sumber foto: sfgate.com

30 tahun untuk cat ulang
Pada saat pembangunannya, jembatan Golden Gate dilapisi dengan cat primer timbal yang komposisinya terdiri dari dua pertiga timah. Tujuan penggunaan cat berbasis timbal tersebut untuk melindungi struktur baja dari korosi. Belakangan setelah mengetahui bahwa timbal berbahaya bagi manusia dan lingkungan maka diputuskan untuk mengganti cat timbal tersebut.

Upaya pembersihan untuk menghilangkan semua cat berbahan dasar timbal dari jembatan Golden Gate dimulai pada tahun 1965 dan berakhir pada tahun 1995. Cat pengganti yang dipakai yaitu cat primer berbahan dasar seng sehingga lebih ramah lingkungan. Sejak tahun 1995 kembali dilanjutkan pengecatan ulang jembatan Golden Gate yang diperkirakan selesai pada tahun 2025.

AI