Share It
Berita Unik & Terkini

Kolesterol Tinggi? Bikin Sendiri Obatnya, yuk!
October 11, 2021

Kolesterol Tinggi? Bikin Sendiri Obatnya, yuk!

Kolesterol tinggi tak hanya mengganggu aktivitas, pun akan mengancam kesehatan. Apalagi kolesterol bersahabat dekat dengan penyakit jantung, stroke, serta hipertensi jadi memang harus diwaspadai bersama. Saat didera kolesterol tinggi tersebut biasanya kita sendiri merasakan gejalanya, di antaranya kepada pusing, sakit kepala, tengkuk merasa sakit, lekas lelah, dan sebagainya. Banyak yang mengonsumsi obat penurun kolesterol yang diresepkan oleh dokter untuk menurunkannya dengan segera.

Namun, selain obat yang diresepkan oleh dokter, kita juga bisa ikhtiar sendiri di rumah untuk menurunkan kolesterol tersebut dengan obat racikan sendiri yang bisa didapatkan di dapur atau kulkas kita. Pada kali ini, kami akan memberikan penjelasan soal obat kolesterol rumahan yang sederhana. Bagaimana detailnya? Jangan sampai melewatkan paparan menarik di bawah ini, ya!

Gunakan bawang putih
Saat gejala kolesterol naik pasti tidak merasa nyaman. Obat yang diresepkan dokter malah sudah habis dan kondisi tak mengenakkan ini harus segera diobati. Namun, jangan khawatir, kalian bisa menggunakan bawang putih yang ada di dapur dan ini sangat sederhana sekali penggunaannya. Hanya dikonsumsi dengan dikunyah atau dijadikan seperti pil yang dipotong-potong, dijamin kolesterol akan turun dengan perlahan.  Dalam bawang putih terdapat banyak kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh kita, yakni asam amino, vitamin, mineral, dan senyawa organosulfur, seperti allicin, ajoene, s-allycysteine, s-ethylysteine, dan diallysulfidue.

Sumber foto: Pexels.com

Merendam biji ketumbar
Saat didera kolesterol tinggi, kalian juga bisa menggunakan biji ketumbar. Caranya pun sangat mudah hanya dengan merendam biji ketumbar dengan air putih semalalan dan esoknya dijadikan minuman segar. Racikan ini sangat mumpuni menjadi obat kolesterol tinggi yang sudah dibuktikan setiap orang. Jadi, sangat sederhana bukan mendapatkan serta meraciknya dan tak perlu obat-obatan kimia lagi jadinya. Dalam biji ketumbar terdapat kandungan asam folat, vitamin A dan betakaroten, dan vitamin C.

Menyeduh teh hijau
Selanjutnya, yang bisa dijadikan obat untuk menurunkan kolesterol di rumah yaitu teh hijau. Tentu saja jenis teh ini pasti akan tersedia di rumah dan dapat diseduh dengan segera. Dalam teh hijau terdapat kandungan polifenol yang sangat baik sebagai antioksidan dalam tubuh. Sebaiknya, mengonsumsi teh hijau ini bisa dilakukan kapan saja tanpa menunggu kolesterol tinggi kumat jadi bisa sekaligus mencegah naiknya kolesterol meninggi, bukan?

Sumber foto: Pexels.com

Meminum wedang jahe
Dan selanjutnya, yaitu membuat wedang jahe sendiri di rumah dengan sediaan jahe yang ada di kulkas. Proses pembuatan wedang jahe ini sangat mudah dan hanya memotong jahe lantas merebusnya dengan mencampurkan gula jawa. Racikan wedang jahe ini selain menyegarkan juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah yang sering kita rasakan sebagai hambatan dalam mengerjakan aktivitas. Bagaimana tidak, saat kolesterol meninggi kepala kita menjadi pusing, tubuh merasa tak enak, tengkuk sakit, serta tubuh lemas, dan karena wedang jahe ini juga kita akan merasakan sensasi menyegarkan selain menjadi obat penurun kolesterol tentunya.

Jadi, hidup ini sebenarnya mudah saja bukan? Bisa kita lakukan dengan cara yang sederhana dan memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita. Termasuk mengobati kolesterol tinggi yang sedang melanda. Mulai sekarang, budayakan memanfaatkan apa saja yang ada di rumah karena akan menjadi kekuatan kita untuk selalu menjaga kesehatan di rumah. Selamat mencoba!

RF