Share It
Berita Unik & Terkini

Fakta Giat Menggambar pada Anak yang Sangat Penting
October 10, 2021

Fakta Giat Menggambar pada Anak yang Sangat Penting

Anak adalah belahan jiwa, sejatinya menjadi titipan Tuhan yang kita jaga sebaik-baiknya. Termasuk soal pendidikannya, kebutuhannya, serta keterampilannya hingga menjadi anak yang membanggakan nantinya. Dalam mengajarkan keterampilan pun, setidaknya kita sebagai orangtua harus pintar membaca apa keinginan anak kita. Tak hanya itu, bisa menyalurkan bakat juga sehingga anak menjadi lebih terampil dan tetap aktif.

Bakat yang bisa kita pupuk sejak dini salasatunya yaitu menggambar. Memang, tak semua anak bisa menggambar, tapi bisa kita ajarkan perlahan bahwa menggambar adalah sebuah bentuk keterampilan motorik yang baik untuk membantu kecerdasan otak serta lainnya. Faktanya akan dibahas dalam rangkaian poin di bawah ini, yuk simak bersama!

Melatih kesabaran
Menggambar bisa mendidik anak untuk bersikap sabar. Hal ini tentu saja akan mengajarkan mereka untuk bersabar melakukan sesuatu dari awal hingga selesai. Sabar merupakan sikap yang terpuji yang sebaiknya dimiliki oleh setiap manusia dalam menjalankan kehidupannya. Ditanamkan sikap sabar sejak dini merupakan pelajaran yang sangat bernilai.

Melatih kecerdasan motorik
Kecerdasan motorik juga bisa diajarkan sejak dini melalui media buku gambar dan pensil warna. Hal ini juga akan melatih berbagai indera untuk melakukan aktivitasnya dari mata, tangan, pikiran yang membentuk ide, dan lainnya.

Sumber foto: Pexels.com

Mendorong analisis visual
Mengajarkan anak menggambar secara langsung akan mendorong analisis visual anak bekerja dengan baik juga. Bagaimana meniru sebuah objek dan menggambarkannya ke dalam coretan sehingga menjadi sebuah karya yang apik dan membanggakan.

Menanamkan keterampilan
Keterampilan anak sebaiknya memang ditanamkan sejak dini, termasuk menggambar akan melatih diri untuk terampil menjadi apa saja dan beraksi di mana saja. Tak hanya itu, menggambar juga akan menjadikan diri tetap berkarya dan berprestasi.

Meningkatkan kecerdasan otak
Tak ayal, dengan menggambar kecerdasan otak akan terasah dengan baik. Dari mencetuskan ide menjadi coretan gambar sehingga menjadi sebuah bentuk karya yang akan dijadikan proses dalam belajar. Faktanya, banyak anak yang cerdas karena rajin mengeksplorasi sesuatu termasuk menggambar apa saja yang ia lakukan.

Meningkatkan konsentrasi serta ekspresi
Mengajarkan anak konsentrasi serta mengekspresikan sesuatu juga bisa dengan menggambar. Secara langsung hal ini bisa dipraktikkan si anak dalam menuliskan sebuah ide, menggambarkan objek, serta mewarnainya dengan seluruh ekspresi yang ada pada dirinya.

Sumber foto: Pexels.com

Belajar mencintai lingkungan atau sesuatu
Dengan menggambar, kita juga sebagai orangtua akan mengajarkan untuk mencintai lingkungannya atau sesuatu. Menggambar pemandangan misalnya, akan mengajarkan hidup penuh syukur atas ciptaan Tuhan yang diberikan kepada kita semua. Lantas menggambar objek hewan atau lainnya menjadi bertambah peduli dengan makhluk hidup yang diciptakan Tuhan.

Mendidik jiwa yang kreatif
Dan satu hal bahwa mengajarkan sesuatu kepada anak pastinya akan membentuk jiwa yang kreatif, termasuk menggambar. Oleh karena, coretan gambar terbentuk dari cetusan ide serta olah pikiran yang akan menuntut anak untuk terus berkreasi dan menjadi dinamis.

Nah, begitulah penjelasan fakta penting kita sebagai orangtua mengajarkan menggambar kepada anak kita. Tentunya, sebagai orangtua menginginkan anak kita menjadi lebih baik dari segi pendidikannya, akhlaknya, serta adabnya. Yuk, ciptakan apa saja demi kemajuan anak agar anak kita bahagia dan nyaman dengan kehidupannya.

RF